Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 7 OS Smartphone yang Harus Tumbang Gara-Gara Android, Robot Ijo Terlalu Kuat

xianying21Avatar border
TS
xianying21
7 OS Smartphone yang Harus Tumbang Gara-Gara Android, Robot Ijo Terlalu Kuat


Android yang merupakan sistem operasi pengkat mobile kini sudah berusia 14 tahun setelah pertama kali dirilis pada 2008 silam dan sampai sekarang Android masih menjadi OS nomor satu di dunia diikuti oleh iOS dari Apple.

Sistem Operasi Android memang luar biasa sukses dan kini menjadi penguasa dunia dengan jumlah pengguna yang mencapai lebih dari semilyar pengguna. Sementara itu iOS menjadi penyeimbang karena ini adalah OS yang eksklusif dan tertutup.

Saking kuatnya Android, OS yang lain pun bertumbangan karena tidak mampu bersaing dan bahkan ada yang layu sebelum berkembang. Berikut ini adalah OS yang tumbang oleh Android, gan.

1. Blackberry OS


Pertama kali diluncurkan pada 1999. Blackberry menjelma menjadi sebuah ponsel dengan OS Blackberry yang eksklusif dan diperuntukan bagi kaum sultan dan elitis. Memasuki awal tahun 2010an, Blackberry tidak berinovasi dan ketinggalan oleh Android. Akhirnya Blackberry pun jatuh bangkrut. Meskipun sempat meluncurkan smartphone Android, tapi itu sudah telat dan salah strategi.

2. Symbian


Inilah OS legendaris yang sangat populer ketika kejayaan Nokia. Sialnya, Nokia malah menyuntik mari Symbian pada 2012 dan berfokus pada Windows Phone. Kala itu Symbian memang sedang turun karena Android mulai menggila dan membantai para pesaingnya. Smartphone Symbian terakhir adalah Nokia 808 Pure View dengan kamera yang segede gaban.

3. Firefox OS


Digadang-gadangkan akan menjadi pesaing Android dan dikembangkan oleh Mozilla dan bertekad untuk memproduksi smartphone murah pada 2013. Sempat meluncurkan demonya pada browser Firefox, namun setelah ditunggu-tunggu selama dua tahun tidak ada juga perkembangan sampai akhirnya proyek ini ditutup begitu saja.

4. Windows Phone (Windows Mobile)

Microsoft sangat percaya diri dengan Windows sampai membeli Nokia secara penuh. Namun, meskipun sudah meluncurkan Windows Phone murah tetap saja pasar kurang antusias dan akhirnya Microsoft menutup divisi Windows Mobile karena kurangnya dukungan aplikasi yang sudah diambil oleh Android dan terlalu kuat untuk disaingi.

5. Tizen OS


Tizen OS dari Samsung masih ada, tapi kabarnya hampir tak terdengar lagi setelah mereka merilis Samsung Z2 pada 2016 yang lalu. Tizen OS digunakan oleh Samsung untuk lini produk kelas menengah ke bawah tapi tetap saja kurang diminati karena minimnya aplikasi.

6. MeeGo


Sebuah OS yang berumur pendek, hanya dua tahun dan dimiliki oleh Nokia dengan maksud untuk menjadi alternatif Symbian dan berbasis Linux.

MeeGo janya berumur dua tahun yaitu 2010-2012 dan kemudian Nokia menutupnya. Ponsel yang ber OS MeeGo adalah Nokia N9.

7. Bada

Bada juga termasuk OS yang umurnya tidak panjang yaitu 2010 sampai 2013 dan merupakan OS buatan Samsung. OS ini dihentikan karena Samsung lebih memilih berfokus ke Android dan mengalihkan Bada ke Tizen OS. Salah satu device yang menggunakan Bada adalah Samsung S8500.

Oke gan segitu saja, apakah ada OS yang lain? emoticon-Leh Uga

Sumber referensi

jiresh
bukan.bomat
siloh
siloh dan 5 lainnya memberi reputasi
6
3.8K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.