Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

extreme78Avatar border
TS
extreme78
Ini Tangga yang Jadi Tempat Berlindung Bharada E di Skenario Palsu Sambo
Jakarta - Sebelum kronologi asli terungkap timsus Polri, Irjen Ferdy Sambo memakai skenario rekayasa yang menyebutkan Bharada Richard Eliezer atau E berlindung di tangga rumah dinasnya sehingga tak terkena tembakan. Penampakan tangga itu terungkap dalam rekonstruksi yang digelar hari ini.

Kronologi rekayasa versi Ferdy Sambo itu memang membuat publik bertanya-tanya dan penasaran, salah satunya mengenai bentuk tangga dan posisi Bharada E. Itu disebabkan 'posisi Bharada E yang berada di tangga' disebut menjadi faktor penentu dia sama sekali tidak terkena tembakan Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

Sebelum timsus bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkap kejadian sebenarnya di TKP, sempat muncul polemik di publik mengenai peristiwa yang kala itu diklaim sebagai 'tembak-menembak'. Banyak pihak yang menilai posisi Bharada E yang lebih tinggi di atas tangga, tidak bisa serta-merta membuatnya bersih tanpa tembakan dari tembakan Brigadir J.

Bagaimana bentuk tangga ini akhirnya terungkap dalam tayangan Polri TV saat proses rekonstruksi pembunuhan Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo, Selasa (30/8/2022).
Dalam tayangan itu, tampak adegan penembakan di depan tangga yang awalnya disebut tempat Eliezer berlindung.
Tangga itu tampak menghubungkan lantai 1 dengan lantai 2 rumah tersebut. Bentuknya bukan huruf L seperti yang disebutkan oleh Kombes Budhi saat masih menjadi Kapolres Jaksel.

Terlihat railing tangga berbentuk minimalis. Railing tangga itu terlihat seperti terali yang memiliki rongga antara satu besi dan besi lainnya. Rongga antara satu besi dan besi lainnya terlihat jelas dari lantai bawah.

Keterangan Awal soal Bharada E Berlindung di Tangga

Keterangan soal peristiwa yang disebut tembak-menembak diawali dugaan pelecehan itu sempat disampaikan panjang lebar oleh Kombes Budhi, Selasa (12/7/2022). Saat itu, Budhi menyebut Eliezer atau RE mendengar teriakan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, yang disebut-sebut mengalami pelecehan oleh Brigadir Yosua.

Singkat cerita, Eliezer bertanya tapi malah ditembak oleh Yosua sehingga terjadi baku tembak. Eliezer disebut melepaskan lima tembakan dari posisinya berada di atas tangga hingga mengenai Yosua dan menyebabkan yang bersangkutan tewas.

"Saudara RE karena berada tangganya leter L, baru separuh tangga kemudian melihat saudara J keluar dari kamar tersebut menanyakan ada apa, bukannya dijawab tapi dilakukan dengan penembakan," ujar Budhi.

Sementara, Yosua disebut-sebut melepas tujuh tembakan namun tak ada satupun yang kena ke Bharada E. Menurut Budhi, hal itu terjadi karena posisi Bharada E yang berada di atas tangga sehingga lebih terlindungi.


"Pada saat itu, tembakan yang dikeluarkan atau dilakukan saudara J tidak mengenai saudara RE hanya mengenai tembok, sehingga saudara RE berlindung di balik tangga yang arah naiknya. Kemudian, karena saudara RE juga dibekali senjata, dia kemudian mengeluarkan senjata yang ada di pinggangnya," ujar Budhi.

"Nah, ini kemudian terjadi penembakan di mana beberapa kali kalau kita lihat di TKP kami menemukan adanya bekas tembakan di tembok yang ada di tangga itu sebanyak tujuh bekas atau titik tembakan. Kemudian kami juga menemukan berdasarkan hasil olah autopsi ini masih ada hasil autopsi tapi masih sementara," sambungnya saat itu.

Belakangan, keterangan yang disampaikan Budhi itu ternyata tidak benar. Apa yang disebut sebagai peristiwa 'tembak-menembak' antara Bharada E dengan Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo pada Jumat (8/7) itu ternyata tak pernah ada.

Peristiwa itu diduga karangan Ferdy Sambo. Polisi pun menetapkan lima orang tersangka, yakni Irjen Ferdy Sambo, Bripka Ricky, Bharada Eliezer, Kuat Ma'ruf, dan Putri Candrawathi.

https://news.detik.com/berita/d-6262...-palsu-sambo/2

emoticon-Cool
beeSide
valkyr9
snoopze
snoopze dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.5K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.