• Beranda
  • ...
  • Health
  • Sudah Sakit-sakitan Tapi Masih Belum Bisa Berhenti Merokok, Kenapa Sih Bisa Terjadi?

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Sudah Sakit-sakitan Tapi Masih Belum Bisa Berhenti Merokok, Kenapa Sih Bisa Terjadi?
Sudah penyakitan tapi masih sulit menghentikan kebiasaan merokok?
Kenapa itu bisa terjadi pada banyak orang?


Rokok atau sigaret adalah lintingan kertas berukuran panjang antara 70 sampai dengan 120 mm yang berisikan cacahan tembakau kering dan cengkih yang diperjualbelikan bebas dengan batasan umur pengguna dan hanya diperuntukkan untuk dibakar dan dihisap.

Perokok merupakan sebutan bagi orang yang merokok GanSis, tanpa dijelaskan pasti Agan dan Sista juga sudah tahu bahwa merokok itu merupakan aktivitas membakar dan menghisap rokok yang entah sebenarnya apa manfaat dari adanya rokok itu sendiri.

Sejauh ini sebenarnya telah banyak himbauan bahaya merokok dengan banyak kemungkinan penyakit yang bisa menjadi dampak buruk dari merokok GanSis. Hanya saja karena memang merokok itu dilegalkan maka semua orang dapat bebas merokok bahkan tidak hanya kaum laki-laki melainkan juga kaum perempuan. Parahnya lagi karena rokok diperjualbelikan bebas, tidak sedikit ditemui anak-anak di bawah umur juga telah merokok.

Mungkin alasan-alasan dari orang yang memutuskan untuk merokok mereka hanya ingin terlihat keren atau ada aktivitas saat menganggur GanSis. Ada juga yang menjadikan rokok sebagai alat untuk melupakan masalah karena menurut mereka saat merokok masalah akan terlupakan sejenak.

Bukan hanya itu, lebih parahnya lagi tidak sedikit orang yang sudah mengalami sakit-sakitan dan biasanya sakitnya merupakan dampak dari merokok tetapi mereka tidak menghiraukan hal tersebut dengan terus merokok meskipun dalam keadaan sakit.

Apa sih alasan yang membuat berhenti merokok itu sangat sulit?
Berikut ini beberapa diantara alasan-alasannya.




1. Kecanduan

Alasan pertama kenapa seseorang sulit untuk berhenti merokok meskipun dalam keadaan sakit adalah karena kecanduan GanSis. Tembakau memiliki sifat adiktif yang mana bila dipakai terus menerus akan mengakibatkan kecanduan dan jika sudah kecanduan dan tidak menggunakannya, maka akan mengalami pusing, lemas, atau bahkan gelisah dan susah fokus dalam mengerjakan aktivitas apapun.

2. Gengsi Tinggi

Orang yang berpikir bahwa merokok itu keren dan tidak merokok itu tidak keren, maka mereka yang memiliki gengsi tinggi yang seperti ini akan sulit untuk terlepas dan berhenti dari rokok GanSis.

Mereka takut tidak terlihat keren karena tidak merokok meskipun sebenarnya merokok tidak merokok tidak ada hubungannya dengan keren sama sekali.

3. Takut Dikucilkan atau Dikata-katai

Ada lingkungan pergaulan yang mana di dalamnya berisi orang-orang toxic yang menganggap temannya yang tidak merokok itu tidak keren dan bahkan tanpa ragu mereka bisa mengatai atau membully temannya hanya karena temannya tidak merokok. Inilah yang ditakutkan oleh para perokok saat mereka memiliki niat untuk berhenti merokok.

4. Merokok Mati, Tidak Merokok Mati

Ini adalah salah satu prinsip orang kuno yang memegang teguh kesalahan dan bangga terhadap kesalahan GanSis. "Merokok mati, tidak merokok mati, mending merokok sampai mati." Kalimat tersebut sering TS dengar dari teman atau orang terdekat yang menganggap rokok itu sangat penting bahkan lebih penting dari pada kesehatan.

Orang yang memiliki prinsip ini akan sangat sulit untuk berhenti merokok, karena memang sudah berprinsip lebih baik merokok sampai mereka mati.



Itulah GanSis beberapa alasan kenapa seseorang sulit untuk berhenti merokok meskipun mereka telah sakit-sakitan dan sudah tidak bisa apa-apa.

Tentu harus dipikirkan kembali, saat sesuatu yang kita lakukan tidak memiliki manfaat dan hanya membawa pada dampak buruk maka akan sangat lebih baik jika tidak didekati atau lebih baik ditinggalkan.

Seringkali orang tidak sadar telah mendzalimi diri sendiri dengan menjadikan sesuatu yang buruk sebagai kebiasaan dan menganggap itu tidak salah atau baik untuk dilakukan.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan dan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
10mountainflat
cheria021
rifaye
rifaye dan 20 lainnya memberi reputasi
17
10.3K
225
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread9.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.