Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • Kenapa Po*p Agan Sis Seringkali Berwarna Cokelat?

boycoldAvatar border
TS
boycold
Kenapa Po*p Agan Sis Seringkali Berwarna Cokelat?



Semua orang buang air besar, tetapi pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa, dari semua warna, kotoran berwarna cokelat?

Meskipun pertanyaan ini mungkin tampak seperti keingintahuan biologis yang sederhana, dokter kemungkinan akan memberi tahu Anda bahwa warna kotoran Anda bukanlah bahan tertawaan. Itu karena kotoran tidak selalu berwarna cokelat, dan jika tidak, kotoran bisa memberi tahu Anda banyak hal tentang apa yang terjadi di dalam tubuhAnda.

Kotoran berwarna coklat karena tubuh biasanya sangat pandai memastikan bahwa tidak ada makanan yang berguna yang terbuang sia-sia. Tubuh Anda memecah hampir semua sumber energi dari apa yang Anda makan, dan salah satu zat utama yang digunakan tubuh Anda untuk memecah dan menyerap nutrisi adalah empedu.

Sementara empedu itu sendiri berwarna kuning-hijau, perannya dalam pencernaan menyebabkan warna kotoran menjadi coklat. "Empedu memainkan peran penting dalam pencernaan dan penyerapan nutrisi usus seperti kolesterol, lemak, dan vitamin yang larut dalam lemak", kata Dr. David Q.H. Wang, seorang profesor kedokteran di Albert Einstein College of Medicine di New York. Empedu mengandung bilirubin, yang disekresikan oleh hati dan disimpan di kantong empedu. Selama makan, empedu dilepaskan ke usus kecil. Di usus, bilirubin diubah menjadi urobilinogen dan kemudian direduksi menjadi sterkobilinogen. Baik urobilinogen dan sterkobilinogen tidak berwarna. . Akhirnya, sterkobilinogen dioksidasi menjadi sterkobilin yang diekskresikan dalam tinja."

Sterkobilin bertanggung jawab atas warna coklat kotoran manusia. "Jadi perlu digarisbawahi bahwa kotoran manusia biasanya berwarna coklat muda hingga coklat tua dan terdiri dari kombinasi turunan bilirubin, terutama sterkobilin dan beberapa urobilin," jelas Wang. "Semakin lama sterkobilin teroksidasi, warna feses akan semakin gelap. Warna feses juga tergantung pada kesegaran feses, konsentrasi sterkobilin, dan rasio sterkobilin/urobilin."

Apa artinya jika kotoran Anda tidak berwarna cokelat?

Dokter tertarik dengan warna kotoran Anda karena tinja yang berubah warna bisa menjadi tanda peringatan masalah gastroenterologis. Namun, tidak semua tinja yang berubah warna menjadi perhatian.

"Dalam beberapa kasus, makanan tertentu bisa mengubah warna feses," kata Wang. "Misalnya, kotoran bisa berwarna hijau karena makan permen licorice, karena biasanya dibuat dengan minyak adas manis daripada ramuan licorice. Kotoran bisa menjadi hitam jika sejumlah makanan yang mengandung darah hewan dikonsumsi. "

Warna-warna ini, jika sesekali dan terkait dengan makanan tertentu yang baru saja Anda makan, tidak perlu dikhawatirkan. Namun terkadang, kondisi medis dapat memengaruhi cara tubuh Anda memproses atau menyerap berbagai nutrisi, yang pada gilirannya dapat memengaruhi warna yang dihasilkan.

"Dalam kondisi fisiologis normal, kotoran manusia berwarna coklat muda sampai coklat tua," kata Wang. "Dalam beberapa kondisi patologis, warna tinja berubah. Misalnya, ketika semua jenis saluran empedu tersumbat yang dapat terjadi karena berbagai kondisi, biasanya menghasilkan warna perak ternoda atau warna bangku seperti cat aluminium."

Warna lain juga bisa menjadi tanda penyakit. "Kotoran bisa berwarna hitam karena sel darah merah tinggal di usus cukup lama untuk dipecah oleh enzim pencernaan," kata Wang. "Ini disebut melena dan biasanya karena pendarahan gastrointestinal bagian atas, seperti pendarahan dari tukak lambung di duodenum [bagian paling atas dari usus kecil] dan/atau perut."

Dalam hal ini, warna kotoran Anda penting bagi dokter, karena ini mungkin menunjukkan ada sesuatu yang salah di tubuh Anda.

"Jika Anda melihat perubahan warna kotoran Anda, Anda harus menemui dokter Anda sesegera mungkin," kata Wang.


Jadi begitulah agan sis sekalian, silakan share warna po*p agan sis di mari biar saling diskusi emoticon-Wink


0
539
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread10KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.