Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Branding Tersembunyi di Kafe IKEA, bandingkan dengan Kafe Indomie di Luar Negeri

KokonataAvatar border
TS
Kokonata
Branding Tersembunyi di Kafe IKEA, bandingkan dengan Kafe Indomie di Luar Negeri

Agan dan Sista pernah ke IKEA dan mampir ke kantin atau restorannya? Berbeda dengan gerai perabot dan perlengkapan rumah lainnya, IKEA sangat serius menata kantin dan restorannya. Selain itu ada brandingtersembunyi dalam interior bahkan sajian menunya.
 
Branding Tersembunyi
 
IKEA menggarap kantin dan restorannya menjadi tempat yang nyaman bagi keluarga untuk santap bersama atau sekadar ngemil. Bagus buat foto-foto juga. Selain itu ada yang ciri khas dalam interior bahkan nama kantin dan restorannya.
 
Ada branding negara asal IKEA. Lihat saja namanya. "Swedish Cafe" dan "Swedish Retaurant". Swedia merupakan negara asal IKEA. Seolah ingin berterima kasih pada ibu pertiwinya, IKEA menyematkan nama Swedia di nama kantin dan restorannya.
 

Perhatikan pula penyajian makanan di sana. Ada bendera Swedia berkibar di atas makanan. Saat akan bersantap, tanpa sadar kita akan menyimpan bendera Swedia tersebut dalam ingatan kita. Pengalaman yang positif di IKEA akan membuat kenangan yang baik pula tentang Swedia, meskipun kita tidak begitu mengenal negara itu. Namun apabila disebut Swedia, kesan positifnya yang akan kita berikan.
 


Terkesan sepela, namun brand IKEA sedang melakukan usaha bela negara dengan cara yang kreatif. IKEA bukan kacang yang lupa dengan kulitnya. Di mana saja IKEA berada, Swedia akan selalu berkibar.
 
Bandingkan dengan Indomie, Brand Global Asli Indonesia
 
Indonesia juga memiliki brandbesar yang sudah mendunia. Indofood punya Indomie yang sudah mendapat pengakuan rasa dan kelezatannya. Ada Kopiko, Energen, Malkist dan lainnya milik Mayora. Grup Kalbe punya Deabetasol, Extra Joss, dll. Apakah brand tersebut sudah mengharumkan nama Indonesia juga?
 
Ada satu kafe di Nigeria yang bernama Indomie Café. GanSis mungkin sudah tahu, Nigeria merupakan pangsa pasar Indomie nomor satu di luar negeri. Saking populernya, Indomie menjadi hadiah bagi anak-anak yang mau melakukan imunisasi.
 

Berdasarkan foto-foto di akun Instagram @indomiecafe. Kita dapat melihat interior kafe dan menunya. Beberapa video di Youtube juga menyajikan ulasan kafe Indomie tersebut. Sayangnya belum terlihat nama Indonesia atau bendera merah putih di kafe Indomie.
 

Interior, perabotan, dan seragam memang bernuansa merah. Namun alasannya mungkin sama dengan Mc Donald dan Burger King yang menggunakan dominasi warna merah karena dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan.
 
Mudah-mudahan brand Indonesia dapat lebih percaya diri menyematkan identitas Indonesia dalam produknya seperti IKEA. Sebab kalau bukan anak bangsa yang melakukannya siapa lagi?



Sumber 1234
Diubah oleh Kokonata 23-07-2022 16:30
black.03
Swararuri
meooong
meooong dan 9 lainnya memberi reputasi
10
5.7K
53
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.