artikelsehatAvatar border
TS
artikelsehat
Berhubungan Badan Saat PMS dan Menstruasi, Bolehkah?
Banyak orang bertanya-tanya, apakah berhubungan badan saat PMS dan menstruasi itu dibolehkan?
PMS dan menstruasi merupakan dua momen penting dalam siklus menstruasi perempuan. PMS terjadi beberapa hari sebelum menstruasi. Bagi banyak orang, PMS memengaruhi hubungan intim.

Kalau kamu penasaran apakah ada efekberhubungan badan saat PMS dan menstruasi, cari tahu jawabannya di bawah yuk!

Mengenal PMS

PMS merupakan kependekan dari premenstrual syndrome. PMS adalah gejala yang dialami wanita menjelang hari menstruasinya. PMS terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh.

Ketika mengalami PMS, biasanya perempuan akan mengalami rasa sakit di bagian perut dan sakit kepala. Selain itu, PMS juga menyebabkan perubahan mood. Perempuan bisa merasa sedih atau khawatir di suatu waktu, tetapi bisa kembali bahagia tepat setelahnya.

PMS juga bisa menyebabkan perubahan nafsu seks. Biasanya, perempuan yang sedang PMS justru tidak semangat dalam melakukan hubungan seksual.

Bolehkah Berhubungan Badan Saat PMS

Tadi, kamu sudah mengenal apa itu PMS. Maka, sudah saatnya kamu mengetahui apakah berhubungan badan saat PMSitu diizinkan atau tidak. Sebenarnya, berhubungan intim saat PMS itu tidak dilarang. Namun, biasanya perempuan mengalami perubahan mood untuk berhubungan intim. Banyak perempuan yang tidak memiliki hasrat untuk berhubungan seksual ketika PMS.

Ini terjadi karena perubahan hormon. Selain itu, rasa sakit yang dialami perempuan ketika PMS juga memengaruhi keinginan untuk melakukan hubungan seksual.Jika perempuan tetap berhubungan seksual ketika PMS, ada kemungkinan seks yang dialami akan menyakitkan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kelembaban pada vagina sebelum menstruasi terjadi.

Namun, pengalaman berhubungan badan ketika PMS pun berbeda-beda untuk setiap perempuan. Ada perempuan yang merasa tidak mood atau kesakitan, namun ada pula yang merasa hasrat berhubungan badannya masih sama seperti waktu lainnya.

Di sisi lain, rasa sakit ketika PMS juga ternyata bisa diredakan dengan berhubungan seksual. Penyebabnya adalah orgasme yang terjadi ketika berhubungan badan bisa mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini mampu menurunkan rasa sakit. Karena itulah, terkait apakah perempuan boleh berhubungan badan ketika PMS, itu kembali lagi kepada setiap perempuan. Jika kamu tetap ingin intim dengan pasangan di saat PMS, kamu bisa melakukan foreplay terlebih dahulu dan menggunakan pelumas.

Bolehkah Berhubungan Badan Saat Menstruasi?

Sekarang, kamu sudah tahu bahwa berhubungan badan saat PMSitu dibolehkan. Lantas, apakah berhubungan badan saat menstruasi juga dibolehkan?

Mengingat menstruasi datang beberapa hari setelah PMS, kamu mungkin jadi penasaran. Berhubungan badan ketika menstruasi berbeda-beda untuk setiap orang. Banyak perempuan yang melakukannya karena menganggap menstruasi bisa menambah tantangan ketika berhubungan. Ini karena ketika menstruasi, vagina berlumur darah menstruasi yang mungkin membuat hubungan seksual lebih sulit.

Selain itu, organ intim perempuan juga merasa lebih sensitif ketika haid. Akibatnya, perempuan pun akan merasa lebih bergairah.Tak hanya itu, banyak perempuan yang memilih untuk berhubungan seksual ketika menstruasi karena hubungan seksual saat haid bisa meredakan rasa sakit menstruasi dan sakit kepala.

Namun, banyak orang memilih untuk tidak melakukan hubungan badan ketika menstruasi. Penyebabnya pun beragam. Ada yang melihat hubungan seksual ketika menstruasi sebagai ketidaknyamanan, ada pula yang memilih untuk tidak melakukan hubungan seksual ketika menstruasi karena alasan agama.

Mitos Berhubungan Badan Saat Menstruasi

Beberapa perempuan memilih untuk berhubungan badan ketika menstruasi karena menganggap hubungan badan yang dilakukan tidak akan menyebabkan kehamilan.

Padahal, hal tersebut salah besar. Berhubungan badan saat menstruasi juga bisa menyebabkan kehamilan.Selain mewaspadai risiko kehamilan, kamu juga perlu waspada terhadap risiko Penyakit Menular Seksual. Penyakit ini bisa dialami jika kamu melakukan hubungan seksual tanpa proteksi.

Demikian pembahasan tentang berhubungan badan saat PMSdan menstruasi. Kini, kamu sudah mengetahui jawaban atas pertanyaan apakah berhubungan badan ketika PMS dan haid dibolehkan. Apapun pilihanmu, jangan lupa untuk melakukan hubungan badan dengan bijak!




cheria021
nite.hime
nite.hime dan cheria021 memberi reputasi
2
3.3K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Women’s Health
Women’s HealthKASKUS Official
1.4KThread4.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.