Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Tips Mendaki Gunung Kembar




Hi kaum traveling yang suka hiking atau naik gunung, kali ini ane akan berikan sedikit tips untuk mendaki gunung kembar yang bernama Gunung Sindoro dan Sumbing.

Gunung ini memang terlihat berdekatan walau tidak mirip tapi karena dekat banyak yang bilangnya kembar, terlebih ada legenda si anak kembar dalam cerita rakyat. Dimana yang satu nakal lalu ditampar ayahnya hingga sumbing dan yang satu lagi penurut dan baik disebut Ndoro.

Tips untuk mendaki, pilih jalur yang tidak sulit, siapkan pakaian hangat, makan dan minuman yang cukup, hormati alam dan pendaki lain, jangan lupa peta sebagai panduan, perhatikan langkah kaki ketika mendaki, dan perlu izin dari orang rumah baik orang tua atau keluarga terdekat.

Gunung Sumbing



Bila ingin mendaki Gunung Sumbing, berhubung ini adalah gunung dengan ketinggian 3.371 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan dijuluki sebagai titik tertinggi kedua di Provinsi Jawa Tengah setelah Gunung Slamet.

Maka perlu persiapan yang matang juga dan saran aja sih lebih baik lewat jalur Butuh Kaliangkrik. Karena jalur lainnya juga ada seperti jalur Garung, Capit Parakan, Bowongso, dan Sipetung, tetapi rekomendasi tips lebih asyik lewat jalur Butuh Kaliangkrik.

Jalur pendakian lewat jalur ini menawarkan pemandangan yang lebih indah, dimulai dari Basecamp Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Pengurusan simaksi tidak repot hanya membayar Rp 15.000.




Perjalanan dari Basecamp hingga pos 1 jaraknya tak begitu jauh, bahkan jalanan terjal pun tak ada. Malah sudah dipersiapkan jalanan tangga dan juga ada jalanan landai khusus motor. Hal ini jelas mempermudah para pendaki amatir.

Hamparan kebun warga seperti di puncak pass, menghiasi jalur pendakian menuju post 1. Namun kalau mau naik ojek ke post 1 juga bisa cukup bayar Rp 20.000 saja.

Basecamp Butuh berada di ketinggian 1.722 mdpl, sedangkan Pos 1 berada di 2.127 mdpl.

Dari Pos 1 menuju Pos 2 mulai memasuki hutan pinus, jalan berundak menuntut kaki yang sigap. Walau cenderung sulit bagi pemula, dan Pos 2 sendiri berada di ketinggian 2.458 mdpl.

Sedangkan Pos 2 ke Pos 3 hanya butuh waktu yang singkat karena trek lebih landai, dari sini bisa melihat pemandangan Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, dan Ungaran jika cuaca cerah. Pos 3 sendiri berada di ketinggian 2.638 mdpl.



Dari Pos 3 ke Pos 4 mulai dihiasi semak, disini pemandanga lebih terlihat lagi tapi kabut sering turun. Anginnya juga cukup kencang.Pos 4 berada di ketinggian 2.983

Dari Pos 4 ke Puncak butuh waktu 1 jam, dan Puncak Sejati Sumbing berada di ketinggian 3.371 mdpl. 


Gunung Sindoro



Ada jalur rekomendasi agar lebih cepat namun jalurnya agak esktrem, Jalur Ndoro Arum di Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Jalur ini bisa dibilang jalur tercepat untuk menaklukkan Sindoro.

Sebenarnya ada beberapa jalur lainnya untuk sampai ke puncak Sindoro, yaitu Kledung, Alang-Alang Sewu, Bansari, Sigedang, Bedakah.

Biaya simaksi untuk mendaki per orang Rp 25.000 tak lupa petugas memberikan trash bag. Agar sampah yang habis digunakan dibawa kembali turun.

Untuk menghemat waktu pendakian, kamu juga bisa naik ojek yang harganya cukup murah sekitar Rp 25.000 bisa menghemat waktu untuk berjalan sekitar 1,8 km.

Perjalanan naik ojek melewati pemandangan yang cukup indah dan banyak perkebunan warga lokal, batas ojek memang belum mencapai pos satu.

Kamu harus melanjutkan dengan berjalan menuju pos satu, yaitu Ngrata kira-kira 200 meter. Dari tempat turun ojek tadi, cukup menghemat waktu kalau lewat jalur sini.

Pendakian terus berlanjut dengan rimbunnya pepohonan yang memanjakan mata. Maka akan disambut taman ageng, sebuah tempat yang luas dan banyak bunga berwarna merah, kuning, orange yang mekar.

Pemandangan tak ada perubahan, hanya ilalang dan perbukitan yang menghampar. Tiba di pos bayangan dua, siap memasuki jalur naga dimana melewati jalur bukit yang kecil diapit dua lembah.



Jadi ketika melintasi jalur naga, kamu jangan keseringan bercanda, bahaya karena kiri dan kanannya jurang. Bisa wassalam kalau jatuh, auto bertemu dengan Bapa di Surga.

Setelah itu akan tiba di Pos 2 Kayu Sawa, jaraknya sekitar 1,5 km dari Pos 1.

Menuju Pos 3 ada tanjakan mrongkol, vegetasi hutan memang tidak rapat namun track yang terus menanjak dan ilalang tinggi-tinggi sering menjadi teman dalam perjalanan.

Hingga tibalah di Watu Putih, pos ketiga. Dimana ada batu-batu gunung dan hamparan ilalang yang menyapa.

Namun kalau mau ngecamp tempat recomendasi ada di post 4 bayangan, viewsnya menarik, terlebih post 4 sendiri lebih banyak batu kerikil agak kurang nyaman untuk ngecamp.

Dari Post 4 hingga ke Puncak di dominasi bebatuan, tapi tidak ada lagi jurang dan lembah seperti jalur naga.

***

Itulah sedikit tips untuk mendaki gunung Sindoro dan Sumbing, semoga berguna.



Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2022
referensi : 1, 2, 3
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star








Diubah oleh c4punk1950... 15-07-2022 08:04
smallest
smallest memberi reputasi
14
3K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.