Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

JohnlaroNAvatar border
TS
JohnlaroN
Kasus Sepeda Motor Terbakar, Apa sih Penyebabnya?
Satu unit sepeda motor terbakar di underpass Mall Gandaria City, Jalan Iskandar Muda, Kebayoran Lama beberapa hari yang lalu, tepatnya Minggu tanggal 7 Agustus 2022. Hal tersebut menyebabkan kemacetan di sekitar Permata Hijau – Pondok Indah. Tidak ada korban jiwa, namun sudah dipastikan pemilik motor mengalami kerugian. Dari video yang beredar, bisa dilihat seseorang yang diduga sebagai sang pengemudi berdiri tidak jauh dari motor yang terbakar. Api berhasil dipadamkan setelah petugas DAMKAR datang dan membantu.


Pic: https://media.suara.com/pictures/970...daria-city.jpg

Sehari sebelumnya di lokasi lain, sebuah motor terbakar di kawasan salah satu SPBU di Palopo, Sulawesi Selatan. Sang pemilik kabur sementara motornya hangus terbakar meski akhirnya berhasil dipadamkan.

Setiap tahun, berita motor terbakar ini selalu ada, banyak malah. Kenapa ya, sepeda motor bisa terbakar tiba-tiba? Maksudnya, bukan karena dibakar secara sengaja. Gue jelasin beberapa penyebabnya nih, gan:

Korsleting Listrik

Salah satu penyebab kebakaran motor yang cukup sering terjadi adalah hubungan arus pendek atau korsleting listrik. Korsleting biasanya disebabkan oleh kabel arus positif yang terkelupas dan menempel ke frame atau rangka yang umumnya berarus negatif. Ketika arus positif dan negatif bertemu dalam tegangan yang tidak sesuai, maka sekring akan putus. Namun karena spesifikasi sekringnya tidak sesuai, maka sekring tidak terputus sehingga kabel yang tidak kuat menahan arus listrik akan memanas sampai terbakar. Ini biasanya diakibatkan oleh ampere sekring yang terlalu besar, sehingga sekring tidak putus karena sekringnya terlalu kuat untuk menahan arus yang korsleting. Korsleting juga bisa menyebabkan percikan api. Dan ketika ada kebocoran bahan bakar, maka api akan menyala hingga mampu membakar komponen, bahkan merembet ke seluruh body motor.

Kebocoran Bahan Bakar

Konten Sensitif

Pic: https://motorcyclelatest.com/wp-cont...zeimage-86.jpg

Sudah jelas ya, bahan bakar itu merupakan hal yang mudah terbakar. Bahan bakar yang bocor rentan menyebabkan kebakaran jika terpercik api meski sedikit. Jika bahan bakar ini menetes pada mesin yang panas, juga bisa menyebabkan kebakaran. Kebocoran ini biasa terjadi pada tangki bahan bakar yang rusak (berlubang, berkarat, dll) atau sambungan selang yang sudah kendur hingga cairan bahan bakar menetes. Motor yang mengalami kecelakaan (jatuh, berbenturan, tabrakan, dll) juga bisa mengalami kebocoran bahan bakar. Kebocoran tersebut bisa disebabkan oleh tutup tangki yang tidak rapat atau terbuka ketika terjadi kecelakaan atau karena selang bahan bakar yang terlepas dari tangki.

Overheat

Ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Overheat bisa menyebabkan kebakaran juga jika bagian mesin yang panas kena tetesan bahan bakar yang bocor. Selain itu, overheat bisa mengakibatkan kerusakan kabel, entah robek ataupun menciut. Jika kerusakan itu terjadi saat mesin masih bekerja, api bisa menyala dan membakar komponen motor. Biar mesin gak overheat dan bekerja normal, jangan lupa rawat mesin motornya, ya. Rutinlah ganti oli menurut anjuran pabrikan atau sesuai kondisi dan pemakaian motor. Gunakan juga oli dan komponen motor yang berkualitas dan ori. Gue sendiri biasa ganti oli pake oli ester merek X-Ten di Planet Ban, sekalian servis yang lain juga bisa. Udah terjamin komponen ori, bukan abal-abal, serta hasil kerja mekaniknya cepat dan mantap.

Terus pencegahan biar motor gak terbakar itu gimana?

Salah satu langkah penting untuk mencegah kebakaran motor adalah memahami kondisi motor masing-masing. Pastikan komponen mesin berada dalam kondisi layak saat akan digunakan. Kasus kebakaran motor bisa disebabkan oleh kondisi komponen yang sudah mulai rusak. Jadi, cek kondisi mesin secara rutin. Biasanya saat servis berkala akan dicek oleh mekanik. Kalo bisa cek sendiri juga, silakan. Jangan lupa juga rutin ganti oli. Karena jarang ganti oli itu seringkali menjadi penyebab kerusakan komponen mesin motor dan pada akhirnya bukan gak mungkin menimbulkan kebakaran pada mesin

Wajarnya sih, kalo motor dirawat dan diperhatikan, kasus kebakaran motor ini bisa dihindari. Jika paham dan peka, tanda-tanda motor yang bermasalah dan rawan terbakar sebenarnya dapat dikenali. Namun jika tanda-tanda ini diabaikan, lama-kelamaan bisa makin rusak. Umumnya tanda-tanda itu berupa ketidakwajaran yang terjadi pada motor, misalnya bunyi mesin yang lebih kasar, asap yang lebih gelap, bunyi aneh di sekitar komponen mesin, dll. Ya intinya sih, motor tuh dirawat gitu, gan.

Mudah-mudahan kita semua dihindarkan dari segala bahaya saat di perjalanan, ya, gan.

emoticon-Nyepi

Terima kasih sudah mampir di thread gue

Sources:
https://www.suara.com/news/2022/08/0...rsleting-kabel
https://www.detik.com/sulsel/berita/...miliknya-kabur

Diubah oleh JohnlaroN 15-08-2022 17:59
fathroni
yippiyo
aliffadilah
aliffadilah dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1.7K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.