• Beranda
  • ...
  • Lifestyle
  • Lebih Baik Kayu Jati atau Mahoni untuk Mebel Furniture? Ini Jawabannya

bkajiAvatar border
TS
bkaji
Lebih Baik Kayu Jati atau Mahoni untuk Mebel Furniture? Ini Jawabannya
Jika Anda mencari produk furnitur, bahan yang paling umum adalah kayu jati dan mahoni. Kedua bahan ini memang yang paling populer, karena mereka memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan kayu lainnya. Selain itu, kedua jenis kayu tersebut adalah yang paling banyak ditanam, baik ditanam oleh rakyat maupun negara. Karena itu, furnitur seperti meja, lemari, kursi, dan banyak lainnya terbuat dari kayu.




Tetapi harus ada seseorang yang bertanya tentang siapa yang lebih baik antara jati dan mahoni. Karena itu, kami di sini untuk menjelaskan kedua log ini secara rinci. Di sini kita akan membahas kelebihan, kekurangan, perbedaan, dan hal-hal lain tentang jati dan mahoni. Secara spesifik, berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari kayu jati dan kayu mahoni.

Kelebihan Kayu Jati :
1. Kuat. Saat ini kayu jati digolongkan sebagai kayu dengan kekuatan kelas II, sehingga kekuatannya tak perlu diragukan.
2. Daya Tahan Baik. Menurut penelitian, jati punya daya tahan dan keawetan yang sangat baik. Hal ini terbukti dari kelas keawetannya yang berada di kelas I-II. Dengan begitu, masa pakai produk furnitur dari kayu jati bakal lebih lama.
3. Lebih Tahan Rayap. Seperti yang diketahui, rayap merupakan perusak kayu. Akan tetapi, jati bisa tahan dengan salah satu haa tersebut.
4. Corak Kayu Cantik. Bahkan banyak yang menyukai corak alami dari kayu ini, karena memang sangat indah.
Tahan Segala Cuaca. Baik hujan maupun panas, jati sangat kuat dalam menahannya. Karena itu, furnitur untuk interior maupun eksterior bakal cocok bila dibuat dari kayu yang satu ini.
5. Mudah Didapat. Hutan Perhutani maupun miliki rakyat banyak yang menanam pohon jati, sehingga sangat mudah ditemui.

Kekurangan Kayu Jati :
1. Mahal. Sudah pasti harga dari kayu jati sangat mahal, karena kualitas kayunya sangat baik. Apalagi jika itu kayu tua, maka harganya bisa lebih mahal lagi.
2. Pori-Pori Besar.
3. Berat, karena memang punya kekuatan dan daya tahan yang baik.

Kelebihan Kayu Mahoni :
1. Kuat. Seperti kebanyakan kayu lainnya, kayu mahoni jelas memiliki kekuatan atau kekokohan yang baik, sehingga cocok untuk furnitur.
2. Mewah. Berbagai mebel berbahan kayu mahoni bisa menghasilkan tampilan yang mewah, karena sangat mudah melakukan finsihing dengan kayu ini.
3. Murah. Jika dibandingkan dengan jati, kayu mahoni jelas lebih murah.
4. Corak Kayu Cukup Cantik.
5.5 Lebih Ringan.
6. Pori-Pori Kecil.

Kekurangan Kayu Mahoni :
1. Daya Tahan tak Sebagus Kayu Jati.
2. Mudah Diserang Hama, termasuk rayap. Namun bisa diatasi dengan finishing yang baik.
3. Tidak Cocok dengan Segala Cuaca, sehingga lebih cocok bila ditempatkan untuk interior.

Setelah melihat perbedaan antara kayu jati dan mahoni, kami sendiri bisa menyimpulkan bahwa kayu jati akan lebih cocok bila digunakan sebagai bahan furnitur. Selain punya corak yang cantik, kayu tersebut juga memiliki ketahanan dan kekuatan yang baik. Akan tetapi, harganya sangat mahal.

Contoh Furniture dari Kayu Jati


Kamar Tidur Kayu Jatitersebut dibuat menggunakan kayu jati sebagai material utamanya. Bukan hanya dipannya saja, tapi meja rias, nakas, dan drawer-nya juga dibuat menggunakan kayu jati. Tampilannya sendiri tetap elegan dan menampilkan kesan klasik yang sangat enak dipandang.

Contoh Funiture dari Kayu Mahoni

Berbagai furnitur dari kayu mahoni memang bisa didesain dengan tampilan yang mewah. Salah satunya adalah Set Kamar Tidur Minimalis di atas. Penggunaan cat duco yang sangat menyatu dengan mahoni membuat produk mebel memiliki tampilan yang indah, halus, dan bisa diatur warna-warnanya. 

Dengan melihat contoh produk mebel baik yang berbahan kayu mahoni atau kayu jati seperti di atas, maka Anda bisa menilainya sendiri. Kami sendiri menyerahkan keputusan pembelian furnitur sepenuhnya kepada Anda. Baik jati ataupun mahoni punya kelebihan sendiri-sendiri, Anda hanya perlu memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Anda juga bisa membaca Cara Memilih Furniture agar bisa memilih produk yang tepat.




0
3.3K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
LifestyleKASKUS Official
10.4KThread11.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.