Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Hal yang Berubah dari Kaskus Setelah Sistem HT Otomatis, Lebih Baik atau Lebih Buruk?

cintadineAvatar border
TS
cintadine
Hal yang Berubah dari Kaskus Setelah Sistem HT Otomatis, Lebih Baik atau Lebih Buruk?


Beberapa bulan yang lalu, Kaskus mengubah sejumlah fiturnya termasuk dihilangkannya sistem hot thread (HT) manual by admin alias HT dengan api merah. Artinya setiap thread dapat menjadi HT dengan algoritma Kaskus sendiri secara otomatis yang sekarang entah seperti apa algoritmanya.

Akan tetapi, apakah agan sadar kalau sistem yang sudah berjalan sejak beberapa bulan ini menjadikan Kaskus berbeda? Bukan hanya halaman home saja tapi juga yang lainnya seperti fan page dan postingan Instagram di Kaskus juga berbeda. Apa sih yang beda, dan kenapa thread yang ramai adalah thread yang bersifatnya hardnews alias berita dibandingkan dengan thread yang faktual?

1. Hot Thread "tak Beraturan"
Konten Sensitif


Maksudnya adalah setiap menit atau jam, thread yang menjadi HT berubah-ubah dan jumlah viewnya ada yang ratusan dan ada yang sampai sepuluh ribu. Sedangkan di sistem yang lama, yang menjadi HT selalu mendapatkan views yang stabil. Makanya ada yang aneh, thread yang menjadi HT tapi hanya mendapatkan ratusan views saja sampai ane bertanya apakah thread tersebut hanya muncul di homepage ane atau di semua pengguna? Kalau hanya muncul di homepage ane berarti HT dibuat berdasarkan algoritma pengguna.

Tidak mungkin juga kan penyebabnya Kaskus menjadi sepi karena ada juga HT yang bisa mencapai belasan ribu view.

2. Thread HT Tak Lagi Dishare di Facebook Kaskus


Sebelum adanya perubahan ini, setiap thread yang menjadi HT pasti dishare di fp Kaskus di Facebook dan membantu dalam penambahan jumlah view apalagi kalau thread yang HT itu menarik. Nah, sekarang sudah tidak lagi.

Facebook Kaskus hanya share thread tertentu dan postingannya sudah tidak sesering dulu. Entah karana alasan apa, apa mungkin share di Facebook kurang efektif atau dianggap spam. Ane juga kurang tahu.

3. Gaya Postingan Instgaram Kaskus Juga Berubah


Sebelum adanya perubahan, akun Instagram di Kaskus selalu memposting screenshot HT di Kaskus yang dipilih mana yang paling menarik (tidak semua HT) sementara sekarang sudah berubah. Kini hanya TS tertentu yang dimasukan ke Instagram. Isi Instagram Kaskus sekarang lebih banyak postingan iklan (endorse), video short ala tiktok, info berita seperti portal berita online dan juga postingan collab dengan opini.id.

Untuk yang satu ini mungkin untuk merubah branding Kaskus di Instagram karena setelah sering memposting video short akun IG Kaskus impression-nya bertambah seperti meningkatnya jumlah follower sampai dengan jumlah komentar yang juga meningkat.

Kesimpulan

Dengan perubahan Kaskus seperti ini punya beberapa kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kelebihannya kini setiap HT punya kesempatan yang sama karena sistemnya otomartis. Kekurangannya adalah algoritma yang membingungkan dan susah ditebak. Apalagi bagi para kreator seperti ane. ketika membuat thread bagus malah sepi sekalinya bikin thread yang jelek tapi bombastis maka viewsnya meledak.

Nah gimana menutut agan? emoticon-Ngakak (S)

Quote:
indrag057
anjaultras
fathroni
fathroni dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1.1K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.