• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Banyak Penipuan dengan Modus Pengobatan Ghaib, Waspada Praktik Perdukunan Palsu

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Banyak Penipuan dengan Modus Pengobatan Ghaib, Waspada Praktik Perdukunan Palsu
Masih percaya dukun dengan modus pengobatan cara-cara ghaib?
Waspada, bisa jadi hanya penipuan


Dukun, jika dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti sebagai orang yang mengobati atau menolong orang sakit dengan menggunakan jampi-jampi, mantra, atau guna-guna dengan ritual tertentu.

Bukan hanya itu, dukun juga sering dianggap atau diartikan sebagai sosok orang pintar tempat masyarakat khususnya di daerah pedesaan meminta bantuan dan solusi atas masalah yang sedang dihadapi, seperti sulitnya mencari rezeki, susah mendapatkan jodoh, mencari tahu keberadaan seseorang, atau bahkan mencari tahu letak suatu barang yang hilang atau dicuri orang.

Istilah atau sebutan untuk dukun atau orang pintar sendiri sebenarnya telah ada sejak zaman dulu GanSis, dimana keberadaan dokter masih sangat jarang dan teknologi juga belum secanggih saat ini.

Namun ternyata praktik dukun yang dulu dipercaya dapat membantu masyarakat kecil yang tidak mampu untuk pergi berobat ke dokter, sekarang diduga dijadikan sebagai modus penipuan oleh dukun palsu.

Banyaknya masyarakat yang masih percaya dengan klenik seperti penyakit kiriman, santet, guna-guna, sihir, dan yang lainnya, dimanfaatkan oleh oknum-oknum orang pintar atau dukun untuk mencari uang.

Mirisnya bukan hanya uang yang dicari GanSis, beberapa kasus yang sempat terungkap juga ada kasus dukun yang berlaku cabul pada pasiennya. Itulah mengapa praktik dukun sebagai modus kejahatan ini harus diwaspadai, pastinya agar tidak banyak korban yang berjatuhan karena terlalu percaya dengan praktik perdukunan.




Adapun bentuk pencegahan dari adanya praktik perdukunan sebagai modus kejahatan ini hanya terletak pada kewaspadaan masing-masing orang GanSis.

Tidak mudah percaya dengan hal-hal yang berbau klenik dan mengutamakan pengobatan-pengobatan medis yang memang memiliki dasar ilmu, harus terus ditingkatkan agar tidak mudah tertipu dengan adanya penipuan bermodus praktik perdukunan.

Selain itu jika memang Agan Sista masih percaya terhadap pengobatan dengan menggunakan dukun atau orang pintar, maka GanSis juga harus pintar. Maksud dari pintar disini yaitu dengan tidak mengikuti atau menuruti perintah atau arahan yang sekiranya nyeleneh atau tidak masuk akal seperti harus ritual mandi telanjang dengan disaksikan si dukun, berhubungan badan yang katanya sebagai cara pengobatan, atau menumbalkan sesuatu agar bisa sembuh.

Ketika ritual-ritual yang diminta oleh si dukun terdengar nyeleneh atau aneh, tentu Agan Sista harus menaruh kecurigaan lebih dan kalian berhak untuk menolaknya.

Kewaspadaan ini perlu untuk selalu Agan Sista miliki agar kalian terhindar dari penipuan bermodus praktik perdukunan.




Dari banyaknya kasus-kasus penipuan bermodus praktik perdukunan ini seharusnya sudah dapat dijadikan sebagai pembelajaran bagi kita semua GanSis.

Dunia medis saat ini sudah sangat canggih, bahkan untuk jenis penyakit berat dan berbahaya pun sudah dapat disembuhkan. Jadi tidak ada lagi alasan ada penyakit yang tidak terlihat atau gangguan ghaib sebagaimana zaman dulu yang masih keterbatasan tekhnologi dalam dunia kesehatan.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
Diubah oleh masnukho 28-07-2022 00:19
nite.hime
smersh64
Nikita41
Nikita41 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
10.9K
194
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.