Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Dikit² Healing.. Gara-Gara Ini Nih Penyebabnya?!


Kehebohan disetiap akhir pekan bukan hanya dilakukan oleh keluarga yang ingin rehat sejenak dari rutinitas pekerjaan dan kehidupan diluar kemauannya, maka perlu liburan melemaskan fikiran, otak yang tegang dan peregangan tubuh sesaat.

Trend liburan kini bertambah istilah healing bagi remaja, meski caranya bermacam-macam tujuan utamanya sama saja; melepaskan beban hidup yang dianggapnya berat, padahal belum tentu. Kenapa remaja sekarang terlihat mudah menyerah dan maunya instan?

Menurut saya kemungkin disebabkan oleh beberapa hal seperti dibawah ini.

PERTAMA
Ketergantungan pada media sosial. Media sosial dianggap kehidupan sesungguhnya, padahal disana banyak juga kepalsuan dan kebohongan yanh dipoles jadi indah dan menyenangkan. Saking seringnya menghabiskan waktu untuk bermedia sosial, banyak dari mereka yang sudah kecanduan media sosial.

Dampak negatif ketergantungan pada media sosial sulit seseorang jadi sulit berkembang. Hei, kita punya kehidupan yang nyata, real life! Tergantung pada media sosial akan membuat seseorang jadi menurun produktivitasnya, jadi malas berolahraga-bergerak, dan kepercayaan dalam lingkungan.

KEDUA



Media sosial dianggap lehidupan yang sesungguhnya, akhirnya terlalu banyak mimpi dan berharap. Ketika itu tidak jadi kenyataan atau ada seseorang yang membuatnya sedih, marah, tersinggung jadi mudah baperan secara berlebihan.

Akibatnya didunia nyata kamu jadi sulit kosentrasi, depresi, stress, sulit mengambil keputusan, susah tidur, kesepian, susah move on, gejala gangguan fisik dan mental adalah diantara efek negatifnya.

KETIGA
Salah pilih pergaulan bisa juga didapat di media sosial, bahkan lebuh rentan lagi karena siapapun disana bisa jadi anonim. Niatnya mencari informasi dan ingin dibilang up to date dengan memfollow seseorang atau influencer idola malah terjebak salah gaul.

Akun-akun mereka bisa saja merubah kepribadianmu, cara bersikapmu, cara berfikirmu, caramu mengambil keputusan, caramu bergaul, itu rentan sekali terjadi. Moral dan amoral menjadi abu-abu, malah beribadah, cuek dengan orangtua adalah diantara contoh kalau kamu mulai terkena gejala ini, berita hoax.

Waspadalah dalam memilih pergaulan, tanyakan kepada orangtua, guru, atau orang ahli/pengalaman dibidangnya untuk memilih media sosial yang tepat sesuai umurmu yang membentuk kepribadianmu dan bermanfaat untuk masa depan.


KEEMPAT

Konten Sensitif


Minat baca remaja sekarang memang tinggi namun sayang lebih banyak informasi yang kurang kredible seperti pada buku-buku yang kaya informasi dan edukasi. Seperti kita tahu minat baca termasuk remaja sekarang mulai malas membaca buku, miris padahal buku jendela dunia yang harus tetap dipertahankan.

Mencari informasi diinternet tetap dianjurkan namun sebaiknya untuk melengkapi informasi terkini agar literasi kita semakin kaya dan mampu menimbulkan kepercayaan dan memecahkan masalah sendiri dengan ilmu yang kita serap dari buku dan internet.


KELIMA
Kesalahan pergaulan dan menerima informasi begitu saja dari internet seseorang jadi mudah tersugesti dan berfikiran pendek. Mengaku benar padahal salah, pelaku merasa jadi korban agar lepas dari tanggung jawabnya ini bisa dan sering terjadi.

Jika secara hukum dan agama melakukan kesalahan maka jadilah seorang ksatria untuk mengakui kesalahan. Tidak perlu malu mengakui kesalahan karena dari kesalahan kita jadi belajar, menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih dewasa.


KEENAM



Karena terlalu fokus pada media sosial, kurang komunikasi dengan orangtua atau ahlinya dikehidupan nyata maka sering lupa dengan umur dan tujuan hidupnya. Tersadar kalau usianya tidak lagi muda dan bingung dengan tujuan hidupnya.

Tidak ada kata terlambat untuk melakukan yang terbaik, mewujudkan cita-cita, membanggakan orangtua dan mempersiapkan masadepan bisa dilakukan mulai sekarang. Bergaul di media sosial boleh saja tapi tetap harus bisa membagi waktu dengan kehidupan nyata yang akan kamu hadapi sesungguhnya.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

perihmaz
1punchman
Soekarti
Soekarti dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.