• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Unik Banget! Inilah 6 Makhluk Mitologi Berwujud Ular dari Berbagai Negara

serbaserbi.comAvatar border
TS
serbaserbi.com
Unik Banget! Inilah 6 Makhluk Mitologi Berwujud Ular dari Berbagai Negara
Hai semua!

emoticon-Hai

Selamat datang di thread serbaserbi.com

Selamat malam.

Pembahasan tentang makhluk mitologi dunia memang selalu menarik perhatian. Selain kita kenal dengan makhluk-makhluk sakral yang unik, tahu tentang ceritanya pun rupanya dapat memberikan kesan seru tersendiri. Bahwa dunia memang sangat kaya dengan warisan-warisan tak benda, salah satunya tentang kisah-kisah mitologi yang tak lekang oleh masa.

So, kali ini aku mau mengulas tentang makhluk-makhluk mitologi di dunia yang berwujud ular atau manusia setengah ular. Jika kamu tertarik, simaklah thread ini sampai akhir!

1. Takshaka, India


Sumber

Sebagai negara Hindu yang mengenal banyak dewa, India memang terkenal dengan makhluk mitologinya yang beragam. Ada Asura, Bakashura, Raksa, juga Takshaka. Menurut mitologi India, Takshaka adalah sosok raja ular yang sangat menyeramkan.

Diceritakan bahwa Takshaka memiliki dendam kepada Arjuna, sebab sang Pandawa sudah membakar hutan Khandav, rumah Takshaka dan menyebabkan istri si Raja Ular tewas terbakar. Walaupun pembakaran hutan itu dilaksanakan atas perintah Dewa Agni, Takshaka beserta putranya tetap tidak terima dan memutuskan untuk balas dendam. Dendam itu kemudian terwujud dengan dibunuhnya Raja Parikesit, cucu Arjuna, oleh Takshaka sendiri.

Akibat pembunuhan itu, terjadilah permusuhan sengit antara Takshaka beserta klannya dengan Raja Janamejaya, putra Parikesit. Sang raja marah karena Takshaka sudah membunuh sang ayah. Akibatnya, ia pun memutuskan untuk mengusir klan ular dari Dinasti Kuru serta membantainya agar musnah. Takshaka sempat kewalahan sehingga ia berlindung ke tanah para dewa dan memohon perlindungan Dewa Indra. Namun akhirnya permusuhan itu berakhir damai berkat usaha Astika yang mencoba memberi pengertian kepada Raja Janamejaya. Akhirnya, Takshaka serta klannya yang tersisa diizinkan kembali ke Dinasti Kuru dan hidup dengan damai.

2. Nehebukau, Mesir Kuno

Konten Sensitif

Sumber

Orang Mesir Kuno juga percaya kepada banyak dewa. Salah satunya adalah Nehebukau, sosok dewa ular purba yang sering muncul dalam kisah mitologi mesir kuno. Ayahnya adalah Geb, si Dewa Bumi dan ibunya Renetutet si Dewi Panen. Ia kemudian menjadi pendamping Re, Dewa Matahari, yang juga bertugas di alam baka untuk mengadili ruh manusia serta memberi makan ruh dewa-dewa yang sudah mati di nirwana. Mungkin karena berkaitan dengan banyak dewa, makanya Nehebukau digambarkan sebagai dewa ular yang sangat kuat. Ia gak terbakar oleh api, tak basah oleh air, dan kebal dari sihir. Kadang kala ia juga muncul ke bumi untuk mengobati orang-orang yang tersengat kalajengking.

Baca juga: Serem Gan! Inilah Makhluk Mitologi dari Jepang

3. Yamata-no-Orochi, Jepang


Sumber

Yamata no Orochi adalah sosok monster ular menyeramkan dari Jepang. Konon katanya, ia memiliki delapan kepala dan ekor dengan tubuh yang sangat besar. Ia bisa melingkupi delapan lembah di Jepang, sampai-sampai pohon dan lumut tumbuh di tubuhnya.

Yamata no Orochi juga memakan gadis-gadis muda. Ia biasa menyantap 1 gadis muda tiap tahun, di mana gadis-gadis tersebut rupanya 8 bersaudara. Suatu malam, ketika Yamata no Orochi ingin memakan gadis yang terakhir, Dewa Susa-no-O datang untuk membunuhnya. Sang Dewa memancing Yamata no Orochi dengan 8 toples sake yang langsung diminum oleh si monster. Tak lama setelah itu, ia langsung mabuk. Saat itulah Dewa Susa-no-O membunuh Yamata-no-Orochi.

Setelah tewas, dari tubuh Yamata-no-Orochi muncul sebuah pedang yang langsung diambil oleh Dewa Susa-no-O. Pedang ini kemudian dikenal sebagai Kusanagi-no-Tsurugi, salah satu dari tiga harta suci Kekaisaran Jepang.

Baca juga: Selain Badarawuhi, Inilah Siluman Ular Lain di Indonesia

4. Fuxi dan Nuwa



Fuxi dan Nuwa adalah sepasang dewa kakak beradik (menurut sumber lain mereka suami istri) berbadan setengah ular. Menurut mitologi Tiongkok, hanya merekalah yang selamat dari bencana banjir besar yang melanda dunia kala itu. Para dewa pun menugaskan mereka untuk mengisi kembali manusia, sehingga mereka disebut sebagai leluhur manusia. Konon katanya, Nuwa menciptakan manusia dari tanah liat. Ada yang diciptakan satu-satu dengan tangan sendiri yang kemudian menjadi keturunan bangsawan. Ada pula yang diciptakan dengan cara mencelupkan tali ke dalam tanah liat lalu dikibaskan, yang kemudian menjadi rakyat biasa. Berikutnya Fuxi mengajarkan manusia cara membuat jala, menangkap ikan, dan berternak.

5. Ekhidna, Yunani


Sumber

Ekhidna adalah ibunya para monster menurut mitologi Yunani. Sarangnya adalah sebuah gua yang disebut Arima. Di sanalah ia bersama suaminya, Tifon, melanjutkan keturunan yang melahirkan monster-monster mengerikan. Namun akhirnya Tifon dikurung di kaki Gunung Etna oleh Zeus karena mereka menyerang para dewa Olimpus. Sedangkan Ekhidna beserta anak-anaknya dibiarkan bebas sebagai musuh sekaligus tantangan para dewa. Hingga kemudian Ekhidna tewas dibunuh oleh Argus Panoptes, raksasa bermata seratus.

6. Damballa, Afrika


Sumber

Damballa adalah dewa berwujud ular menurut mitologi Afrika, khususnya oleh orang-orang Haiti. Ia disebutkan sebagai Dewa Langit pencipta alam semesta, bumi serta galaksi. Damballa pun disebut-sebut sebagai dewa yang baik hati dan menciptakan kedamaian di setiap tempat yang dilaluinya. Saking suci dan dihormatinya sosok Damballa, ketika ada orang yang kesurupan ruh Damballa waktu melakukan ritual, maka orang tersebut segera dibaringkan di atas kain putih dan dibiarkan menggeliat-geliat seperti ular di atas kain tersebut. Ia sama sekali gak boleh menyentuh tanah.

ā€¢ā€¢ā€¢

Nah, gimana tuh, Gansis? Makhluk mana yang paling menarik atensi kamu? Atau kamu tahu makhluk mitologi ular lainnya? Coba kasih tahu aku di kolom komentar.

Terima kasih sudah mampir.

Sumber: 1, 2, 3, 4, 5, 6

šŸŒ¼šŸŒ¼šŸŒ¼



fachri15
fachri15 memberi reputasi
4
3.5K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThreadā€¢82.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Ā© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.