• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kenapa Kita Tidak Menggunakan Ban Mati Untuk Kendaraan Kita? (Ini Kata Ahlinya)

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Kenapa Kita Tidak Menggunakan Ban Mati Untuk Kendaraan Kita? (Ini Kata Ahlinya)
Konten Sensitif


Beberapa waktu lalu ban kendaraan saya bocor dan sepertinya kena ranjau paku, beruntung keempat ban kendaraan saya memakai tipe tubless, jadi kendaraan masih bisa jalan meski salah satu ban bocor untuk mencari tempat tambal ban terdekat.

Ban tubless memang terbilang aman dibanding dengan tipe ban biasa, karena selama ranjau paku tidak dicabut maka angin ban biasanya masih berada ditempat, ban tidak cepat kempis tapi menyusut perlahan dalam waktu yang cukup lama. Inilah salahsatu kelebihan ban tubless.

Kita juga pasti tahu dan mengenal ban mati, yaitu ban padat tanpa perlu diisi angin atau ada ban dalamnya (clincher).Biasanya ban mati itu ditemukan pada ban sepeda anak-anak, secara pemakaian pun terbilang normal dan layak digunakan untuk moda transpotasi?



Ban mati terbagi jadi 2, yang berisi full (solid) karet dan atau didalamnya bercampur busa khusus (micro closed-cell polymer foam). Untuk kendaraan angkut berat seperti Forklift sedang angkut ringan berat seperti Lori dorong, sepeda dan lain sebagainya.

Mengingat kendaraan pada umumnya menggunakan ban berisi angin timbul pertanyaan mengapa ban mati tidak digunakan menjadi pengganti ban angin pada umumnya? Padahal kita tahu pasti kita tidak diuntungkan karena ban pasti lebih awet tanpa perlu isi angin, tidak akan bocor, dan pastinya minim perawatan.

Hm, terdengarnya memang menarik dan menjanjikan ya, tapi kalau benar-benar diaplikasikan dalam kendaraan pada umumnya kasihan dong ya tukang tambal ban dan isi angin akan gulung tikar?

Beruntung para ahli telah meriset dan membuat perbandingan kegunaan ban mati ini apabila benar-benar difunakan untuk kendaraan sehari-hari meski bisa dipakai tapi memiliki beberapa kelemahan diantarannya mengorbankan unsur kenyamanan karena elasitas ban tidak dimiliki ibarat duduk dikendaraan tanpa menggunakan shockbreker pasti pantat akan cepat sakit.


Mesin berat Pneumatic Tyre Rollers


Maka pada akhirnya ban mati lebih cocok digunakan untuk kendaraan berat yang tidak membutuhkan laju kecepatan diatas rata-rata seperti forklift. Sefangkan pada sepeda ban mati bercampur busa khusus yang tidak membutuhkan kecepatan tinggi dan minim perawatan seperti harus memompa ban dan ban mengalami kebocoran.

Teknologi terus berinovasi dan sekarang ban mati telah berinovasi yang sebenarnya semakin mendekati kenyataan kalau ban mati siap digunakan untuk kendaraan harian. Hanya perlu beberapa sedikit pengembangan agar benar-benar senyaman ban angin pada umumnya.



Adalah proyek yang dilakukan TNI AD lewat Politeknik Kodiklatad telah mengembangkan ban tanpa udara alias airless. Sebuah terobosan dari ban mati yang anti peluru! Secara tampilan fisik ban ini gabungan velg dan ban itu sendiri dimana agar diperoleh kelenturan maka bagian ban terdapat rongga sekaligus membuat ban jadi lebih ringan.

Kedepan harapan kita ban model seperti ini akan hadir sehingga lebih ringan, lebih kuat, minim perawatan, dan pastinya tidak ada lagi ban yang bocor karena kena ranjau sialan!




Sebuah opini
Ref. tkp1, tkp2, tkp3
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 10-07-2022 13:56
Okutet
Okutet memberi reputasi
2
1K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.