D.D.o.SAvatar border
TS
D.D.o.S
Terdaftar di PSE dan Tak Lagi Diblokir, PayPal: Kami Meminta Maaf
Terdaftar di PSE dan Tak Lagi Diblokir, PayPal: Kami Meminta Maaf pada Pengguna di Indonesia (Judul Panjang)

KOMPAS.com - Situs PayPal sudah dapat diakses bebas oleh masyarakat Indonesia tanpa ancaman pemblokiran kembali. Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuka blokir PayPal pada  Minggu (31/7/2022) dan memberikan tenggang waktu bagi pengguna untuk memindah dananya dalam waktu lima hari, yaitu hingga Jumat (5/8/2022).

Juru Bicara PayPal, Lance John, mengatakan sudah melakukan korespondensi langsung dengan Kominfo. Dengan demikian, saat ini PayPal telah resmi terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) di Indonesia. 

"PayPal berkomitmen penuh untuk mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku di mana pun kami beroperasi. Saat ini kami telah terdaftar sebagai PSE di Indonesia," kata John, dikutip dari Kompas.com, Rabu (3/8/2022). 

Dari pantauan Kompas.com, paypal.com telah tercatat di laman PSE Kominfo pada Rabu (3/8/2022).

PayPal meminta maaf 
Pihak PayPal  turut mengungkapkan permohonan maaf kepada penggunanya di Indonesia atas kejadian yang membuat layanan PayPal tidak dapat diakses selama beberapa waktu.

"Kami mohon maaf atas gangguan yang mungkin dialami para pengguna kami akhir pekan lalu," ungkap John. 

Dengan terdaftarnya PayPal sebagai PSE di Indonesia, penggunanya dapat kembali melakukan transaksi menggunakan situs tersebut. 

"Pengguna PayPal dapat mengirim, menerima, dan mengakses uang mereka seperti biasa," jelas John. Perlu diketahui bahwa PayPal merupakan penyedia jasa transer uang elektronik asal Amerika Serikat (AS).

Situs-situs yang telah dibuka 
Menkominfo Johnyy G. Plate mengungkapkan bahwa Kominfo telah membuka akses blokir atau menormalisasi lima situs. Kelima situs tersebut yakni PayPal, Yahoo, dan situs yang tergabung dalam Valve Corp, seperti Steam, CS:GO, serta DOTA.

“Lima dari tujuh PSE yang selama ini dibicarakan di masyarakat, seperti misalnya Paypal dan Steam itu normalisasinya sudah dilakukan,” kata Johnny, dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Selasa (2/8/2022). 

Kominfo juga sudah berupaya melakukan komunikasi dengan Kedutaan Besar AS di Jakarta guna mendorong agar PSE segera melakukan pendaftaran. Johnny menyatakan bahwa PSE harus tetap menyatakan komitmennya untuk mendukung kreativitas dan inovasi digital sesuai dengan ketentuan yang ada. 

“Dukungan terhadap ruang digital itu kuat dan kita inginkan juga agar ketaatan terhadap hukum dan peraturan di Indonesia oleh platform, baik lokal maupun global itu juga dilaksanakan dengan baik,” pungkasnya. 

Untuk Yahoo dan situs Valve Corp sudah dapat diakses masyarakat pada Selasa (2/8/2022) mulai pukul 08.30 WIB. Dikutip dari laman Kominfo, situs game Origin juga sudah dibuka pemblokirannya oleh Kominfo per Rabu (3/8/2022) mulai pukul 14.00 WIB.

PAYPAL PSE
sudah resmi ya, tidak diblokir lagi, emoticon-Ngacir
agh05t
jerryreality850
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.4K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.