Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Sports
  • Karena Bagi Orang Indonesia, Sepakbola adalah Sebuah Harga Diri dan Identitas

indonesiarusiaAvatar border
TS
indonesiarusia
Karena Bagi Orang Indonesia, Sepakbola adalah Sebuah Harga Diri dan Identitas

Kelompok suporter fanatik klub di Indonesia. Sumber foto : Bola.com

Karena Bagi Orang Indonesia Sepakbola adalah Sebuah Harga Diri dan Identitas, walaupun kadang harus menelan korban jiwa

 
Moskow, Rusia

 

Berita duka kembali datang dari dunia sepakbola Indonesia, Ya dua orang suporter yang datang ke stadion Gelora Bandung lautan api harus meregang nyawanya demi menonton pertandingan Piala Presiden antara Persib Bandung melawan Persebaya Surabaya. Penonton yang sudah lelah menunggu hampir 2 tahun karena pandemi covid19 untuk dapat menonton tim kesayangannya tumpah ruah tak terbendung lagi dan hanya meninggalkan saksi duka cita di malam itu.

 

Lalu siapa yang patut dipersalahkan? Karena selalu ada saja masalah dan korban nyawa yang melayang di setiap pertandingan sepakbola di Indonesia. Sayangnya disini penulis tidak akan membahas siapa yang salah dalam tragedi ini. Penulis disini ingin membahas kenapa Sepakbola begitu berarti bagi orang Indonesia hingga nyawa pun berani dipertaruhkan.




Suporter fanatik Persib Bandung Bobotoh memberikan dukungan dimanapun Persib berlaga. Sumber foto : Jawapos.com


 

Ya selain Agama, mungkin sepakbola adalah isu yang paling laku dan seksi dijual di Indonesia, bagaimana tidak? Sepakbola bagi orang Indonesia adalah sebuah harga diri yang harus dipertaruhkan dengan gengsi yang tidak mau kalah dengan tim lawannya. Ambil contoh dua tim yang bertanding Persib Bandung dan Persebaya Surabaya yang memang sudah terkenal ke seluruh penjuru duni bahkan mempunyai kelompok suporter yang fanatik. Perlu kita ketahui bahwa sepakbola adalah sejatinya olahraga yang lahir dari fanatisme suporter itu sendiri. Itu kenapa sepakbola menjadi sangat seksi di Indonesia untuk diperjualbelikan.

 

Yang kedua tentu bagi orang Indonesia sepakbola adalah sebuah identitas dirinya. Bisa dibayangkan betapa bangganya suporter klub sepakbola di Indonesia dengan basis massa suporter yang besar seperti suporter Persija, Persib, Persebaya, dan Arema Indonesia menggunakan atributnya baik dalam sebuah pertandingan ataupun dalam kehidupan kesehariannya mereka. Dengan bangganya mereka menggunakan atribut itu hingga ke lubuk hati mereka yang terdalam. Dengan segenap jiwanya semangat itu ada didalam jiwa mereka kemanapun mereka pergi.

 

Itu tentu menjadi modal positif di tengah keringnya prestasi sepakbola Indonesia yang saat ini sedang di nyalakan api harapan itu oleh pelatih timnas Indonesia Shin Tae-Yong. Dengan modal penduduk 270 juta jiwa dan hampr 85% masyarakatnya menggangap sepakbola adalah sebuah harga diri dan identitasnya maka sudah saatnya prestasi itu datang memberikan air minum segar untuk dahaga puasa penggila sepakbola di Indonesia. Anda bisa bayangkan jika kelak timnas Indonesia bisa berlaga di Piala Dunia yang selama ini sudah diidam-idamkan 270 juta orang Indonesia. Bisa tumpah ruah stadion tempat bertandingnya timnas Indonesia itu dimanapun timnas indonesia kelak akan bermain di piala dunia. Semoga saat itu akan tiba dan mimpi itu bisa jadi kenyataan.

Dan perlu diingat sepakbola sebagai harga diri dan identitas ini adalah kendaraan politis terbaik bagi politisi di Indonesia untuk memenangkan pemilihan umum baik pusat dan daerah yang diikuti karena massa yang banyak

 

Penulis




--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Потому что для индонезийцев футбол — это гордость и самобытность, хотя иногда это стоит жизни.



Москва, Россия



Очередная печальная новость пришла из мира индонезийского футбола: да, два болельщика, которые пришли на стадион «Гелора Бандунг» в море огня, должны были умереть, чтобы посмотреть матч Кубка Президента между «Персиб Бандунг» и «Персебая Сурабая». Зрители, которые устали ждать почти 2 года из-за пандемии covid19, чтобы увидеть, как их любимая команда неудержимо выплескивается наружу, и оставили в ту ночь только свидетелей траура.



Тогда кто виноват? Потому что в каждом футбольном матче в Индонезии всегда есть проблемы и жертвы. К сожалению, здесь автор не будет обсуждать, кто виноват в этой трагедии. Здесь автор хочет обсудить, почему футбол так много значит для индонезийцев, что на карту поставлены даже жизни.



Да, если не считать религии, может быть, футбол — самая продаваемая и сексуальная тема в Индонезии, а как насчет того, чтобы нет? Футбол для индонезийцев – это гордость, которой нужно рисковать престижем, не желающим проигрывать команде соперника. Возьмем, к примеру, две конкурирующие команды, Persib Bandung и Persebaya Surabaya, которые уже известны во всем мире и даже имеют группу фанатичных сторонников. Нам нужно знать, что футбол — это на самом деле вид спорта, который родился из фанатизма самих болельщиков. Вот почему в Индонезии стало очень сексуально продавать футбол.



Во-вторых, для индонезийцев футбол — это самобытность. Вы можете себе представить, как гордятся фанаты футбольных клубов в Индонезии с большой массовой базой болельщиков, таких как болельщики Persija, Persib, Persebaya и Arema Indonesia, которые используют свои атрибуты как в матче, так и в своей повседневной жизни. Они с гордостью используют этот атрибут в глубине своего сердца. Всей душой этот дух присутствует в их душах, куда бы они ни пошли.



Это, безусловно, положительный момент в разгар сухого выступления индонезийского футбола, которое в настоящее время зажигает тренер национальной сборной Индонезии Шин Тэ-Ён. Со столицей в 270 миллионов человек и почти 85% людей думают о футболе как о своей гордости и самобытности, пришло время для этого достижения, чтобы обеспечить свежей питьевой водой голодающих энтузиастов футбола в Индонезии. Вы можете себе представить, сможет ли в будущем сборная Индонезии принять участие в чемпионате мира, на который претендуют 270 миллионов индонезийцев. Стадионов, где будет соревноваться сборная Индонезии, может быть множество, где бы сборная Индонезии ни играла на чемпионате мира. Надеюсь, это время придет, и эта мечта сбудется.



И имейте в виду, что футбол как самоуважение и идентичность является лучшим политическим средством для политиков в Индонезии, чтобы выиграть всеобщие выборы, как центральные, так и региональные, за которыми следят из-за большого скопления людей.



Писатель



uralmash
uralmash memberi reputasi
2
275
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
SportsKASKUS Official
23.2KThread11.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.