Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Buronan KPK Bupati Mamberamo Tengah Muncul Saat Aksi Demo Tolak DOB Papua





DEMO - Bupati Mameramo Tengah Ricky Ham Pagawak menerima warga yang melakukan aksi menolak DOB. Demo berlangsung di Kobakma, Kecamatan Mamberamo Tengah, Jumat 29 Juli 2022. 

POS-KUPANG.COM - Buronan Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak muncul menerima warganya yang melakukan aksi menolak pembentukan Daerah Otonomi Baru ( DOB ), Jumat 29 Juli 2022.

Sebelumnya, KPK menetapkan Ricky Ham Pagawak sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifkasi terkait proyek di Pemerintahan Kabupaten Mamberamo Tengah.

Namun, ketika hendak dijemput paksa penyidik KPK dan polisi, Ricky Ham Pagawak diduga melarikan diri ke negara Papua Nugini. KPK kemudian menerbitkan surat daftar pencarian orang ( DPO ) atas nama Ricky Ham Pagawak.

Aksi menolak DOB berlangsung di Kobakma, Kecamatan Mamberamo Tengah, Kabupaten Mamberamo Tengah. Saat menerima peserta aksi, Ricky Ham Pagawak menyatakan menolak pembentukan DOB.

Video Ricky Ham Pagawak menerima peserta aksi diunggah oleh akung Rimbah Hutan 61, media Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat - Organisasi Papua Merdeka ( TPNPB-OPM ).

"Sebagai bupati, sudah beberapa tahun lalu pernyataan jelas bahwa menolak namanya pemekaran provinsi. Saya mendukung pernyataan rakyat," kata Ricky Ham Pagawak.

"Saya diangkat oleh rakyat. Kalau rakyat mau, saya juga mau yang rakyat mau. Jangan pemimpin mau lain, rakyat mau lain," tambahnya.

Dia menegaskan bahwa tidak punya napsu pribadi di balik pembentukan DOB.

"Kau punya napsu pribadi. Karena bupati sudah dua periode, mau habis jabatan jadi cari yang lain, mau jadi gubernur. Kalau saya tidak," tegasnya.

Ricky Ham Pagawak menyatakan bahwa selalu ada bersama-sama rakyat.

"Sebagai kepala daerah, demo untuk menolak DOB kami terima. Tapi kalau demo untuk menerima (DOB) tidak boleh. Apalagi bawa orang pusat ke sini," katanya.

Menurutnya, aspirasi rakyat menolak DOB akan disampaikan ke DPRD Memberamo Tengah untuk selanjutnya disidangkan dan diteruskan ke pemerintah pusat. "Kalau perlu DPRD bentuk pansus."

Dia kembali menegaskan bahwa tidak ada aktivitas elemen warga termasuk partai politik yang mendukung DOB.  "Saya minta tegas, tidak boleh ada aktivitas partai poltik, tidak bicara menerima DOB," ujarnya.

Dugaan Kasus Suap

Presenter televisi swasta Brigita Purnawati Manohara kembali dijadwalkan menjalani pemeriksaan terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi yang menjerat Bupati Mamberamo Tengah Papua Ricky Ham Pagawak.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan Brigita dipanggil untuk diperiksa penyidik dalam kapasitasnya sebagai saksi hari ini.

"Hari ini bertempat di gedung Merah Putih KPK, tim penyidik juga kembali menjadwalkan pemanggilan terhadap saksi," kata Ali Fikri dalam pesan tertulisnya kepada wartawan, Jumat 29 Juli 2022.

Diketahui, Brigita sebelumnya juga telah menjalani pemeriksaan pada 25 Juni. Dalam pemeriksaan tersebut Brigita mengaku dicecar sejumlah pertanyaan terkait Ricky Ham Pagawak dan tiga tersangka lainnya. Brigita juga mengaku menerima sejumlah uang dan hadiah oleh Ricky.

Menurutnya, uang tersebut merupakan bentuk apresiasi terhadap profesinya sebagai wartawan dan konsultan komunikasi bagi Ricky.

Brigita kemudian mengembalikan uang sebanyak Rp 480 juta yang ia terima dari Ricky pada 26 Juli kemarin. Uang itu ia serahkan melalui rekening penerimaan KPK. (*)

 https://kupang.tribunnews.com/2022/07/30/buronan-kpk-bupati-mamberamo-tengah-muncul-saat-aksi-demo-tolak-dob-papua?page=all.
Penulis: Alfons Nedabang | Editor: Alfons Nedabang



Kenapa nggak tangkap sama Polda setempat kalau muncul di orasi warga?  Takut dikeroyok masyarakat dan kalau dibalas sama polisi dituding pelanggaran HAM??
nurade247
gabener.edan
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.7K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.