Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

newsmerahputihAvatar border
TS
newsmerahputih
Ada Jalan Tol, Jakarta - Tanjung Lesung Bisa Ditempuh Dalam 2 Jam
Ada Jalan Tol, Jakarta - Tanjung Lesung Bisa Ditempuh Dalam 2 Jam

MerahPutih.com - Jalan Tol Serang - Panimbang ditargetkan beroperasi tahun 2024. Pembangunan jalan tol Serang - Panimbang ini, untuk mempercepat Kawasan Ekonomi Khusus ( KEK) di Panimbang Banten selatan.

Tol Serang-Panimbang memiliki panjang 83,67 kilometer yang terdiri atas tiga seksi dan untuk seksi 3, sumber pembiayaan dari APBN dan pinjaman China Bank.

Untuk seksi 1 tol tersebut adalah Serang - Rangkasbitung sepanjang 26,5 kilometer ini memakan biaya Rp3,622 triliun. Selanjutnya, seksi 2 jalan tol Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24,17 kilometer dengan biaya Rp2,578 triliun. Saat ini, proses konstruksi masih 31,20 persen dan progres lahan 71,85 persen.

Sementara itu, sesi 3 Cileles-Panimbang sepanjang 33 kilometer dengan membutuhkan biaya Rp4,626 triliun dan progres lahan saat ini 77,90 persen.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pembangunan jalan tol Serang - Panimbang nantinya dapat mempersingkat waktu tempuh Jakarta-Tanjung Lesung.

"Kami pengalaman 26 tahun lalu saat berpangkat kolonel bersama isteri dan anak ke Tanjung Lesung - Jakarta sampai lima jam, nanti 2 jam," kata Luhut pada pelaksanaan peletakan batu pertama Ground Breaking Pembangunan Jalan Tol Sesi 3 Cileles - Panimbang 33 kilometer di Pandeglang, Senin (8/8).

Ada Jalan Tol, Jakarta - Tanjung Lesung Bisa Ditempuh Dalam 2 Jam

Ia berharap, dengan pembangunan ini, Tanjung Lesung, Banten akan banyak kedatangan para investor untuk mengembangkan usahanya di bidang destinasi wisata hingga hotel berbintang. Karena itu, masyarakat Banten diharapkan mendukung pembangunan jalan tol ini guna mendukung pertumbuhan ekonomi.

"Bahkan, pertumbuhan ekonomi Banten bisa menjadi lebih baik hingga melebihi pertumbuhan nasional 5, 44 persen. Karena itu, masyarakat agar mau lahan miliknya bisa dibebaskan untuk pembangunan jalan tol Serang - Panimbang," katanya.

Menteri Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan jalan tol Serang - Panimbang dipastikan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Banten.

"Selain itu juga mendukung percepatan pengembangan KEK Tanjung Lesung dan dapat mempersingkat waktu Jakarta-Tanjung Lesung dari yang semula 5 jam menjadi 2 jam," katanya dikutip Antara.


Sumber
kabarotocom
newsbolaskor
newsbolaskor dan kabarotocom memberi reputasi
2
673
6
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.