Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Sports
  • Jika Indonesia Gabung EAFF Berikut Keuntungannya Bagi Timnas Sepakbola

albyabby91Avatar border
TS
albyabby91
Jika Indonesia Gabung EAFF Berikut Keuntungannya Bagi Timnas Sepakbola
Jika Indonesia Gabung EAFF Berikut Keuntungannya Bagi Timnas Sepakbola

Isu Indonesia bakal keluar dari Asean Footbal Federation atau AFF makin santer terdengar. Banyak netizen dan masyarakat yang juga ikut menyuarakan hal yang sama buntut dari ketidakpuasan publik Indonesia atas kinerja AFF yang dinilai tidak masuk akal. Meski dipicu oleh masalah sepeleh yakni aturan head to head yang sudah jadul dan tidak patut lagi diterapkan pada pertandingan internasional, rasanya Indonesia perlu mempertimbangkan berbagai hal agar meninjau kembali dan mempertimbangan pilihan untuk bergabung pada konfederasi lain kedepannya. Selain soal pertimbangan peningkatan kualitas Timnas Sepakbola kita, hal lain yang jadi pertimbangan misalnya turnamen yang diselenggarakan oleh AFF semisal AFF cup seringkali tidak masuk dalam kalender pertandingan FIFA alias dianggap hanya sebagai pertandingan eksebisi semata.

Jika gabung Konfederasi EAFF atau East Asia Footbal Federation (Federasi Sepakbola Asia Timur) yang kini beranggotakan sepuluh negara itu, setidaknya ada beberapa keuntungan yang akan di peroleh Indonesia.

1. Timnas Akan Lebih Berkualitas

EAFF yang menjadi induk organisasi yang menaungi persepakbolahan di Asia Timur adalah rumah bagi negara-negara yang menjadi trendsetter sepakbola Asia. Negara-negara semisal Jepang, Korea Selatan, Korea Utara dan Cina adalah sederatan nama negara yang sudah pernah mengecap megahnya perhelatan kejuaraan sepakbola sejagat raya, piala dunia. Di level Asia, keempat negara ini seringkali menjadi kontestan yang dapat melaju minimal di delapan besar piala Asia. Bahkan Jepang dan Korea selatan tercatat pemegang 4 kali dan dua kali gelar juara piala Asia. Dengan ikut bergabung ke dalam EAFF, Indonesia akan mendapatkan lawan tanding yang lebih kompetitif dalam setiap turnamen yang digelar dan sudah tentu akan lebih meningkatkan kualitas permainan Timnas di masa-masa mendatang.

2. Klub-Klub Liga 1 Lebih Berpeluang Tampil Di AFC Champions League

Dengan tergabungnya Indonesia pada zona konfederasi Sepakbola Asia Timur, peluang klub-klub Liga 1 yang notabene mewakili Indonesia di gelaran kejuaraan Asia akan lebih besar punya peluang tampil di AFC Champions League ketimbang hanya menjadi langganan kejuaraan kasta kedua yakni AFC Cup. Kualitas Liga 1 juga akan lebih meningkat mulai dari sistem kompetisi, regulasi, sarana dan prasarana semisal stadion dan kualitas wasit yang memimpin pertandingan juga akan lebih meningkat. Kedepannya, kita tidak akan menyaksikan lagi laga sepakbola dagelan yang pertandingannya mirip liga tarkam atau kejuaraaan 17 Agustus tingkat kecamatan.

3. Ranking FIFA Indonesia Akan Lebih Mudah Terdongkrak Naik

Sebagaimana diketahui, bahwa laga-laga dalam turnamen AFF seringkali tidak dimasukkan dalam kalender FIFA sehingga apapun hasilnya tidak akan berpengaruh dalam mendongkrak peringkat FIFA para pesertanya. Berbeda halnya jika Indonesia tergabung dalam EAFF yang setiap turnamennya notabene diperhitungkan dan masuk dalam kalender FIFA.

Sumber pendukung :

https://www.google.com/amp/s/bola.ok...eluar-dari-aff

https://www.google.com/amp/s/www.goa...q15p7risgptag3

https://www.google.com/amp/s/www.goa...974b208cbdf1eb
boskuliga676792
penikmatbucin
penikmatbucin dan boskuliga676792 memberi reputasi
6
3.9K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
SportsKASKUS Official
23.2KThread11.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.