c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Hantu Itu Tidak Ada! Tapi Jin Itu Ada.




Dunia ghaib memang menarik untuk terus ditelisik, bahkan di bumi nusantara ini hal-hal yang bersifat ghaib sering menjadi perbincangan, bahkan sering menjadi komoditas konten untuk hiburan.

Namun hal yang sering orang bicarakan adalah tentang hantu, disini kita harus tahu dulu definisi hantu.

Apa sih yang disebut hantu?



Dalam mitologi Dunia dan banyak budaya di wilayah tempat manusia beranak pinak, hantu biasanya di indentikkan dengan roh penasaran atau roh orang mati yang berinteraksi dengan dunia hidup.

Tentu saja hal itu bisa dibilang tidak ada, dalam konsep agamis atau spiritual manusia yang mati rohnya akan ada konsep yang berbeda! Reinkarnasi atau isekai, yaitu roh akan berada di dunia lain yang tidak akan lagi berhubungan dengan dunia saat ini.



Bagaimana dengan bentuk dunia lain itu? Tentu tidak ada manusia yang tahu, karena itu adalah perkara ghaib. Karena setiap yang bernyawa pasti akan mati dan sebelum ada di dunia ini juga manusia berada di dunia lain, hingga masuk ke dalam rahim lalu menjadi manusia hingga akhirnya kembali ke dunia lain.

Namun hantu mulai diperkenalkan turun menurun lewat budaya nenek moyang, yang kemudian masuk ke ranah pendidikan lewat mitologi dan forklore di Indonesia, hantu juga merambah dunia hiburan terutama lewat televisi.



Bahkan di barat sendiri untuk membuktikan hantu mereka memakai Electromagnetic Field Meter, atau lebih dikenal dengan sebutan EMF meter. Dan sampai detik ini tidak bisa dibuktikan secara nyata adanya hantu.

Terlebih energi yang ada di tubuh manusia akan hilang, karena sudah menyatu dengan alam. Dimana energi kita akan berpindah ke cacing dan belatung, bukan menjadi pocong atau kuntilanak.

Namun ada pendapat kalau hantu tidak ada tapi jin itu ada! Dalam ranah spiritual pun jin sering di beritahu, namun ada fatwa dari seorang ulama besar,

Quote:


Maka dari konsep spiritual ini akan banyak juga pendapat tentang jin, merujuk pada,



Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas. QS. Al-Hijr Ayat 27.

Arti kata jin sendiri adalah tersembunyi, maka ada pendapat dari ulama-ulama lainnya dimana secara terminologi istilah jin berasal segala sesuatu yang berkaitan dengan segala hal yang tersembunyi.

Jadi tidak hanya berbentuk ghaib saja, namun yang tidak terlihat dan tersembunyi lainnya bisa dikatakan jin.



Maka bisa saja jin adalah mahluk mikroskopik, kita tahu di dalam ilmu modern api tanpa asap itu adalah petir, dan sangat berperan penting dalam penciptaan alam semesta seperti teori big bang yang dikemukakan para ilmuwan. Bahkan pemeliharaan organisme prabiotik. Sebuah proses paling awal sebelum penciptaan manusia.

Organisme prabiotik ini memperoleh energi dari petir, dan menjadi cikal bakal kehidupan.



Seperti senyawa nitrat yang diperlukan tanaman, yang berawal dari sambaran petir yang akan memecah kestabilan nitrogen, hingga unsur nitrogen ini lalu bereaksi dengan oksigen dan terbawa air hujan membentuk senyawa nirat HNO3. Lalu ada juga bakteri Nitrobakter yang menyuburkan tanah.

Dan organisme yang tersembunyi di dunia modern saat ini salah satunya adalah virus.



Jadi istilah jin itu tidak ada kata pasti bahwa ia adalah mahluk ghaib seperti yang dipelajari saat ini. Tafsiran-tafsiran itu banyak dikatakan oleh ulama aliran Mu’tazilah. Tokoh-tokohnya yang dikenal seperti Al-Kindi, Al-Farabi, dan Ibnu Sina.

Jadi keberadaan jin ini diakui namun mempunyai penafsiran yang berbeda, dari banyak pemikiran manusia yang memahami apa itu jin sebenarnya.

Bagaimana dengan setan?



Setan bisa saja itu adalah sifat, jadi kalau ada mahluk jin atau manusia berbuat buruk maka ia bisa disebut atau mendapatkan gelar setan.

Mirip mantan yang kabur dan sembunyi, setelah diajak nikah! Pasti sampean langsung berkata "Setan lo!"



Kalau kamu sendiri punya pendapat yang serupa atau berbeda seperti konsep diatas?

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2022
referensi : 1, 2, 3, 4
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star








Diubah oleh c4punk1950... 30-08-2022 11:43
Chrisyngwie
whizzman
provocator3301
provocator3301 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
3.5K
102
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.