• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Rivalitas Sega Genesis vs SNES, Perang Konsol Epik yang Legendaris di Era 90an

cintadineAvatar border
TS
cintadine
Rivalitas Sega Genesis vs SNES, Perang Konsol Epik yang Legendaris di Era 90an


Di saat ini dunia konsol game rumahan sudah memasuki generasi kesembilan. Di generasi kesembilan ini hanya ada dua konsol yang saling bersaing yaitu Sony Playstation 5 dan Xbox Series X dari Microsoft. Sementara Nintendo masih belum mengeluarkan penerus Nintendo Switch yang sukses besar dan bahkan mampu melampuai angka penjualan Xbox One.

Berbicara mengenai Nintendo, sebelum meluncurkan Nintendo Switch pada 2017, mereka sempat gagal dengan Wii U yang diluncurkan pada 2012. Perlu lima tahun bagi Nintendo untuk menebus kesalahannya. Hampir saja Nintendo menyusul kegagalan Sega yang pensiun dari memproduksi konsol game.

Nintendo adalah perusahaan video game raksasa yang sudah berjaya sejak era 80an. Saingan Nintendo di era 90an awalnya bukanlah Sony, melainkan Sega yang dulu pernah terlibat perang konsol yang sangat epik. Nintendo dengan SNES, dan Sega dengan Genesis (Mega Drive).

Rivalitas Sengit

Sega Genesis dirilis pada 1989 di saat Nintendo masih belum merilis penerus NES. Di Asia, nama konsolnya adalah Sega Mega Drive dan nama inilah yang masuk ke Indonesia. Harganya sekitar USD 189, kalau memakai inflasi sekarang sekitar tiga ratusan dollar. Sedangkan SNES baru diluncurkan pada 1990 dengan harga USD 199. Dengan harga Genesis yang lebih murah, itu membuat lebih banyak terjual di Indonesia. Tapi untuk keseluruhan dunia, SNES memang lebih unggul dalam angka penjualan tertinggi sebanyak 49 juta unit. Sedangkan Mega Drive atau Genesis terjual sebanyak 35 juta unit. Keduanya mendapatkan pencapaian yang fantastis.

Tetapi di Amerika, Sega Genesis justru lebih unggul dari SNES. Membuatnya Genesis jadi terkenal dan terus dikenang hingga sekarang.

Punya Fanboy Masing-Masing

Sama seperti sekarang yang ada fanboy Nintendo, PS, dan Xbox, dulupun ada fanboy Sega dan Nintendo. Banyak yang lebih suka Genesis, tapi tidak sedikit pula yang lebih suka SNES. Di Indonesia dan Amerika, nampaknya Genesis lebih banyak memberikan kenangan bagi anak-anak karena memang Sega Genesis lebih banyak terjual karena harga yang lebih murah.

Game dan Keunikan


SNES bisa sukses besar karena hadirnya game-game eksklusif yang sudah punya nama seperti Super Mario World, The Legend of Zelda: Link to the Past, dan Donkey Kong Country. Sementara Genesis mengandalkan game-game hasil konversi dari arcade seperti Golden Axe dan The Punisher.
Sega membuat game sendiri yaitu Sonic the Hedgehog yang mampu menjadi game terlaris untuk konsol tersebut sekaligus menjadi maskot Sega.

Keunikan dari era ini adalah adanya game multiplatform yang isinya berbeda antara untuk Sega Genesis dan SNES. Contohnya ada game Aladin, Adventures of Tiny Toon, dan X-Men yang pada Genesis dan SNES isi gamenya sama sekali berbeda. Tapi ada juga yang sama seperti Mortal Kombat. Hanya saja Mortal Kombat pada SNES darahnya disensor dan bagian sadisnya tidak ditampilkan.

RPG vs Beat'Em Ups
.



Keunggulan SNES adalah adanya judul game RPG yang tersedia seperti Chrono Trigger dan trilogi Final Fantasy, dua judul tersebut mampu mengangkat angka penjualan SNES. Sementara Sega Genesis lebih bertumpu pada game bergenre Beat'Em Ups seperti Golden Axe, Street of Rage, dan Alien Storm.Game eksklusif lainnya yang terkenal di Sega adalah Shinobi III.

Nah, kalau agan dulu mainnya SNES apa Sega nih? emoticon-Big Grin

Quote:
Diubah oleh cintadine 10-02-2022 02:29
yoseful
stealth.mode
provocator3301
provocator3301 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
6.2K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.