• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pilih Mana Gan, Part Awet Tapi Boros Atau BBM Irit Tapi Part Mahal?

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Pilih Mana Gan, Part Awet Tapi Boros Atau BBM Irit Tapi Part Mahal?


Membahas soal keiritan kendaraan sepertinya tidak ada habisnya, sampai ada yang 'judeg': "Kalau mau awet ya di kandangin aja, jadi garage queen," Lah, padahal kendaraan ngejogrok digarasi berbulan-bulan tetap butuh perawatan termasuk oli, ban, dan pemanasan, bahkan harus kuras bensin karena 'basi'.

Teman saya punya pertanyaan yang agak sulit dijawab tapi siapapun pasti cepat menjawabnya tanpa fikir panjang karena dianggap pertanyaan yang mudah, padahal realitanya seringkali tidak sesuai dengan jawabannya sendiri.



Pertanyaannya adalah :"Pilih Mana Gan, Part Awet Tapi Boros Atau BBM Irit Tapi Part Mahal?" Jawabannya pasti akan ada 2 kubu yang berbeda. Sebelum saya tanya kamu berada diposisi yang mana maka saya coba jelaskan dulu berdasarkan opini saya, ini bisa saja benar atau salah, toh... kendaraan itu juga sebenarnya milik anda sendiri kan jadi terserah kamu saja.

Kalau memilih jawaban: "Saya pilih part-partnya awet meskipun boros bensin," ini adalah tipe orang yang tidak terlalu mempermasalahkan kendaraannya, dia percaya kualitas kendaraannya yang terbaik, yang penting kerjaannya selesai dengan cepat, setoran lancar, urusan bensin selama masih bisa dibeli maka gass terus, tidak ada bensin ada alternatif lain."

Dan yang menjawab : "Saya pilih BBM yang irit tapi part mahal," tipe orang ini adalah orang yang memiliki perhitungan dan segala sesuatunya perlu pertimbangan. Selama konsumsi BBM terjangkau maka dia masih bisa menabung untuk dana perbaikan kalau-kalau ada kerusakan tidak terduga. Meskipun begitu realitanya dikenyataan hidup dia ingin bensin tetap irit tapi part juga harus murah. Hm.



Jawaban yang kedua rasanya mewakili mayoritas negeri ini dan sudah jadi karakter kuat. Padahal tuntutan part bagus butuh biaya tinggi, kalau murah kuatir kualitasnya diturunkan, timbul masalah dan produsen part bisa-bisa didemo. Hm.

Lalu siapa yang diuntungkan dari 2 hal tadi, ya pastinya tetaplah pengusaha bensin dan part ka-we berpeluang tumbuh subur. Padahal sejatinya kalau kita sudah memelihara kendaraan itu artinya kita sudah siap dengan segala konsekwensinya, butuh biaya, perawatan, pajaknya, dan resiko tidak terduga.

Nah, sekarang saya persilahkan agan menjawab pertanyaan diatas mana yang kira-kira mewakili hati dan fikiranmu, sertakan juga alasannya kenapa, biar kita semakin tahu yang kamu inginkan bagaimana.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 05-08-2022 03:07
provocator3301
mancitybest
topantita
topantita dan 12 lainnya memberi reputasi
11
5.5K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.