silents.Avatar border
TS
silents.
Asa Damai Roy Suryo hingga Minta Jadi Tahanan Kota
Asa Damai Roy Suryo hingga Minta Jadi Tahanan Kota


Jakarta - Roy Suryo ditahan atas kasus dugaan penistaan agama gegara postingan meme stupa Candi Borobudur. Roy Suryo berharap kasusnya bisa diselesaikan secara perdamaian.

Roy Suryo meminta difasilitasi untuk mediasi dengan pihak pelapor. Pengacara Roy Suryo, Elza Syarief bahkan meminta Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran untuk menjadi mediator.

"Kita juga udah tulis surat kepada penyidik, Pak Kapolda, dan Direskrimsus, untuk menjadi mediator, memediasikan perdamaian antara Pak Roy dengan Pak Kevin dan Pak Hartono," ujar Elza Syarief saat dihubungi detikcom, Sabtu (6/8/2022).

Minta Restorative Justice

Elza Syarief meminta adanya restortive justice (RJ) dalam penyelesaian perkara Roy Suryo dengan pelapor ini. Merujuk edaran Kapolri terkait penyelesaian RJ dalam kasus ITE, menurut Elza, seharusnya Roy Suryo bisa didamaikan.

"Terus kemudian, jika dia bersalah di dalam ITE, menurut Surat Edaran Kapolri, itu jika sudah meminta maaf, itu tidak bisa dipidana," katanya.

Elza Syarief kemudian memberi contoh Irjen Fadil hingga Presiden Joko Widodo yang memaafkan orang-orang yang menghinanya.

"Kita beri contoh aja Bapak Presiden telah memaafkan orang yang telah menghina dia. Kemudian Bapak Kapolda, Pak Fadil juga memaafkan orang yang menghina Bapak Kapolda," katanya.

Sudah Lobi Pelapor

Menurut Elza Syarief, pihaknya sempat melobby pelapor untuk melakukan mediasi dan perdamaian. Namun, beberapa minggu pihak Roy Suryo menunggu tidak mendapatkan balasan dari pihak pelapor.

"Kenapa klien saya sudah minta maaf secara terbuka, dan kemudian secara lobbying seperti saya menghubungi Pak Kevin, menghubungi lawyernya Kurniawan Santoso itu kalau nggak salah. Itu untuk minta pertemuan dan Pak Kevin juga sudah mengatakan 'iya nanti kita datang di tempat yang terhormat'. Saya tunggu-tunggu udah hampir dua minggu, belum ada kabarnya. Bilangnya mereka masih berunding dan takut nanti dikira berkhianat," paparnya.

"Saya juga nggak ngerti, padahal Pak Kevin sama Pak Kurniawan itu satu organisasi yaitu Dharmapala Nusantara. Jadi kan harusnya ngapain gitu satu-satu membuat laporan. Kenapa nggak sekalian?," jelasnya.


Roy Suryo Minta Penahanan Ditangguhkan atau Tahanan Kota

Roy Suryo megajukan penangguha penahanan atau tahanan kota. Roy Suryo beralasan sakit sehingga meminta dirinya untuk tidak ditahan.

"Kita mengajukan penangguhan, karena kondisi sakit, bukan pura-pura sakit," kata Elza saat dihubungi, Sabtu (6/8/2022).


Permohonan penangguhan penahanan itu disampaikan tim pengacara Roy Suryo sore hari tadi. Selain penangguhan penahanan, lanjut Elza, menjadi tahanan kota pun tidak apa-apa.

"Penangguhan penahanan atau tahanan kota gitu nggak apa-apa," imbuhnya.

Elza Syarief mengungkap alasan pihaknya mengajukan permohonan penangguhan penahanan agar Roy Suryo bisa berobat.

"Itu tujuannya hanya untuk supaya bisa berobat dengan rutin. Kita mohon doanya aja Pak Roy sehat," ungkapnya.


Roy Suryo Ditahan Polisi


Diberitakan sebelumnya, Polda Metro Jaya memutuskan menahan Roy Suryo, tersangka kasus dugaan penistaan agama. Roy Suryo ditahan mulai malam ini.

"Penyidik memutuskan mulai malam ini terhadap Roy Suryo Notodiprojo sebagai tersangka ujaran kebencian ini mulai dilakukan penahanan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (5/8).

Zulpan menjelaskan penahanan Roy Suryo murni pertimbangan penyidik. Salah satu alasan polisi menahan Roy Suryo karena dikhawatirkan akan menghilangkan barang bukti.

Roy Suryo ditahan di Rutan Polda Metro Jaya untuk 20 hari ke depan sejak Jumat (5/8). Roy Suryo terlihat masih menggunakan penyangga di leher saat ditahan polisi.


Tanggapan Pelapor atas Penahan Roy Suryo

Polda Metro Jaya resmi menahan Roy Suryo, tersangka kasus dugaan penistaan agama malam tadi. Roy Suryo ditahan untuk 20 hari ke depan di Rutan Polda Metro Jaya. Lantas bagaimana respons pelapor?


Ketika Pak Endra Zulpan (Kabid Humas Polda Metro Jaya) menyampaikan berita bahwa Saudara RS ditahan, saya tidak langsung bergembira atas kabar itu. Tapi ketika beliau (Kombes Zulpan) mengatakan 'karena semua sama di mata hukum' hati saya langsung bergetar," kata Ketua Umum Dharmapala Nusantara, Kevin Wu, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (6/8/2022).

Kevin mengatakan, yang awalnya dia kecewa karena Roy Suryo sempat tidak ditahan. Apalagi, masyarakat begitu besar menaruh harapan keadilan hukum kepada Polri.

"Tiba-tiba timbul lagi harapan dan kepercayaan yang begitu besar kepada institusi hukum di tanah air ini. Karena salah satu poin yang kami perjuangan dalam kasus ini adalah 'menuntut kesamaan hukum bagi semua anggota masyarakat, tanpa kecuali'," ujarnya.

Kevin menyebut proses penahanan Roy Suryo bukan hanya membangkitkan semangat dan harapan umat Buddha. Tetapi juga indikasi keadilan di Indonesia berjalan semestinya. Lebih lanjut, Kevin mengajak semua pihak untuk senantiasa mengawal kasus tersebut.

"Saya percaya kejadian malam tadi (penahanan) bukan hanya membangkitkan semangat dan harapan bagi semua anggota Dharmapala Nusantara, namun juga tegaknya keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia," kata dia.

"Kami tahu ini bukanlah akhir dari perjuangan ini, boleh dikatakan ini barulah permulaan. Oleh karenanya kami tetap mengajak semua pihak untuk terus mengawal kasus ini hingga tuntas nantinya," imbuhnya.


https://news.detik.com/berita/d-6220...tahanan-kota/1



Gw yakin umat Budha sangat pemaaf dan memang sudah memaafkan.

Tp attitude RS memang sangat menjengkelkan. Klo memang berniat minta maaf, bisa dilakukan ketika belum ditahan. Ada banyak waktu utk itu, eh malah ketawa ketiwi di komunitas mobil seakan akan mengejek.

Mungkin polisi jg udah gemes bgt sama kelakuannya. Pasang muka sakit pas diperiksa, eh, tahunya malah ber hahahihi di luar.

Udah gitu, sampai skr masih ngaku sakit beneran.

Satu kata: AMBYAR!



Diubah oleh silents. 07-08-2022 01:06
kaninaninditya.
samsol...
fachri15
fachri15 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.7K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.