iskrimAvatar border
TS
iskrim
Mobil Eropa Boros? Cuma Mitos (Ini Jawaban Tepatnya)


Berkembang mitos dimasyarakat mobil-mobil keluaran eropa dikenal boros bahan bakar. Tentu kaum mendang-mending akan berfikir duakali untuk meminangnya, "Muke gile... isi full tank sekarang harus keluar duit sejutaan lebih! Setidaknya itu kata salah satu artis dimedia waktu lalu.

Menyimpulkan boros tidaknya sebuah kendaraan memang bisa dilihat dari berbagai aspek, tapi menyebutkan mobil eropa dibanding keluaran Jepang terkenal boros saya rasa kurang tepat, mengapa?

Jawabannya karena mobil keluaran eropa minimal bermesinkan 2000 cc sedang mobil Jepang pemakainya rata-rata dibawah itu. Misalkan kamu mau pergi ke Mall dengan jarak sekilo pake mobil eropa, ya jelas boros, di bandingkan dengan naik LCGC ya jelas jomplang selisihnya karena mesinnya kecil, radiatornya saja unyu-unyu. Hm

Sekedar perbandingan harusnya apple to apple, teknologi mobil eropa itu sudah lebih canggih, rata-rata speed mereka lebih dari 7-speed AT bahkan di Mercy ada yang sudah 9-speed AT, coba bandingkan dengan Innova yang seri terbaru pun hanya di 6-speed AT (saya belum tahu nanti Innova hybrid akan berapa CC).


2021 Mercedes-Benz GLC-Class ,9 Speed

Speed dengan angka yang lebih tinggi/banyak memiliki keuntungan karena kerja mesin jadi tidak terlalu berat, mobil jadi lebih nyaman, lebih kedap suara dan getaran karena minim traksi pada mesinnya,

Kalo jumlah giginya terlalu sedikit maka mesin harus bekerja lebih keras (suara mesin cenderung kasar) untuk mencapai kecepatan yang sama dibanding dengan jika giginya banyak. Bahkan kalaupun disandingkan dengan CC yang sama mobil Eropa tetap lebih irit, meski beda tipis tapi terbukti mobil Eropa tidak boros.

Yang bikin boros jika perbandingannya aople to apple cara berkendaranya beban yang harus dibawa, tekanan angin, medan yang dialui dan sederet bukti lain yang mainstream.

Kesimpulannya menurut saya kalau CC nya berkapasitas besar boros adalah sebuah kewajaran, yang tidak wajar adalah kalau CC nya besar tapi tidak ada larinya, ini perlu diperiksa.

Begitu juga ciri khasnya orang kita, punyanya mesin kecil tapi maunya lari kencang dan irit bensin. Mau melawan hukum Fisika, kah? Heuheu.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

rifaye
jintuang
provocator3301
provocator3301 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
4.2K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.