Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lowbrowAvatar border
TS
lowbrow
Surya Darmadi, Orang Terkaya ke 28 di Indonesia Kini Berstatus DPO
Surya Darmadi, Orang Terkaya ke 28 di Indonesia Kini Berstatus DPO

Surya Darmadi alias Apeng, merupakan orang terkaya ke 28 di Indonesia, menurut Majalah Forbes. Nilai kekayaannya ditaksir mencapai Rp 20,73 triliun.

Apeng merupakan pemilik PT Darmex Group (afiliasi Duta Palma Group), korporasi terbesar bidang perkebunan dan pengolahan kelapa sawit. Ia mendirikan pabrik dan penyulingan dengan perkebunan di kawasan Riau dan Kalimantan. Tak tanggung-tanggung, ia memiliki delapan pabrik yang tersebar di Pekanbaru, Jambi, dan Kalimantan.

Kasus yang melibatkan Apeng dimulai sejak 2014 lalu. Ia diduga menyuap Annas Maamun, Gubernur Riau saat itu, untuk mengubah lokasi perkebunan milik PT Duta Palma menjadi bukan kawasan hutan.

Perusahaan ini menggunakan lahan seluas 37.095 hektar tanpa hak karena tidak memiliki dokumen resmi dari negara. Proses perijinan yang diajukan PT Duta Palma Group baru berjalan sebagian, tetapi perusahaan sudah memanfaatkan lahan tersebut menjadi perkebunan kelapa sawit.

Surya Darmadi kemudian ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi terkait ‎pengajuan revisi alih fungsi hutan di Provinsi Riau Tahun 2014. Ia ditetapkan sebagai tersangka bersama-sama dengan Legal Manager PT Duta Palma Group, Suheri Terta.

Surya Darmadi masuk ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) pada 9 Agustus 2019. Hingga kini, belum ada kabar soal keberadaan Surya Darmadi.

Pada Bulan Juni 2022 lalu, Kejaksaan Agung menyatakan tanah yang digarap PT Duta Palma Group di Kabupaten Indragiri Hulu untuk perkebunan kelapa sawit merupakan lahan milik negara. Dan telah menaikkan kasus ini ke tahap penyidikan.

Direktur Penyidikan Jampidsus Kejaksaan Agung, Supardi, mengungkapkan, Surya Darmadi sempat dikabarkan telah berganti kewarganegaraan agar tidak terjerat hukum. Namun setelah dicek, statusnya masih Warga Negara Indonesia (WNI).

Ia mengatakan, pihaknya telah memperoleh informasi berdasarkan data transaksi. Tetapi, timnya belum mengantongi dokumen yang menguatkan informasi tersebut.

"Ada informasi dari transaksi. Tapi dokumennya kita belum ada," kata Supardi, beberapa waktu lalu.

Diduga, Surya Darmadi saat ini sedang berada di Singapura. Meski berada di luar negeri, tim penyidik tetap akan berupaya menghadirkan Bos Duta Palma ini terkait keterlibatannya dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi dan penguasaan lahan secara ilegal. (*)


https://bukamatanews.id/read/2022/07...-berstatus-dpo
falin182
fart.angelz
fart.angelz dan falin182 memberi reputasi
0
2K
38
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.