mr.josh.mantapAvatar border
TS
mr.josh.mantap
Benarkah Candi Borobudur Tidak Pernah Masuk Daftar 7 Keajaiban Dunia? Penjelasannya
Benarkah Candi Borobudur Tidak Pernah Masuk Daftar 7 Keajaiban Dunia? Ini Penjelasannya



Candi Borobudur ramai diperbincangkan dan trending di media sosial Twitter pada Kamis, 14 Juli 2022 ini. /Pixabay/Sherra Triarosdiana


Candi Borobudur ramai diperbincangkan dan trending di media sosial Twitter pada Kamis, 14 Juli 2022 ini.

Hal itu bermula dari seorang warganet yang membagikan penjelasan Youtuber Leonardo Edwin tentang status Candi Borobudur sebagai 7 Keajaiban Dunia.

Dalam unggahan di Instagram Story miliknya, Leonardo Edwin menuturkan bahwa Candi Borobudur sebenarnya tidak pernah masuk ke dalam daftar 7 Keajaiban Dunia tersebut.

Padahal, selama ini siswa di Indonesia 'dicekoki' pengetahuan bahwa Candi Borobudur masuk ke dalam daftar 7 Keajaiban Dunia.

"Borobudur gak pernah masuk keajaiban dunia. Pernah masuk nominasi iya, tapi jadi salah satunya gak pernah," kata Leonardo Edwin.

"Makanya tiap kali cari info tentang itu, atau ngobrol bareng temen-temen luar negeri, gak pernah dapet informasinya dan gak pernah ada yang tahu," ujarnya.

"Ini serius btw, aku yakin banyak dari kalian yang bakal kaget juga, apalagi aku, selalu bawa nama Indonesia ke mana-mana. Shocking ya? jujur aku pernah marah dan kecewa waktu tau ini, kayak terus selama ini yang dipelajari sekolah apaan? sad truth wkwkwk," tuturnya menambahkan.

Lalu, benarkah Candi Borobudur tidak pernah masuk daftar 7 Keajaiban Dunia? Dirangkum Pikiran-Rakyat.com dari berbagai sumber, berikut penjelasannya.

Ternyata, penobatan Candi yang terletak di Lembah Kedu, bagian selatan Jawa Tengah ini salah kaprah.

Candi Borobudur tidak pernah masuk ke dalam daftar 7 Keajaiban Dunia atau New 7 Wonders of the World.

Candi ini juga tidak masuk dalam The Seven Wonders of Ancient World (Tujuh Keajaiban Dunia Kuno), 7 Wonders of the Middle Age (7 Keajaiban Abad Pertengahan), maupun di daftar 7 keajaiban lainnya.

Berdasarkan Encyclopaedia Britannica, munculnya 7 Keajaiban Dunia atau New 7 Wonders of the World dimulai dari yayasan di Swiss.

Pada tahun 2000, sebuah yayasan Swiss meluncurkan kampanye untuk menentukan Tujuh Keajaiban Dunia Baru.

Mengingat bahwa daftar Tujuh Keajaiban asli disusun pada abad ke-2 sebelum masehi (SM) dan hanya satu peserta yang masih berdiri (Piramida Giza), mereka menilai sudah waktunya untuk dilakukan pembaruan.

Yayasan ini melakukan survei kepada 100 juta responden di seluruh dunia untuk memilih bangunan yang layak disebut sebagai 7 Keajaiban Dunia.

Karena sistem penilaiannya menggunakan suara terbanyak, tentu hal ini menuai banyak kritik.


Tujuh Keajaiban Dunia yang terpilih dalam survei tersebut dianggap tidak mewakili.

Hal itu adalah karena 7 lokasi yang meraih suara terbanyak adalah tempat-tempat populer yang sudah sering dikunjungi banyak orang.

Meski begitu, hasil dari survei ini tetap dipublikasi oleh NOWC dengan tujuh bangunan yang termasuk dalam New 7 Wonders of The World atau 7 Keajaiban Dunia adalah:

1. Tembok Besar Cina, Tiongkok
2. Petra, Jordan
3. Patung Yesus Kristus, Brazil
4. Machu Picchu, Peru
5. Chichen Itza, Meksiko
6. Koloseum, Italia
7. Taj Mahal, India

Tujuh daftar yang dibuat NOWC ini, memperbarui daftar yang dibuat oleh Antipater Sidon yang lebih dulu merilis 7 Keajaiban Dunia Kuno pada 140 SM.


https://www.pikiran-rakyat.com/pendi...-penjelasannya



Ternyata oh..... ternyata selama ini emoticon-Hammer (S) emoticon-Hammer (S)
0
1.2K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.5KThread40.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.