Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • UKM
  • Seberapa Penting Branding Untuk Bisnis Anda?

azmyirhamAvatar border
TS
azmyirham
Seberapa Penting Branding Untuk Bisnis Anda?
Ketika menjalankan suatu usaha tentu saja Anda berharap agar produk maupun jasa yang ditawarkan dapat diingat oleh masyarakat, khususnya calon pelanggan
Terdapat berbagai cara untuk memberikan kesan yang dapat diingat oleh calon pelanggan, salah satunya adalah dengan menciptakan brand
Apa itu Brand?
Brand adalah suatu identitas atau nama yang mewakili suatu produk. Mulai dari nilai dan manfaat, serta perusahaan yang memproduksi. Brand dapat berupa nama, slogan, simbol, desain, atau gabungan dari keempat hal tersebut. 
Suatu brand diciptakan oleh perusahaan dengan tujuan agar membedakan antara produk yang satu dengan produk lain yang dihasilkan, serta untuk identifikasi produk agar berbeda dari kompetitor (pesaing).
Untuk memperkenalkan brand suatu produk kepada masyarakat, maka perusahaan akan melakukan branding.

Seberapa Penting Branding Untuk Bisnis Anda?

Apa itu Branding?
Branding adalah suatu proses untuk memberi nilai terhadap suatu organisasi, perusahaan, produk atau layanan dengan cara menciptakan dan membuat merek melekat dalam benak dan pikiran konsumen.
Hal ini dapat diwujudkan dengan serangkaian strategi yang disusun oleh perusahaan untuk membantu masyarakat dalam mengidentifikasi dan memiliki pengalaman terhadap brand produk yang dihasilkan. 
Tak hanya itu, branding juga memberikan alasan yang kuat bagi konsumen dalam memilih suatu produk. Selain konsumen dan masyarakat, strategi branding yang sukses juga akan meningkatkan reputasi perusahaan. 
Reputasi perusahaan merupakan aset tidak berwujud yang berpengaruh signifikan terhadap bagaimana orang memandang perusahaan Anda. Mulai dari karyawan, investor, pemegang saham, distributor, dan pihak-pihak lain yang berkaitan dengan usaha tersebut.
Unsur–unsur Branding
Nama.
Logo yang menggambarkan suatu brand.
Tampilan visual, meliputi desain produk, kemasan produk, keseragaman produk, dan sebagainya.
Juru bicara, bisa dilakukan oleh co-founder, maskot, hingga brand ambassador.
Nada atau lagu yang digunakan sebagai ikon brand.
Slogan, misalnya I’m lovin’ it, Indomie seleraku, dan sebagainya.

Kombinasi yang sinergis dari unsur-unsur tersebut akan melahirkan eksistensi dan persepsi brand yang positif guna menarik minat calon konsumen yang dituju. 

Mengapa branding menjadi penting?
Strategi ini memang menjadi signifikan bagi bisnis karena dapat memberikan dampak yang besar bagi perusahaan yang dijalankan. Seperti dapat mengubah perspektif masyarakat terhadap brand, juga bisa memperluas jangkauan bisnis serta meningkatkan brand awareness. Lalu apa saja manfaat lain dari branding?
Branding akan membuat masyarakat menyadari kehadiran brand
Alasan paling penting dari branding adalah membuat masyarakat menjadi sadar akan kehadiran brand tersebut serta pada produk dan jasa yang ditawarkan. 
Salah satu elemen paling penting dari branding adalah logo, karena logo merupakan wajah perusahaan. Dengan begitu, penting bagi brand untuk membuat desain logo yang powerful dan mudah diingat sehingga dapat memberikan first impression yang positif kepada masyarakat.
Branding akan meningkatkan nilai bisnis
Branding menjadi penting untuk melebarkan sayap bisnis kita di kemudian hari. Dan bagi brand yang sudah mapan, branding dapat meningkatkan nilai bisnis karena memiliki pengaruh penting kepada industri yang ditekuninya. Hal ini nantinya akan mempermudah perusahaan untuk dilirik oleh para investor karena memiliki tempat yang baik di dalam marketplace.
Branding dapat menarik pelanggan baru
Ketika sebuah bisnis memiliki branding yang kuat, berarti mereka memiliki kesan yang positif di mata pelanggan. Dan ini akan menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk mau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan karena merasa familiar dan memiliki kepercayaan terhadap brand tersebut.
Dari situ nantinya, produk atau jasa yang kita tawarkan tersebut akan disebarkan dari mulut ke mulut lalu semakin banyak masyarakat yang akan menggunakannya.
Meningkatkan pride dan kenyamanan pegawai
Coba bayangkan kalau kita bekerja di perusahaan besar seperti Google, tentu kita akan merasa memiliki kebanggaan dan kenyamanan terhadap pekerjaan yang dijalani. Dengan begitu, ketika reputasi brand sudah kuat, maka akan memudahkan perusahaan untuk menemukan bakat-bakat terbaik yang tersebar. Di sisi lain, mereka yang bekerja pun bisa menikmatinya dan akan merasa kebutuhannya.
Membentuk kepercayaan di dalam industri yang ditekuni
Dengan memiliki tampilan yang profesional serta branding dengan strategi yang baik, akan membantu perusahaan dalam membentuk kepercayaan dengan para pelanggan serta klien potensial. Karena memang dengan nalurinya, masyarakat akan lebih memilih sebuah bisnis -baik itu untuk diajak kerja sama atau menggunakan produk dan jasanya- ketika brand tersebut dapat dipercaya dan terlihat expert di bidangnya.
Branding akan membantu advertising brand
Ketika branding sudah kuat, maka akan memudahkan brand untuk mempromosikan produk yang mereka tawarkan karena kepercayaan masyarakat terhadapnya. Selain itu, pesan yang ingin disampaikan brand menjadi lebih mudah diterima publik sehingga memudahkan mereka untuk meraih objektif yang telah ditentukan. 


0
526
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
UKM
UKMKASKUS Official
14.8KThread3.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.