• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Merasa Insecure dan Anggap Diri Sendiri Jelek? Tips Ini Wajib untuk Dilakukan

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Merasa Insecure dan Anggap Diri Sendiri Jelek? Tips Ini Wajib untuk Dilakukan
Merasa kurang percaya diri dan menganggap diri sendiri sangat jelek?
Ini beberapa hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan percaya diri


Insecure atau tidak percaya diri terhadap diri sendiri, masih sering menjadi permasalahan serius bagi banyak orang.

Merasa diri sendiri buruk, tidak sama dengan yang lain, tidak ada yang bisa dibanggakan, atau bahkan malu terhadap penampilan atau fisik adalah ciri-ciri dari rasa ketidakpercayaan diri.

Insecure dapat menjadi salah satu alasan kenapa seseorang menjauh dari peradaban atau menjadi orang yang anti sosial karena takut mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan meskipun itu belum tentu dan baru menjadi sebuah bayangan atau ketakutan saja.

Melihat perasaan insecure atau kurang percaya diri yang membuat diri sendiri akhirnya terbatasi untuk melakukan apapun, tentu rasa kurang percaya diri dan menganggap diri sendiri buruk atau jelek itu harus dihindari GanSis. Karena jika seseorang masih terus merasa insecure terhadap diri mereka maka mereka juga akan sulit untuk melakukan apapun bahkan juga tidak dapat melakukan perkembangan diri untuk menjadi lebih baik.

Selain dampak dari insecure seseorang dapat menjadi sosok yang anti sosial, tidak mampu mengembangkan diri dan kemampuan, atau takut untuk menunjukkan bakat terpendam, kurang percaya diri juga akan memiliki dampak lebih buruk yaitu merasa tidak bersyukur terhadap pemberian Tuhan. Saat seseorang telah merasa dan berada di tahap seperti itu, maka itu sudah benar-benar sangat buruk.

Lalu apa yang harus dilakukan saat seseorang merasa insecure atau merasa paling jelek?
Berikut ini beberapa cara untuk menyikapinya.




1. Mengubah Pemikiran

Mengubah pemikiran, dari yang sebelumnya merasa tidak percaya diri dan menganggap diri sendiri sangat buruk menjadi merasa istimewa dengan setiap yang ada pada diri masing-masing orang, itu sangat penting untuk dilakukan GanSis

Mempercayai bahwa Tuhan menciptakan setiap orang dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, ini juga perlu untuk dipahami agar kalian bisa berdamai pada diri sendiri dan tidak menghiraukan kekurangan dengan terlalu berlebihan melainkan dengan menjadikan keistimewaan yang tidak semua orang miliki.

2. Memahami Keadaan

Setiap orang tidak memiliki jalan pendidikan, kesuksesan, atau bahkan kekayaan yang sama. Saat beberapa hal tersebut membuat kalian insecure karena mungkin pendidikan, atau kesuksesan orang sudah lebih jauh dari kalian, maka seharusnya kalian mulai memahami keadaan bahwa mereka bekerja lebih keras untuk mencapai yang telah mereka raih, dan kalian bisa menjadikan semua yang membuat insecure sebagai motivasi untuk berubah lebih baik kedepan.

3. Berhenti Mengeluh

Yang membuat seseorang lebih berat untuk bisa berdamai dengan kekurangan adalah karena masih banyak dan sering mengeluh GanSis. Stop mengeluhkan kekurangan yang ada pada diri sendiri, karena hanya dengan mengeluh maka seseorang tidak dapat merubah kehidupan.

4. Mengasah Kemampuan

Mungkin masih banyak Agan Sista yang merasa insecure karena menganggap diri sendiri tidak berbakat atau tidak memiliki kelebihan yang bisa membuat kalian lebih menarik. Melihat kelebihan sendiri butuh cara dan usaha GanSis, gali potensi yang ada dan asah untuk menjadi lebih terlihat agar bisa menjadi sebuah kebanggaan, bukan untuk pamer kemampuan melainkan untuk menjadi lebih bermanfaat dengan kelebihan yang dimiliki.



Itulah GanSis beberapa hal yang harus kalian lakukan saat merasa insecure karena melihat orang lain sempurna dan tidak menyadari kelebihan yang dimiliki.

Dapat TS katakan setiap orang memiliki kelebihan masing-masing yang kemungkinan besar tidak dimiliki oleh orang lain. Kelebihan tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan menunjukkan potensi diri agar tidak insecure.

Terkadang Agan Sista sendiri tidak sadar, bahwa adanya orang yang meremehkan kalian itu adalah karena kalian sendiri yang belum bisa berdamai dengan keadaan dan merubah diri sendiri lebih baik.

Saat kalian sudah berdamai dengan keadaan termasuk dengan segala kekurangan, maka Agan Sista akan dapat paham apa yang bisa kalian banggakan atau menjadi keistimewaan dari diri sendiri.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai pelajaran bagi Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
ushirota
Aramina
bukan.bomat
bukan.bomat dan 13 lainnya memberi reputasi
10
7.6K
88
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.