Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pungcrayAvatar border
TS
pungcray
Banyak Artis Lakukan Ritual Melukat, Bagaimana Hukumnya Bagi Umat Islam?

Artis Jalani Prosesi Melukat di Bali (instagram/@pevpearce)

SuaraBogor.id - Ritual melukat merupakan ritual umat Hindu yang sering dilakukan dengan tujuan menyucikan diri. Meskipun demikian, melukat tidak hanya dilakukan oleh umat Hindu saja karena belakangan ini banyak juga dari kalangan selebriti.

Diketahui sejumlah artis Muslim pernah menjalani prosesi melukat di Bali. Dari Pevita Pearce hingga Rizky Febian dan yang membuat heboh media sosial adalah mereka diisukan pindah agama dan keluar dari Islam. Namun apakah ritual melukat umat Hindu tersebut boleh dilakukan oleh umat Islam?

Diunggah dalam video akun TikTok @basyasman00, pria yang bernama Husain Basyaiban tersebut menjelaskan hukum melukat bagi umat Islam menurut ajaran agama.

"Orang Islam tapi melukat, bagaimana hukum nya di dalam agama. Akhir-akhir ini kita menemukan bahwasanya banyak sekali artis-artis di media sosial entah itu penyanyi, pelawak dan sebagainya mereka berkunjung ke Bali dan melakukan ritual melukat. Lantas bagaimana hukumnya di dalam agama kita," ucapnya di awal video.

"Disclaimer dulu bahwasanya seluruh pesan-pesan saya di video ini ditujukan kepada umat Islam perihal ada dari kawan-kawan kita, dari saudara-saudara kita yang beragama Hindu yang melakukan ritual semacam ini maka saya tidak ingin mengomentari mereka sama sekali. Saya hanya membahas dari orang-orang islam yang melakukan tindakan demikian. Bagaimana hukumnya dalam agama, mari kita bahas," ungkap Husain

Husain Basyaiban menjelaskan jika seorang muslim melakukan ritual agama lain berarti menandakan jika orang tersebut sudah menjadi golongan agama tersebut.

"Pertama-tama kita bahas salah satu hadist yang paling populer di Indonesia, yaitu man tasyabbaha biqaumin fahuwa minhum, barangsiapa yang menyerupai suatu kaum pakaian termasuk bagian dari mereka. Ini adalah aturan didalam agama islam, apakah setiap penyerupaan itu dilarang? ya tentu tidak, ada bagian-bagian hukumnya tapi segala bentuk penyerupaan yang berkaitan dengan ritual tertentu yang berkaitan dengan agama tertentu maka fix pasti terlarang di dalam agama," tutur Husain.

"Kadang kita menemukan banyak orang-orang yang bilang saya walaupun ikut-ikutan begini akidah saya masih aman-aman saja, saya masih percaya bahwasannya Allah satu, saya justru makin yakin dengan agama saya. Temen-temen juga perlu tahu bahwasannya kita ketika beragama hukum itu tidak harus terikat kamu itu tergoda atau tidak," imbuhnya

Ia bahkan juga mengatakan jika melukat bagi umat islam hukumnya haram. Tak hanya itu, melukat juga bisa berbahaya karena ditakutkan Allah tidak mengakui orang yang melakukan hal tersebut sebagai umat islam lagi.

"Ada beberapa bagian-bagian hukum yang dimana kamu mau terikut atau tidak kamu tetap gak boleh. Salah satunya adalah mengikuti ritual agama lain. Maka ini pesan-pesan bagi teman-teman sekalian yang sempat kepikiran mau melukat tolong dibatalkan dulu ya agendanya ya. Banyak sekali kita mengenal budaya-budaya Indonesia, ini banyak dengan banyak sekali caranya dan gak harus dengan cara melukat," jelasnya.

"Walaupun temen-temen pergi ke Bali kita bisa mengenal budaya Bali tanpa harus ikut-ikutan ritual yang berhubungan dengan akidah agama kita. Kesimpulannya adalah melukat bagi umat islam haram. Bahkan bahaya banget karna sudah menyangkut dengan ritual agama, takutnya tanpa sadar kita melakukan hal semacam itu kita tidak diakui oleh Allah sebagai orang islam., naudzubillah. Saya gak menvonis langsung pelakunya ya, saya cuman takutnya ntar diplintir-plintir lagi kata-kata saya ini," katanya di akhir video

Video yang telah berhasil disukai lebih dari 289 ribu kali ini pun mengundang banyak komentar beragam dari warganet, bahkan tak sedikit yang menandai postingan tersebut kepada beberapa arti muslim yang pernah melakukan ritual melukat itu.

"astagfirullah, aku dulu waktu kecil sering ikut sembayang di kuburan cina demi dapet mie instan (emot sedih)," kata akun @Di****ah

"Nahhh iniloh, "Hukum itu tidak harus terikat kamu tergoda atau tidak"," imbuh @Ri****ud

"ini hukum guys bukan menurutku menurutnya menurut ente wkwk," timpal @Pi****de

"MEREKA TAU TAPI TUTUP TELINGAAAAAAA," ungkap @Bu****ua

"@Rizky Febian @Anya Geraldine (emot love) bisa didengerin saudara muslimku (emot wajah penuh love)," kata @******


https://bogor.suara.com/read/2022/08...t-islam?page=1

Diharam-haramin. Dimurtad-murtadin. Nanti giliran sang Seleb menyatakan diri pindah agama beneran langsung pada kejang tuh masyarakat TikTok
s.c.a.
aloha.duarr
T2Y
T2Y dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.2K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.6KThread41.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.