Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

Ā© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pilotwaras108Avatar border
TS
pilotwaras108
RMI NU Jatim: Tarekat Ponpes Shiddiqiyyah Tak Diakui Nahdlatul Ulama
Faiq Azmi - detikJatim
Jumat, 08 Jul 2022 16:32 WIB

Surabaya - Izin operasional Pondok Pesantren (ponpes) Shiddiqiyyah, Ploso, Jombang dicabut oleh Kementerian Agama RI. Pencabutan izin buntut kasus pencabulan yang melibatkan Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) alias Mas Bechi.
Koodinator Bidang Madin dan Mahad Aly Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) Jawa Timur menyebut, Ponpes Majma'al Bahrain Shiddiqiyyah bukan dalam naungan organisasinya.

"Kalau thoriqohnya (tarekat) jelas tidak diakui NU, karena tidak muktabaroh. Itu memang thoriqoh lokal, kalau di NU kan dikatakan muktabaroh, kan sanadnya sangat ke Rasulullah. Menurut penelitian dari teman-teman NU, nggak nyambung (tarekat di Ponpes Shiddiqiyyah)," jelas Imam kepada detikJatim, Jumat (8/7/2022).

Pria yang akrab disapa Gus Imam menambahkan, meski tidak berafiliasi langsung dengan NU, namun pengikut tarekat Shiddiqiyyah bebas dari kalangan mana pun. Bahkan, banyak didominasi dari warga Nahdliyin.

"Tidak di bawah RMI. Jemaahnya di sana bebas, tapi sebenarnya tetap paling banyak jemaahnya juga NU, karena amaliyahnya kan NU. Cuma ya gitu, tidak ada afiliasi ke NU," ungkap Gus Imam.

Terkait afiliasi Ponpes Majma'al Bahrain Shiddiqiyyah Losari, Ploso, Jombang juga ditegaskan oleh Ketua PW RMI Jatim KH Iffatul Lato'if (Gus Toif). Menurut Gus Toif, selama ini Ponpes Shiddiqiyyah tidak pernah berkomunikasi dengan RMI NU Jatim.

"Yang saya tahu ponpes selama ini terjadi kasus, mereka lebih tidak mau berbaur dengan kita, bukan golongan orang NU lah. Ya masing-masing ponpes itu sudah ada (regulasi), pesantren yang terjadi kasus itu karena tidak berbaur dengan komunitas pesantren," kata Gus Toif.

Gus Toif kemudian menyebut bahwa pesantren yang berada di bawah naungan RMI NU Jatim relatif aman, lebih terbuka, dan komunikatif.

"Kalau masalah pesantren, khususnya di bawah NU itu relatif aman, karena pesantren di bawah naungan NU mulai ranting sampai atas semua terjalin komunikasi kami intens. Insyaallah semua aman," tukas Gus Toif.
Detik.com
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
6
2.9K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThreadā€¢40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Ā© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.