elviciAvatar border
TS
elvici
Gym Punya Etiketnya Sendiri, Jangan Lakukan 11 Hal Ini Saat Kamu Berolahraga di Gym
Menjadi seorang yang menyukai olahraga membentuk otot, dapat dimaklumi bahwa kamu akan merasa nyaman menikmati me time saat berada di gym dan memaksimalkan waktu olahragamu. Namun, ingat, gym masih tempat umum. Kamu tetap harus menghormati orang lain. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari perilaku berikut yang akan membuat orang lain di gym merasa tidak nyaman.



1. Jangan membuat berantakan
Kamu membutuhkan matras, berbagai macam beban bebas, bangku yang disetel miring, dan beberapa kunci alat untuk latihanmu, kan? Namun, setelah selesai di tiap alat atau di akhir latihan, kembalikan semua ke tempatnya.

2. Jangan mendengus berisik
Memang orang-orang melihat kamu sedang mengangkat beban berat. Namun, tidak ada yang akan terkesan, apalagi kalau kamu mendengus dan berteriak di tiap repetisi.

3. Jangan membanting bebanmu
Kamu tidak sedang menjadi atlet angkat beban. Jadi, tidak ada alasan untuk melepas begitu saja bebanmu ke lantai di antara set workout. Selain membuat orang terkena serangan jantung ketika besi seberat 100 kg terbanting ke lantai, kamu juga membahayakan keselamatan.

4. Jangan merekam seseorang tanpa izin
Zaman sekarang, semua orang membawa kamera selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Terlalu mudah untuk mengambil gambar dan video orang lalu membagikannya. Video konyol saat seseorang salah menggunakan alat, atau pakaian olahraga yang menurutmu aneh. Bukan hanya di gym, tetapi juga tidak boleh dilakukan di mana pun. Demi keinginanmu untuk bisa tertawa bersama teman-teman dengan mengorbankan orang lain, kamu benar-benar melanggar etiket kesopanan. Daripada menertawakan, mengapa tidak mencoba membantunya?

5. Jangan tinggalkan jejak keringatmu
Tidak menyeka jejak keringatmu dari peralatan yang baru saja kamu gunakan adalah hal yang menjijikkan. Banyak gym menyediakan tisu atau handuk sehingga kamu dapat menyekanya. Selain juga tidak sehat, tidak sopan membuat orang lain harus membersihkan bekasmu.

6. Jangan terlalu banyak bicara
Hati-hati memulai percakapan dengan orang yang tidak kamu kenal. Jika orang tersebut serius dengan program latihannya, dia akan terganggu oleh percakapan yang panjang. Tidak nyaman, kan, mendapati seseorang yang kamu ajak bicara malah gelisah mencoba pergi darimu untuk melanjutkan latihannya. Banyak orang kesulitan menyisihkan waktu untuk berolahraga, mereka akan terganggu jika malah tersita untuk menanggapi deretan pertanyaan. Kalau kamu memang harus mengobrol, buatlah singkat, sopan, dan langsung ke intinya.

7. Jangan gunakan peralatan sebagai rak barang-barangmu
Headphone. Botol air. Handuk. Ponsel. Kaus. Di mana kamu akan letakkan semua itu? Jawabannya bukan pada alat yang tidak sedang kamu gunakan. Orang-orang sering kali meletakkan semua barangnya di atas bangku, matras, atau menyampirkan handuk pada alat di sebelahnya yang tidak sedang mereka gunakan. Namun, orang lain di gym bisa salah berasumsi, mereka akan mengira bahwa alat sedang digunakan. Kamu telah menghalangi orang untuk mengaksesnya. Ingat, peralatan di gym bukanlah ruang penyimpanan pribadi.

8. Jangan duduk di alat dan memainkan ponselmu
Jika kamu ingin mengurangi waktu dan meningkatkan detak jantung dengan workout-mu, maka kamu pasti ingin melakukan satu exercise ke satu exercise lain tanpa istirahat. Namun, di gym saat ini, kebanyakan orang melakukan satu set dan kemudian menghabiskan tiga hingga lima menit men-scrool media sosial mereka. Ini tidak hanya merusak momentum exercise dan membuang waktumu, tetapi juga menghambat orang lain menggunakan peralatan yang kamu duduki.

9. Jangan menguasai alat
Ada begitu banyak mesin dan peralatan untuk digunakan di gym. Bersikaplah sopan kepada orang lain saat kamu menggunakan peralatan. Jika kamu melihat seseorang menunggu untuk menggunakan alat yang sama, beri tahu mereka berapa lama atau berapa set lagi kamu akan melakukannya. Lebih baik lagi jika kamu menawarkan untuk bergantian di antara set kalian.

10. Jangan membuat ruang loker menjadi publik
Tidak perlu mengobrol dengan pacar di video call saat kamu merias wajah di ruang ganti. Orang-orang masih harus mandi dan berganti pakaian di sana, dan mereka jelas tidak ingin menjadi bagian dari pertunjukan videomu dengan pacarmu.

11. Jangan mengomentari orang tak dikenal
Sama seperti menebak seseorang sedang hamil hanya dari bentuk perutnya, tidak boleh memberikan pujian yang tidak diminta kepada sesama pengunjung gym. Mungkin kamu berpikir kamu telah bersikap baik dengan memberi mereka pujian. Seorang instruktur kebugaran merasa risi ketika beberapa orang yang dijumpainya di gym mengatakan hal-hal yang mereka yakini adalah untuk membesarkan hatinya, seperti, "Bertahanlah. Kamu akan ketagihan setelah memulai." Jelas, mereka sama sekali tidak menyadari bahwa ia adalah pelatih kebugaran berlisensi. Jangan berasumsi bahwa kamu tahu mengapa mereka berolahraga.

Referensi: 1, 2 | Ilustrasi: google
Diubah oleh elvici 15-07-2022 12:28
go.gone
bozz7
bozz7 dan go.gone memberi reputasi
12
6.4K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Fitness & Healthy Body
Fitness & Healthy BodyKASKUS Official
2.4KThread1.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.