• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ini Cara Bedakan Sate Ayam Telor Asli Dan Palsu (Baru Tahu Ada Palsunya!)

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Ini Cara Bedakan Sate Ayam Telor Asli Dan Palsu (Baru Tahu Ada Palsunya!)


Malam ini saya sengaja cari sate ayam yang jaraknya agak jauh dari rumah, hunting cari tukang sate yang bukan langganan kebetulan di beda kelurahan ada tukang sate keliling pakai gerobak, sate Madura..

Ngobrol sana sini saya kemudian sempatkan bertanya, "Pak kenapa sekarang tukang sate ayam jarang ada sate telornya, ya?".Buat yang belum tahu sate telor di tukang sate adalah diambil dari telur yang belum ada cangkangnya, telor muda yang belum ada putihan telurnya. Sate telor disini bukan dari telur puyuh, ya, ini beda.

Biasanya ada yang sudah sebesar butiran bakso atau masih berupa bibit telur kecil-kecil sebesar biji jagung dan masih menyatu dengan rahim ayam. Ketika dimakan rasanya enak gurih ada kesan krenyesnya.



"Sekarang carinya agak susah, mas soalnya banyak diborong yang jualan bubur ayam atau soto." Rasanya terjawab sudah kenapa sekarang pedagang sate ayam jarang yang menjual sate telor lagi. Disisi lain peminat sate telor ayam memang tidak sebanyak dulu.

"Bukannya telor ayam itu terbilang banyak, ya pak yang jual?"
"Sebenarnya saya bisa buatin kalau ada pesanan aja, sih.."
jawab si bapak tukang satenya.
"Tapi kalau ada pesanan dan kebetulan telornya susah biasanya dibuatkan telor palsunya" katanya lanjut.

"Hah, sate telor palsu? Gimana maksudnya, pak?" kata saya penasaran.
"Iya, telornya sih tetap ada tapi diambil dari telor ayam pada umumnya, lalu dicampur kentang yang sudah matang lalu haluskan. Dibuat seperti buat butiran bakso, supaya nggak ancur saat dibakar luarnya dilapisi putih telornya.."


Foto. Dokpri

Wah, seumur hidup saya baru tahu nih kalau ternyata pedagang sate juga punya trik mensiasati ketersediaan sate telor dengan cara yang cukup unik. "Soal rasa pasti beda, untungnya juga lebih besar.."

Saya semakin penasaran kemudian saya tanya cara membedakan sate telor asli dan palsu campuran kentang tadi seperti apa. "Caranya membedakannya itu sebelum dibakar telor yang asli biasanya dibagian luar telornya ada kulit arinya dan guratan syaraf-syaraf halus keliatan seperti urat halus.."

"Kalau yang palsu bagian luar telornya tidak ada kulit arinya keliatan polos atau mulus. Waktu dimakan juga kenyalnya beda." "Ooh, gitu ya, pak," tutup saya mendapat info baru ini.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 21-08-2022 22:28
goeltom25338186
over.power
doktorlaptop
doktorlaptop dan 33 lainnya memberi reputasi
34
9.5K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.