c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Sejarah Dukun, Ternyata Tidak Semuanya Dukun Itu Penipu!




Di Indonesia saat ini sedang ramai bongkar-bongkar trik sulap yang dipakai oleh dukun untuk menyembuhkan orang, akhirnya membuat masyarakat mulai sadar kalau mereka itu ditipu.

Pesulap Merah, walau setahun lalu sudah aktif membuka ilmu-ilmu kebal, ghaib, dan lainnya. Bahkan tidak hanya berseteru dengan para dukun, tetapi juga dunia silat dengan ilmu kebalnya. Namun baru viral dan meledak sekarang, hal ini mirip dengan apa yang dilakukan oleh James Randi.



Bila kita lihat di Youtube, James Randi dengan jenggot panjang mirip dengan gandalf membongkar kedok dari trik cenayang, ahli psiko-kinetis, paranormal dan sebagainya. Dan nama aslinya sendiri adalah Randall James Hamilton Zwinge. Ia kelahiran Toronto, Kanada, pada 7 Agustus 1928.

Begitu juga pesulap merah, dengan nama panggung Marcel Radhival sedangkan nama aslinya jelas berbeda. Ketika beliau membongkar tipuan dari para dukun, apakah semua dukun itu penipu?



Sejarah dukun dimasa lalu sering dianggap sebagai dokter, mantri atau orang yang dapat menyembuhkan penyakit baik itu dengan jamu atau obat herbal. Maka ada dukun beranak, dukun pijat, dan banyak lainnya dukun-dukun ini bertindak pada masa lalu untuk menolong pasien sebelum adanya dokter.

Dukun itu bisa dibilang adalah orang yang berpengalaman secara turun temurun, untuk mencari dan menemukan obat untuk jenis penyakit tertentu, baik itu jamu atau obat - obatan dari alam lainnya.



Tapi obat-obat itu hanya berdasarkan pengalaman bukan dengan metodologi ilmiah, maka bisa saja benar bisa juga salah dalam memberikan obat kepada pasien. Berbeda dengan dokter yang belajar secara teoritis dan berdasarkan metodologi yang ilmiah.

Apakah dukun bisa lebih hebat dari dokter?



Bisa saja, karena karena orang-orang yang berpengalaman pada satu penyakit tertentu lebih baik daripada orang yang belajar secara teoritis.

Namun sayangnya berkembangnya waktu dukun itu mengalami pergeseran, dimana yang pertama ada dukun yang menjelaskan obat berdasarkan nenek moyang mereka atas dasar melestarikan adat dan tradisi. Namun dukun seperti ini di kota besar mulai tergerus eksistensinya oleh dokter, mantri hingga jarang dikunjungi pasien.



Yang kedua, muncullah dukun penipu karena kalau menjadi dukun yang biasa saja seperti tradisi akan tergeser oleh kecanggihan zaman. Maka yang mereka lakukan bukan jualan obat tapi jualan kesaktian, jualan hal ghaib, jualan hal yang diluar akal logika dengan cara belajar trik sulap.

Dukun jenis kedua inilah yang dibongkar oleh Pesulap Merah, sedangkan dukun jenis pertama agar eksistensinya bisa bertahan di masyarakat, mau tidak mau mereka belajar ilmu kedokteran dan menjadi dokter dengan izin buka praktek sebagai dokter.



Maka dukun dimasa sekarang, lebih banyak yang jenis kedua dimana dukun yang melakukan trik sulap hingga dianggap ajaib lalu dibalut dengan kata-kata yang agamis agar orang banyak yang percaya!

Jadi, kesimpulannya tidak semuanya dukun itu cabul atau penipu dan sebagainya, namun mereka mempraktekan apa yang dilakukan oleh nenek moyang mereka yang terbukti benar secara medis walau tidak ada penelitiannya.



Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2022
referensi : 1, 2
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star











Diubah oleh c4punk1950... 23-08-2022 03:16
nomorelies
bukan.bomat
taccidi
taccidi dan 39 lainnya memberi reputasi
40
12.1K
274
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.