Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mamadthepunkAvatar border
TS
mamadthepunk
China Adidaya Baru Singkirkan AS, Eks PM Inggris: Dominasi Barat Segera Berakhir
China jadi Negara Adidaya Baru Singkirkan Amerika, Eks PM Inggris: Dominasi Barat Segera Berakhir

Kemitraan China dan Rusia mengancam Dominasi Barat yang dimotori Amerika Serikat ( AS ). Menurut Eks PM Inggris Tony Blair, China jadi Negara Adidaya Baru menyingkirkan Amerika Serikat. Bahkan, Tony Blair menyebut Dominasi Barat akan segera berakhir alias tamat.

Dikatakan Tony Blair, kekuatan Amerika Serikat dan Negara Barat ( Eropa ) tak sebanding dengan kuatnya China yang bermitra dengan Rusia.

Penilaian Tony Blair tersebut merujuk pada Invasi Rusia ke Ukraina.

Menurut Tony Blai, saat Rusia melakukan Invasi ke Ukraina, Amerika dan Eropa ( Negara Barat ) Tak berdaya atau tak berkuasa

Seperti dilaporkan Aljazeera, Blair menjelaskan, Perang Rusia Ukraina menunjukkan bahwa dominasi Barat akan segera berakhir ketika China naik ke status negara adidaya dalam kemitraan dengan Rusia.

Munculnya China sebagai Negara Adidaya Baru menjadi satu di antara perubahan paling signifikan dalam berabad-abad, kata Blair.

Dunia, kata Blair, berada pada titik balik dalam sejarah yang sebanding dengan akhir Perang Dunia II atau runtuhnya Uni Soviet: tetapi kali ini Barat jelas tidak berkuasa.

“Kita akan mengakhiri dominasi politik dan ekonomi Barat,” kata Blair dalam kuliah berjudul Setelah Ukraina, Pelajaran Apa Sekarang untuk Kepemimpinan Barat?, menurut teks pidato di forum yang mendukung aliansi antara Amerika Serikat dan Eropa di Ditchley Park di sebelah barat London.

"Dunia setidaknya akan menjadi bipolar dan mungkin multipolar. Perubahan geopolitik terbesar abad ini akan datang dari China, bukan Rusia," kata Blair.

https://kupang.tribunnews.com/amp/20...egera-berakhir
bang.toyip
bang.toyip memberi reputasi
2
1.4K
31
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar Negeri
KASKUS Official
80.1KThread13.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.