Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yellowmarkerAvatar border
TS
yellowmarker
Protes dalam Sidang Korupsi Minyak Goreng, Lin Che Wei: Saya Tidak Paham Dakwaan Ini!

Rabu 31 Agustus 2022 18:41 WIB
 Lin Che Wei/ MNC Portal

Martin Ronaldo, MNC Portal

JAKARTA - Lin Che Wei melakukan aksi protes terkait dakwaan yang menjerat dirinya oleh Jaksa mengenai jabatan dan peran nya dalam kasus korupsi minyak goreng. Sebelumnya, jaksa mendakwakan Lin Che Wei memberikan fasilitas dalam ekspor crude palm oil atau bahan baku minyak goreng.

Awalnya, Majelis Ketua Hakim pada persidangan kali ini yakni, Liliek Prisbawono Adi sempat bertanya kepada yang bersangkutan tentang dakwaan yang diajukan oleh jaksa penuntut umum.

Sebelumnya, Liliek juga sempat mempertanyakan hal yang sama kepada Direktur Jendral Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan RI, Indra Sari Wisnu Wardhana.

Quote:

 
"Saudara wisnu apakah mengerti apa yang dibacakan?, " ujar Ketua Majelis Hakim saat bertanya kepada para terdakwa di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Rabu (31/8/2022).

"Mengerti," jawab Wisnu.

Kemudian, Majelis Hakim juga bertanya yang sama kepada Master Parulian hal yang sama.

"Saudara master parulian apakah saudara mengerti?," ujar Ketua Hakim

"Mengerti," jawabnya.

Liliek pun bertanya kepada Lin Che Wei terkait dakwaan yang dibacakan oleh jaksa penuntut umum kepada dirinya,ia pun mengaku kurang mengerti.

"Tidak mengerti pak hakim,"katanya.

Quote:


Ketua Hakim pun akhirnya meminta kepada jaksa penuntut umum untuk menjelaskan kembali dakwaan yang disangkakan kepada dirinya, setelah mendapatkan keterangan dari jaksa, ia masih tetap belum mengerti terkait dakwaan yang dibacakan.

"Ada beberapa point yang saya tidak mengerti," ujar Lin.

Kalau poin-poinnya Saudara akan dalam pemeriksaan berikutnya, tapi secara garis besar apa yang didakwakan perbuatan Saudara apakah Saudara mengerti?" tanya hakim.

"Tidak mengerti Pak," jawab Lin Che Wei.

Quote:


Liliek pun meminta agar jaksa kembali membaca kesimpulan dakwaan untuk dapat meyakinkan yang bersangkutan mengerti terkait dakwaan yang disampaikan oleh dirinya.

"Kerugian keuangan negara tersebut merupakan akibat langsung dari terjadinya penyimpangan dalam bentuk penyalahgunaan fasilitas PE, produk CPO dan turunannya dengan memanipulasi pemenuhan persyaratan DMO/DPO," ujar jaksa.

"Dengan tidak disalurkannya DMO dan negara harus mengeluarkan dana BLT dalam rangka mengurangi beban rakyat selaku konsumen. Kerugian keuangan negara tersebut mencakup beban yang terpaksa ditanggung pemerintah dalam bentuk penyaluran BLT, tambahan khusus minyak goreng untuk meminimalisasi beban 20,5 juta rumah tangga tidak mampu akibat kelangkaan," sambung jaksa.

Lin pun bersikeras tidak memahami terkait dakwaan yang disampaikan oleh jaksa penuntut umum kepada dirinya, pasalnya ia beranggapan jaksa telah mencampuradukan antara kasus yang sedang ia jalani dengan jabatan yang ada.

"Saya tidak paham dengan dakwaan ini, karena pertama, penuntut umum mencampuradukkan kedudukan saya, seperti yang tadi yang saya sebutkan, bahwa jabatan saya adalah tim asistensi yang menjadi mitra diskusi, namun selama ini di dalam identitas dan semua pertanyaan disebutkan bahwa saya konsultan tanpa kontrak," kata Lin Che Wei.

Quote:


Hakim pun akan mempertimbangkan terkait protesnya tersebut dalam pemeriksaan-pemeriksaan berikutnya.

Lin pun langsung mengajukan eksepsi melalui kuasa hukumnya atas dakwaan yang ditujukan kepada dirinya. Tak hanya Lin, empat orang lainnya juga turut serta mengajukan keberatan atas dakwaan yang disampaikan kepada mereka semua.

Quote:


(fmi)


Nangkap orang tanpa bukti dan angka riil.

Korupsi ?
Ato Asumsi ?

emoticon-Ngakak (S)

Berkat mendag Lutfi lah justru Indra Kent dan Doni Salmanan bisa ditangkap.

emoticon-Entahlah
Diubah oleh yellowmarker 01-09-2022 06:28
dewars12yo
T2Y
skull18
skull18 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.8K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.