• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • (Mau Kenceng) Lebih Pilih Mana Main Bore Up Atau Oprek CVT Motor Matic?

iskrimAvatar border
TS
iskrim
(Mau Kenceng) Lebih Pilih Mana Main Bore Up Atau Oprek CVT Motor Matic?


Namanya juga manusia ada saja yang menurutnya kurang memuaskan, settingan motor keluaran pabrik yang sudah susah payah di riset agar aman dan nyaman dikendarai sehari-hari dirasa masih kurang 'nendang' oleh segelintir orang.

Tidak ada larangan juga sih sebenarnya melakukan upgrade mesin dan penampilan motor, toh produsen sudah membuat sesuai spek motornya, kalau ada ubahan mesin diluar ketentuan tentu garansi hangus dan tidak lagi menjadi tanggung jawab produsen motor. Yang sering dilupa pemilik motor matic adalah motor ini bukan diciptakan untuk kecepatan, tapi untuk kepraktisan.

Diluar, bicara upgrade mesin motor matic bagi segelintir orang tadi seolah memberi angin segar bagi modifikator mesin dan aksesoris motor dimana target pasarnya pun cukup luas, para remaja. Nah, untuk meningkatkan performa motor sang modifikator biasanya memberikan pilihan kepada konsumennya mau kelas harian saja atau bore up.

Biar konsumen nggak bingung biasanya mekanik modifikator menyarankan upgrade kelas harian saja jika hanya mengejar kecepatan diatas rata-rata karena pengerjaannya cukup murah, mudah dan minim gagal, pilihan jatuh pada oprek cvt.



Sesuai namanya, upgrade kelas harian ini bukan untuk balapan tapi larinya sudah lebih kencang dari versi standar, pengerjaannya pun lebih sederhana, tinggal buka bagian cover cvt nya, lalu pengerjaan fokus pada semua komponen cvt, penggantian oli yang berkualitas dan remap ECU / ganti ECU nya supaya kecepatan maksimal tidak di-limit ECU standarnya.

Pilihan kedua adalah bore up, karena beresiko gagal atau hasilnya tidak maksimal pengerjaannya butuh mekanik handal dan berpengalaman. Untuk membore up motor matic butuh bongkar cover body dan pastinya turun mesin.



Banyak dilakukan penyesuain dan penggantian part mesin sesuai kebutuhan. Mekanik umumnya mengganti piston set termasuk blok nya, mengatur ulang suplai bensin, mengatur pengapian, remap ECU, menambah suplai intake, memperbesar kapasitas ruang bakar, mengubah setingan cvt, mengganti knalpot, ban, dan lainnya menyesuaikan budget.

Sekarang kita sudah bisa membandingkan dari segi biaya, waktu, pengerjaan, part apa saja yang harus diganti dan tujuan digunakannya. Ingat, dengan pilihan bore up meski sudah keluar biaya lebih besar tidak menjamin motor bisa langsung ngacir karena dibutuhkan riset dan penyesuaian part (jika dibutuhkan) lagi.

Tapi jika mekanik sudah punya template atau settingan khusus sesuai tipe motormu akan bisa meminimalisir kegagalan dan pengerjaan lebih cepat selesai.

Jadi daripada main terlalu jauh buat kamu yang cuma fokus kencang dijalan umum, buat gaya-gayaan pas week end, menurut saya upgrade kelas harian saja itu sudah lebih dari cukup dari versi standarnya. Berminat, Gan?




Sebuah opini
Ref. Tmn bengkel (Thks to Bej*)
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 10-08-2022 15:29
cahlenong
bang.toyip
sherrifpedro
sherrifpedro dan 4 lainnya memberi reputasi
5
3.3K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.