cangkeman.netAvatar border
TS
cangkeman.net
Alasan Kenapa Saya Ogah Latihan Nyetir Mobil


Cangkeman.net - Di zaman seperti sekarang, masyarakat kita agaknya punya pandangan bahwa nyetir mobil merupakan skill yang wajib dikuasai. Wabil khusus buat kalian, kaum lelaki yang sehat walafiat dan berada di usia lebih dari cukup untuk bikin SIM A (17 tahun ke atas).

Alasan lelaki harus bisa nyetir mobil ini enggak cuma soal gengsi, atau biar bisa melancong ke sana kemari pamer tunggangan roda empat. Tapi juga biar enggak malu-maluin. Ya setidaknya bisa nyopirin orang tua lah. Malu juga kan kalau tiap ada acara keluarga harus disetirin orang tua yang sudah berumur. Sementara kamu yang sudah kepala dua (atau lebih) cuma duduk berpangku tangan di kursi penumpang.

Sesangar-sangarnya penampakan seorang lelaki dewasa - mau gondrong, brewokan, kekar, atau bertato - kalau enggak bisa nyetir mobil dan ke mana-mana masih disetirin orang tua, jangan harap kamu akan punya wibawa. Jadi jangan kaget kalau semisal ada omongan dari kanan kiri depan belakang, "Ih, udah gede masa masih disetirin bapaknya."

Alasan lainnya adalah biar kalian bisa nyetirin cewek. Pengalaman pribadi saya sebagai lelaki, berasa super duper minder saat ke mana-mana disetirin cewek. Jiwa maskulin saya meronta-ronta. Apalagi melihat ekspresi kang parkir yang terkesima saat menyaksikan seorang cewek duduk gagah di bangku sopir, sementara pemuda dewasa di sebelahnya berusaha tetap cool walau nyatanya justru terlihat plonga-plongo.

Dua alasan di atas seharusnya sudah cukup membuat seorang lelaki punya motivasi untuk segera belajar nyetir mobil. Tapi entah kenapa masih banyak pemuda yang belum kunjung punya niat atau kemauan untuk belajar nyetir. Termasuk saya.

Saya punya beberapa alasan kenapa saya ogah belajar nyetir. Yang jelas saya ogah-ogahan belajar nyetir mobil bukan karena sulit. Sebab alasan sulit itu kurang berbobot dan mudah dipatahkan. "Semua orang pasti bisa nyetir kok kalau mau latihan rutin. Masih punya tangan dan kaki kan?". Nah, kalau udah dibilang gitu mau gimana? Terus kalau beralasan belum punya sarana (mobil), ntar pasti di-counter, "Kan bisa pinjam teman atau saudara."

Namun, alasan saya tidak sesepele itu saudara-saudara. Alasan saya ogah bisa nyetir mobil itu karena:

1. Skill menyetir bukanlah survival skill yang wajib dikuasai
Enggak bisa nyetir mobil enggak akan bikin kamu meninggal. Sejauh ini, enggak ada satu pun panduan survival yang mensyaratkan kamu harus bisa nyetir mobil untuk bisa survive di berbagai situasi kehidupan. Sekedar info, kalau kamu mau browsing, di internet ada banyak jenis panduan yang mencantumkan daftar survival skills yang perlu dikuasai seseorang. Di antaranya adalah panduan survival skills di alam bebas, di perkotaan, serta di situasi unjuk rasa. Dan menyetir mobil tidak ada sama sekali dalam daftar tersebut.

Mungkin hal yang saya tuliskan ini bakal terlihat seperti pembenaran. Tapi saya menemukan fakta bahwa Soekarno, bapak bangsa kita, pun juga enggak bisa nyetir mobil. Seperti yang kita tahu, beliau bisa survive kok dalam berbagai situasi kehidupan. Bahkan, tidak main-main, beliau ini representasi nyata dari jiwa yang merdeka lho.

Apalagi sekarang kan eranya jasa transportasi online yang siap mengantar jemput kamu kemana saja, kapan saja. Ada sopirnya pula. Ngapain pula harus ribet-ribet belajar nyetir, iya gak?

2. Mengurangi polusi udara
Saya punya pendapat bahwa semakin sedikit orang yang bisa nyetir, maka bakal semakin laris pula kendaraan umum. Sebab akan semakin sedikit orang yang bisa mengendarai kendaraan pribadi. Dengan begitu akan terjadi efek domino. Kemacetan bisa berkurang, bahkan nihil, dan polusi udara tidak akan separah sekarang.

Pendapat ini hanya akan terpatahkan bila semua orang mampu membeli driverless car semacam Tesla. Tapi, kayaknya mustahil ya. Boro-boro beli Tesla, nyicil tagihan paylater aja udah mengkis-mengkis.

3. Ogah disuruh-suruh
Alasan terakhir dan mungkin alasan terjujur saya ogah belajar nyetir mobil sebenarnya adalah ogah disuruh-suruh. Seandainya kelak saya bisa atau jago nyetir mobil, dampaknya adalah sewaktu-waktu saya harus siap untuk disuruh-suruh jadi sopir. Males banget kan?

Coba bayangin deh, kamu udah susah-susah belajar sesuatu sampai jago, eh ternyata cuma buat disuruh-suruh nyopirin orang melulu. Kalau situasinya genting alias urgen sih enggak apa-apa. Tapi, kalau udah di-plot sebagai sopir tetap di setiap kesempatan, jujur saya ogah.

Jadi, kira-kira itulah beberapa alasan mengapa saya ogah bisa nyetir mobil. Alasan-alasan di atas juga bisa kalian pakai jika kalian merasa malas belajar nyetir mobil. Barangkali sewaktu-waktu ditanya, kalian udah siap menimpali.

Tapi sebelumnya kalian harus bersikap nrimo ing pandum terlebih dahulu dan selalu menyiapkan mental stoik. Karena jika kamu lelaki dewasa yang sehat walafiat dan cukup umur buat bikin SIM A, tapi enggak bisa nyetir, sewaktu-waktu pula pasti akan ada yang ngeledek, "Cih, katanya laki, kok gak bisa nyetir mobil?"


Tulisan ini ditulis oleh Chandra PA di Cangkeman pada tanggal 5 Juni 2022
jiresh
jiresh memberi reputasi
30
12.9K
351
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.