Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Inilah Jwbannya, Kenapa Mobil Baru Harus Berkamuflase Dulu Sebelum Dijual Ke Konsumen

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Inilah Jwbannya, Kenapa Mobil Baru Harus Berkamuflase Dulu Sebelum Dijual Ke Konsumen


Bukankah seharusnya pabrikan kendaraan ketika melakukan tes kendaraan barunya pasti sangat bangga jika langsung diketahui publik terutama para fans dan media yang sudah menunggu kabar release nya?

Mengapa kendaraan seperti mobil harus dibuat tersamar dahulu, dibalut dengan corak tertentu, seolah tidak pe-de. Kalau pabrikan saja kurang percaya diri lalu bagaimana dengan konsumennya?


Beberapa kali saya melihat sendiri, mungkin kamu juga pernah memergoki sebuah mobil tengah melintas atau berhenti di spbu ikut mengantri bensin bersama dengan yang lain? Bentuk tersamar ini pasti membuat setiap orang yang melihat jadi bertanya-tanya, apa sebenarnya yang ada dibalik selubung 'kamuflase' tadi. Kenapa pakai ditutupi segala sih?!

Bentuk dan corak kamuflase tadi bermacam-macam, dari yang sekedar ditutup lembaran kertas kardus warna-warni sampai menempeli stiker bermotif loreng atau dengan corak beragam tidak beraturan (abstrak). Intinya berusaha mensamarkan identitas mobil sebenarnya.



Kenapa motifnya dibuat sangat ramai karena menurut saya mata manusia akan sulit mengidentifikasi bentuk suatu objek, dan membingungkan sistem pemfokusan otomatis kamera karena sebagian besar kamera menggunakan teknologi warna untuk menggambarkan dua objek berbeda dalam sebuah foto, hasilnya jadi jarang fokus.

Lalu alasan mendasar kenapa harus dibuat kamuflase segala? Sebetulnya jawabannya amat mudah yakni membuat publik semakin penasaran. Bukan hanya masyarakat saja tapi para pecinta otomotif, media yang ingin meliput dan mengambil gambar (spy shoot) pun dibuat penasaran dan kesulitan mencari informasi detailnya.



Ketika ada seseorang memfoto atau fotografer berusaha mengabadikan secara profesional tetap saja timbul rasa penasaran, akhirnya akan banyak spekulasi dan komentar. Semakin ramai, semakin bagus tentunya untuk pabrikan karena mengurangi biaya promosi pada perkenalan produk barunya. Hehe.

Teknik kamuflase atau menyamarkan ini selalu sukses membuat penasaran tapi dibalik itu semua ternyata ada sesuatu yang lebih penting dibalik penyamaran ini. Pertama: Membuat orang penasaran, kedua: Menjadi cara promosi yang praktis dan ketiga: Menguji kesiapan juga ketangguhan di medan pasar yang ditargetkan.

Jadi jika tidak lulus tes uji terutama kegagalan di poin terakhir dengan kondisi penyamaran ini membuat pabrikan jadi tidak malu-malu amat, minimal publik dan media tidak tahu jenis dan mobil sebenarnya tipe apa. Pabrikan mungkin dengan mudah mengelak dengan mengatakan, "Ini masih mobil konsep, kok."

Bisa kita bayangkan pasti fatal akibatnya jika produk baru yang belum teruji di lapangan amat mudah terlihat publik tanpa penyamaran lalu gagal tes uji beroperasi di jalan, pasti amat jelek penilaian publik dan media, bisa jadi malah gagal produksi dan nama besar pabrikan dipertaruhkan.



Dan dengan cara mobil dikamuflase orang jadi tidak mengerti itu tipe dan jenis mobil apa, dan spyshoot tidak mendapat informasi banyak kecuali penampakan "seonggok' kotak berjalan.

Jangankan membahas bahasa desainnya, membahas tipe dan jenisnya saja sulit diketahui. Kalaupun bocor biasanya hanya berupa data singkat, tidak menjelaskan secara detil dan mendetail produknya apalagi tipe mesinnya secara spesifik.

Nah, barulah setelah launching produk yang dijadwalkan pabrikan resmi ditetapkan dan dilakukan bersama tamu undangan, media, reviewer dan pecinta otomotif selubung atau kamuflase mobil tadi akhirnya dibuka dan akhirnya terkuaklah identitas mobil sebenarnya.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 29-08-2022 01:12
badbironk
koi7
septcember
septcember dan 8 lainnya memberi reputasi
9
5.4K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.