Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

skiesmanAvatar border
TS
skiesman
Ma'ruf Amin Minta MUI Arahkan Umat Pilih Capres yang Afdal di 2024
Ma'ruf Amin Minta MUI Arahkan Umat Pilih Capres yang Afdal di 2024

Ma'ruf Amin respons MUI soal capres 2024. (Dok. Istimewa (Setwapres RI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) ikut turun tangan untuk membimbing umat memilih calon presiden (capres) yang afdal atau yang terbaik di Pilpres 2024.

Menurut Ma'ruf, hal itu merupakan amanat dari ajaran Nabi Muhammad SAW. Seorang pemimpin, menurut dia, harus memiliki kapasitas, integritas, dan akhlak mulia.

"Karena itu, kita mengharapkan semua supaya memilih yang afdal, jangan yang tidak afdal. Memilih yang alyaq, yang ashlah, ya tentu yang mempunyai kapasitas, kapabilitas, integritas, akhlak yang mulia. Supaya yang dipilih yang terbaik daripada calon yang ada," kata dia saat berpidato di Milad MUI ke-47 di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (26/7).

"Itu saya kira Majelis Ulama Indonesia mengarahkan kepada umat seperti itu. Bukan berdasarkan suka atau tidak suka, tapi Al-Afdhal, Al-Ashlah dan Al-Alyaq, yang terbaik. Itu barangkali tugas Majelis Ulama Indonesia dalam mengarahkan umat ke sana. Bukan mengarahkan pilih A atau B, ini dan itu," imbuhnya.

Meski demikian, pernyataan itu disampaikan Ma'ruf bukan untuk meminta MUI terlibat dalam urusan pencalonan presiden atau wakil presiden. Sebab, urusan pencalonan merupakan keputusan partai politik atau gabungan partai yang telah memenuhi syarat ambang batas 20 persen suara parlemen.

Sebagai mitra pemerintah, Ma'ruf menyebut MUI bertugas untuk menjaga keutuhan Bangsa. Termasuk saat masyarakat menghadapi ajang Pemilu 2024 mendatang.

Ia pun berharap Pemilu 2024 tak sampai memicu konflik di antara umat Islam. Menurutnya, masyarakat harus saling menghormati meskipun berbeda-beda pilihan dalam pilpres.

"Prinsip yang kita lakukan Lakum capresikum' (bagimu capresmu), walana capresuna (bagi kami capres kami). Capres ente, capres ente, capres saya, capres saya. Tak perlu jadi benturan," kata dia.

Selain itu, Ma'ruf juga meminta agar peran MUI sebagai pelayan umat terus dilakukan. Terutama dalam menjaga umat dari akidah-akidah dan pikiran yang menyimpang.

"Dari cara berfikir tak moderat. Juga jangan sampai umat konsumsi sesuatu tak halal. Minum tak halal. Dan bermuamalah yang tak sesuai syariah. Ini harus dijaga umatnya," katanya.

Sebelumnya, Ma'ruf meminta agar MUI tak perlu ribut-ribut urusan capres dan cawapres yang akan maju di Pilpres 2024 mendatang.

"MUI tak terlibat dalam menentukan calon presiden dan calon wakil presiden. Dan yang menentukan partai politik atau gabungan parpol. Jadi kita tak perlu ribut-ribut urusan Capres. Itu nanti parpol dan gabungan parpol," kata Ma'ruf.

Meski demikian, Ma'ruf mengatakan MUI punya peran penting mengarahkan umat supaya memilih Capres yang terbaik. Baginya, hal demikian sudah diamanatkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk mengangkat pemimpin yang lebih layak dan pantas.

SUMUR

calon afdal itu yg gimana ? keturunan yaman ? emoticon-Ngakak
valkyr9
valkyr9 memberi reputasi
1
1.2K
32
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.