• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Stop Main Layangan di Jalanan, Bahaya Kecelakaan Hingga Tewaskan Pengguna Kendaraan

masnukho
TS
masnukho 
Stop Main Layangan di Jalanan, Bahaya Kecelakaan Hingga Tewaskan Pengguna Kendaraan
Benang layangan di jalan raya sebabkan kecelakaan hingga renggut korban jiwa, stop bermain layang-layang di jalan raya


Musim kemarau menjadi momen yang ditunggu-tunggu khususnya oleh para anak-anak untuk dapat bermain layang-layang.

Di musim kemarau identik dengan cuaca panas dan angin kencang yang cocok dan mendukung untuk dapat menerbangkan layang-layang.

Dapat dikatakan bermain layang-layang menjadi sebuah permainan tradisional yang turun temurun dimainkan oleh anak-anak di Indonesia GanSis, adapun tempat bermainnya sendiri biasanya di lapangan, halaman rumah, atau bahkan di jalan raya.

Datanya musim layang-layang ini juga selalu berbarengan dengan adanya musibah yang datang akibat adanya permainan layang-layang tidak pada tempatnya GanSis. Seringkali diberitakan setiap musim layang-layang selalu saja ada kasus kecelakaan di jalan raya bahkan sampai merenggut korban jiwa.

Begitupun dengan musim layangan tahun ini yang jatuh di bulan Agustus, di beberapa wilayah di Indonesia sedang masuk musim kemarau dan banyak anak-anak sampai dengan orang dewasa yang bermain layang-layang.

Dilansir dari akun Instagram @jakarta.viral, telah terjadi kecelakaan lalu lintas di Jembatan Citarum. Seorang pengguna kendaraan maxim terjatuh akibat terjerat benang layangan yang melintang di jalan dan tidak terlihat.

Diketahui benang layangan tersebut adalah benang layangan dari anak-anak kecil yang bermain layangan di sekitar bawah jembatan.




Kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh benang layangan yang melintang di jalan dan menjerat pengguna kendaraan seperti ini tidak hanya terjadi sekali dua kali GanSis, bahkan beberapa tahun yang lalu sempat dikabarkan di daerah Kecamatan Jebres, Solo terjadi kecelakaan lalu lintas yang menewaskan satu orang korban jiwa dan itu penyebabnya adalah karena benang layangan yang menjerat leher pengguna kendaraan motor yang sedang melintas.

Masalah ini tidak bisa disepelekan atau dianggap remeh GanSis, sebab memang sudah benar-benar sangat membahayakan dan perlu untuk benar-benar diperhatikan dan diawasi agar tidak ada lagi anak-anak atau orang dewasa yang bermain layangan di jalan raya dan benangnya mengakibatkan orang mengalami kecelakaan.

Dinas perhubungan mungkin perlu mengambil tindakan tegas dan memberikan larangan lengkap dengan sanksinya, agar tidak ada lagi anak-anak dan orang dewasa yang tetap nekat bermain layangan di jalanan.

Jika bermain layangan di jalanan sudah dianggap biasa bahkan mereka yang bermain layang-layang tidak mempedulikan keselamatan pengguna jalan tentu ini akan cukup merepotkan GanSis. Kedepannya akan kembali terjadi kecelakaan yang disebabkan adanya benang melintang di jalan dari anak-anak yang bermain layangan.




Bermain layang-layang sebenarnya tidak salah GanSis, selagi memang dilakukan di tempat yang benar, tidak menggangu aktivitas dan mobilitas, atau membahayakan pengguna jalan raya.

Setiap permainan sudah ditentukan arena atau tempat permainan, bermain layang-layang dapat dilakukan di lapangan, dan kalau memang tidak ada lapangan maka lebih baik tidak bermain layang-layang, apa lagi jika bermain layangan di jalanan itu sudah sangat tidak dapat dibenarkan.

Oke, mudah-mudahan dari kejadian ini dapat dijadikan sebagai pelajaran dan kedepannya tidak terjadi kembali kejadian serupa.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
lonelylontongbang.toyipevywahyuni
evywahyuni dan 25 lainnya memberi reputasi
26
8.7K
155
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.