harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Bosen Minum Kopi? Cobain 7 Minuman Hangat Tradisional Ini! Cocok Untuk Udara Dingin!

Sumber Gambar

Saat udara sedang dingin, tentu meminum minuman hangat adalah salah satu hal yang terbaik. Biasanya orang akan minum kopi atau teh, kedua minuman itu cukup mainstream di kalangan orang.

Bosen gak sih sama yang itu-itu aja? Buat kamu yang bosen sama minuman di atas. Ada beberapa alternatif minuman hangat yang sebenarnya gak kalah nikmat dari kopi. Dan juga minuman ini adalah minuman khas Indonesia lho!

Apa aja ya? Berikut daftarnya gan!emoticon-Ngacir

emoticon-Ngacir2

1. Wedang Jahe
Sumber Gambar

Wedang jahe adalah minuman hangat yang sangat mudah dibuat. Kalian gak perlu keluar mencari pedagangnya. Cukup rebus air dengan jahe kemudian ditambahkan sedikit gula. Kalau tidak mau ribet, bisa juga kalian beli wedang jahe bubuk yang sudah dijual di toko-toko.

2. Sekoteng


Sumber Gambar

Sekoteng juga adalah minuman yang memakai air jahe sebagai salah satu bahan dasarnya. Bedanya, sekoteng memiliki berbagai isi. Mulai dari kacang, potongan roti, pacar cina, dan kacang hijau.

3. Bajigur


Sumber Gambar

Bajigur ini salah satu favorit TS yang sering lewat depan rumah. Tapi itu dulu. Minuman ini terbuat dari santan dan gula aren. Serta terdapat aroma jahe dan pandan. Biasanya penjual bajigur juga menjual cemilan seperti kacang kedelai rebus.

4. STMJ


Sumber Gambar

Kali ini adalah minuman yang cukup khas yaitu STMJ. Minuman hangat yang terbuat dari campuran susu, telur, madu dan jahe. Minuman ini memiliki banyak manfaat seperti telur yang mengandung protein dan madu yang mengandung vitamin.

5. Bir Pletok


Sumber Gambar

Minuman ini adalah minuman khas Betawi yang terbuat dari campuran berbagai rempah seperti jahe, daun pandan, kayu manis, cengkeh pala dan masih banyak lagi. Minuman ini nikmat disajikan hangat maupun dingin.

6. Bandrek


Sumber Gambar

Minuman ini sekilas mirip dengan bajigur dan sama-sama berasal dari tanah Sunda. Yang membedakan adalah bandrek memiliki aroma rempah-rempah yang tidak ada dalam bajigur. Dan bila dilihat sekilas, bandrek memiliki warna lebih pekat ketimbang bajigur ya. Selain itu, bandrek juga sering ditambahkan susu.

7. Wedang Ronde


Sumber Gambar

Wedang ronde adalah minuman hangat dengan air jahe dan memiliki isi berupa ronde. Yaitu bola-bola kenyal yang terbuat dari tepung ketan. Biasanya, wedang ronde juga memiliki isian lain yaitu kacang tanah yang sudah dikupas.


Ya itulah tadi beberapa minuman yang bisa jadi alternatif bagi kalian yang sudah bosan minum kopi saja setiap hari. Walau agak susah ditemukan, tapi dengan bantuan aplikasi online bisa aja dong. Hehe.

Segitu saja yang bisa TS bagikan, kalau ada tambahan silakan komentar di bawah ini.

Kalau kalian paling suka minum yang mana gan? emoticon-Blue Guy Peace

Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
royalsoft
ayosholat
cheria021
cheria021 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
5.8K
116
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.