• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sudah Saatnya Pendidikan Berlalulintas Masuk Kurikulum Sekolah, Setuju?

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Sudah Saatnya Pendidikan Berlalulintas Masuk Kurikulum Sekolah, Setuju?


Dengan bersekolah kita diajarkan menjadi manusia yang memiliki kecerdasan intelejensia tinggi dan berbudi pekerti baik. Memanusiakan manusia dengan akal sehat dan logika berfikir yang masuk akal.

Untuk mewujudkan itu semua sekolah akan membentuk karakter dan kepribadian siswa agar menjadi lebih baik dan beradab selain kepada Tuhan-nya tapi juga terhadap sesama mahluk hidup dan lingkungannya.

Penerapan dalam keseharian adalah dengan menyerap ilmu, belajar dan disiplin dalam menjalani kehidupan. Pendidikan sekolah sesuai dengan aturan pemerintah dimulai dari perkenalan mengenal huruf dan angka di sekolah Taman Kanak Kanak (TK).



Lanjut di Sekolah Dasar, SMP hingga SMA kita diajar mengenal pengetahuan alam, berhitung, dan sosiologi kehidupan dari dasar hingga pemecahan solusinya. Dan ketika memasuki jenjang perkuliahan kita diwajibkan mampu mandiri dan membuat keputusan sendiri dalam mengamalkan dan menerapkan ilmu pengetahuan selama disekolah serta mandiri dalam persiapan kejenjang pekerjaan secara intelektual.

Wajib belajar 12 tahun ditambah kuliah 4-5 tahun lagi apakah kita mengenal yang namanya disiplin dan kaya dengan pengetahuan dalam berlalulintas? Meski memang dasar disiplin itu ada dan dikenalkan selama sekolah namun jika dihitung dalam persen mungkin hanya 10% siswa mengenal apa itu disiplin dan parahnya lagi mereka menganggap disiplin disekolah bukan sebuah kewajiban tapi sekedar melaksakan kewajiban dan bukan dianggap sebagai sesuatu yang penting dalam hidupnya.



Memasukan kurikulum pendidikan berlalulintas kepada seluruh siswa dari SD hingga tingkat SMA bukan untuk diajak dalam pengenalan semi militer tapi juga harus menguasai teori rambu lalulintas, cara berkendara yang benar dan menghargai semua kepentingan manusia ketika sudah berada dijalan.

Memasukan pendidikan berlalulintas yang baik ke dalam alam bawah sadar siswa nantinya harus dengan cara menyenangkan dengan pendekatan yang berbeda sesuai jenjang pendidikannya.

Harapan saya kurikukum berlalulitas ini sudah sebaiknya segera dimasukan mengingat negara ini butuh solusi dalam berkendara secara dewasa, jalan yang selalu padat dengan berbagai jenis kendaraan, harapan saya kepada masyarakat setelah mempelajari kurikukum berlalulintas ini akan semakin terbuka dan sadar mana yang lebih baik, disiplin dalam berkendara, malu jika melanggar lalulintas, bisa mempertimbangkan lebih baik pilih naik kendaraan umum atau kendaraan pribadi, mana lebih prioritas mana sekedar fun saja.



Negara ini sudah krisis disiplin dalam berkendara. Ingat bahaya dijalan tidak mengenal siapa anda, tidak mengenal usia, tingkat ekonomi, pangkat, jabatan dan seberapa alim anda pada Tuhanmu. Semoga saran ini bisa dipertimbangkan. Aamiin.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 27-08-2022 05:04
lentogimbluk
mbahmuvaneleght
andrah.aja
andrah.aja dan 33 lainnya memberi reputasi
34
3K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.