Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lingkarpolitikAvatar border
TS
lingkarpolitik
Ekonomi Indonesia Masih Tumbuh Kuat, Ini Buktinya
Ekonomi Indonesia Masih Tumbuh Kuat, Ini Buktinya

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, pertumbuhan ekonomi Indonesia 2022 masih sangat bagus. Ekonomi Indonesia ditopang oleh konsumsi dan investasi serta kinerja ekspor.

Ia menjelaskan, Indeks Penjual Real (IPR) tumbuh 15,4 persen (yoy), kinerja sektor manufaktur tetap positif tercermin dari MPI yang masih ekspansif.

“Konsumsi listrik terutama industri maupun bisnis juga tumbuh positif dan kuatnya indeks keyakinan konsumen meningkat 128,2 dari posisi Maret yang lalu di 111,0 hal ini menunjukkan bahwa masyarakat memiliki optimis terhadap prospek pemulihan ekonomi,” ujar Sri Mulyani, saat konferensi pers, Senin (1//8/2022).

Kemudian dari sisi kinerja neraca pembayaran Indonesia masih diperkirakan tetap kuat ditengah tekanan terjadinya arus keluar modal.

“Di triwulan II 2022 diproyeksikan mencatat surplus dan lebih tinggi dibandingkan capaian triwulan I, hal ini terutama didukung oleh kenaikan surplus neraca perdagangan terutama akibat tingginya harga komoditas global yang merupakan barang-barang ekspor Indonesia,” terang Menkeu.

Saat ini, dunia masih dihadapkan dengan sejumlah tantangan yang dikenal dengan The Perfect Storm atau 5C : diantaranya Covid-19, conflict in Ukraina (konflik Rusia-Ukraina) Climate Change (Perubahan Iklim), Commodity Price (kenaikan harga komoditas), dan masalah cost of living (biaya hidup) yang mendorong inflasi.

Menteri Koordinator Bidang Perekomonian Airlangga Hartarto dengan optimis menyampaikan, Indonesia merupakan bangsa yang tangguh, yang senantiasa bangkit dan bekerja di tengah berbagai krisis, dan berbagai tantangan ekonomi yang terjadi.

"Meski tidak mudah, kita patut bersyukur bahwa ekonomi Indonesia mampu bertahan dan bangkit. Pada dua triwulan terakhir ekonomi kita tumbuh di atas 5 persen," kata Airlangga dalam acara Tanoto Scholars Gathering 2022 pada Kamis (28/7/2022).

Angka pertumbuhan ekonomi ini pun diyakini bisa dipertahankan di kuartal ketiga dan keempat.

"Ini membawa optimisme terhadap pemulihan ekonomi ke depan," ucap Menko Airlangga.

Terkait dengan transformasi digital, Menko Airlangga mengungkapkan, di sekitar tahun 2030 Indonesia akan memperoleh bonus demografi dimana 64 persen dari total penduduk produktif.

"Oleh karena ini pertumbuhan harus terus digenjot, salah satunya melalui ekonomi digital yang diproyeksikan mencapai 323 billion USD di tahun 2030," ungkapnya.

Sementara dalam menyiapkan generasi muda untuk bekerja di industri 4.0, Pemerintah terus mendukung dengan mengeluarkan berbagai program salah satunya adalah program live learning melalui Program Kartu Prakerja, dimana pesertanya telah melampaui 12,8 juta.

"Hampir seluruh (peserta program live learning Kartu Prakerja) adalah anak-anak muda," beber Menko Airlangga.

https://www.liputan6.com/bisnis/read...t-ini-buktinya
0
755
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.