vidyazafiria057Avatar border
TS
vidyazafiria057
Kenapa China Ingin Menguasai Taiwan?
China berkali-kali menegaskan bahwa Taiwan merupakan bagian dari kedaulatan negara itu. Namun, negara komunis itu mengklaim ini ditolak oleh Taiwan yang menganut nilai demokratis.
Presiden Xi Jinping sendiri sempat menuturkan bahwa pemerintahannya berkomitmen untuk mencapai reunifikasi dengan Taiwan.

"Menyelesaikan masalah Taiwan dan menyadari reunifikasi penuh China merupakan misi sejarah dan komitmen kuat Partai Komunis China [PKC]. Itu juga merupakan aspirasi anak-anak dari negara China. Kami bakal menjunjung prinsip Satu China dan Konsensus 1992, dan memajukan reunifikasi nasional yang damai," ujar Xi dalam pidato pada 1 Juli 2021, dikutip dari CFR.

Sementara itu, Taiwan dan China memang sempat menjadi satu negara. Namun, keduanya terpecah dalam perang sipil pada 1949, dikutip dari Firstpost.

Kala Mao Zedong berkuasa pada 1949, PKC berhasil memenangkan perang sipil dan membuat pemimpin partai nasionalis Kuomintang (KMT), Chiang Kai-shek, mengungsi ke Pulau Taiwan dan memutus hubungan dengan China.

Berbagai upaya untuk menyatukan Taiwan sempat dilakukan kedua belah pihak. Namun, upaya itu semakin kusut kala mantan Presiden Taiwan Chen Shui-bian terpilih pada 2000. Chen merupakan tokoh dari Partai Demokratis Prografis (DPP) yang mendukung pengakuan kemerdekaan formal atas kedaulatan Taiwan.

Tak hanya itu, Presiden Taiwan Tsai Ing Wen yang menjabat pada 2016, menyatakan Taiwan sudah merdeka secara de facto. Tsai juga menolak permintaan China untuk mengakui Taiwan sebagai bagian dari Negeri Tirai Bambu.

Tsai kemudian membangun hubungan yang lebih erat dengan Amerika Serikat, Jepang, dan sekutu lainnya. Tindakan itu dilakukan untuk mempersiapkan diri dari kemungkinan invasi China.

https://info24jamterkini.blogspot.co...-brigadir.html
0
636
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
78.9KThread10.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.