Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Militer
  • Selayang Pandang Mk22 Mod 0 - Sniper RifleTerbaru Pilihan Militer Negeri Paman Sam

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Selayang Pandang Mk22 Mod 0 - Sniper RifleTerbaru Pilihan Militer Negeri Paman Sam
Quote:


Mengutip artikel thefirearmblog.compihak Korps Marinir AS (USMC) secara resmi telah memilih sniper rifle Mk22 Mod 0 buatan manufaktur Barrett, mereka mengikuti jejak US Army pada pertengahan April 2021 lalu. Waktu itu US Army menggelontorkam dana US$49 miliar untuk membeli sekitar 2.800 unit sniper rifle baru dari Barrett.

Mk22 Mod 0 sendiri lahir dari program bersama antara Marine Corps Systems Command, Marine Forces Special Operations Command, serta the U.S. Army Special Operations Command. Program itu bernama Army's Precision Sniper Rifle (SPR). Dalam rencana Force Design 2030, militer Amerika harus mengurangi jumlah inventaris senjatanya; agar lebih fleksibel dalam misi.

Dalam hal ini senjata bisa menembakkan berbagai varian amunisi. Dengan begitu, jika personel ingin memakai kaliber yang berbeda; hanya perlu mengganti laras senjata saja. Mk22 buatan Barrett juga akan menggantikan semua senapan M40A6 dan Mk13 Mod 7, serta mengurangi inventaris senapan sniper dari empat menjadi tiga.

Mk22 Mod 0 dilengkapi Day Optic 7-35 Mark 5HD buatan Leupold & Stevens, memberikan kemampuan pembesaran dan pengamatan yang lebih besar dibandingkan day optic 5-25 yang saat ini digunakan versi senapan penembak runduk M40A6 dan Mk13 Mod 7. Senapan sniper Mk22 Mod 0 menggunakan magazine dengan kapasitas 10 peluru. Didaulat sebagai sniper rofle bolt action multi-kaliber, Mk22 Mod 0 dapat dikonfigurasi untuk menembakkan peluru .338 Norma Magnum, . 300 NM serta 7.62x51mm standar NATO.

Quote:


Dibandingkan dengan varian senapan penembak runduk M40A6 dan Mk13 Mod 7 yang saat ini dipakai, versi Mk22 Mod 0 memang jauh lebih berat dengan bobot kosong mencapai 7 kg. Secara resmi nama senapan penembak runduk buatan Barrett ini diberi nama Multi-Role Adaptive Design (MRAD Mk22). Mengikuti desain era modern, Mk22 Mod 0 juga dilengkapi picattiny rail untuk pemasangan akesoris tambahan. Selain itu senjata ini juga dipasangi peredam (silencer) untuk misi yang menuntut kesenyapan.

Saat ini rincian terkait berapa jarak tembak efektif dari senjata baru ini masih belum diketahui, sementara itu jumlah senjata yang akan dibeli USMC juga belum dikonfirmasi. Pihak USMC sendiri baru menyelesaikan uji coba Mk22 Mod 0 pada Mei tahun ini. Meski spesifikasi keseluruhan senjata ini masih terbatas, tetapi di website resminya pihak Barrett telah merilis sedikit spesifikasi terkait panjang laras dan panjang keseluruhan senjata sebagai berikut:

Quote:



Referensi Tulisan: thefirearmblog.com& Barrett
Sumber Foto: sudah tertera di atas
jlamp
69banditos
Johnsonohjohnso
Johnsonohjohnso dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.9K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.