dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
Saat Idul Adha Banyak Daging Di Rumah, Gunakan Cara Ini Untuk Mengawetkan!



Hai, hai Gansist! Ketemu lagi dengan thread aku, ya.
Eh, ngomong-ngomong udah mau idul adha ya, di tempatku jatuh di hari Sabtu tanggal 9 Juli 2022.

Hari raya idul adha, hari yang dinantikan para.kaum muslim. Selain salat id di lapangan, moment yang tak kalah menarik dan seru saat penyembelihan hewan kurban. Kalau di tempatku biasanya dilaksanakan di halaman atau sekitaran masjid. Siapa yang tahun ini bisa kurban? Keren

Membicarakan daging kurban, tentunya Gansist semua akan mendapat bagian. Dan apabila Gansist ikutan memberikan hewan kurban akan mendapat bagian bagi yang shahibul qurban dan untuk kambing adalah sampil kaki belakang.

Berhubung di saat lebaran idul adha akan mendapat bagian/jatah daging dari panitia di masjid. Bagi yang punya kulkas atau frezeer gampanglah untuk mengawetkan tinggal disimpan di dalamnya.

Nah berikut ini ada beberapa cara untuk mengawetkan daging sapi kurban agar bisa awet untuk beberapa hari ke depan. Mungkin Gansist bisa mempraktikkan.

1. Dendeng



Cara yang pertama paling praktis Gansist, yakni dibikin dendeng. Ternyata cara bikin dendeng itu tidak sulit dan gampang malahan. Daging tinggal diiris tipis-tipis lalu dibaluri dengan bumbu-bumbu dan rempah. Selanjutnya di jemur sampai kering, ingat sampai kering betul ya Gansist biar awetnya lama. Setelah beneran kering lalu disimpan di tempat yang tertutup dan rapat, misal ditaruh di dalam toples.

2. Abon
Nah, untuk cara yang kedua yakni dengan dibikin abon. Pasti bukan hal asing lagi buat para sista dengan yang namanya abon sapi. Pertama-tama daging sapi direbus, kemudian disuwir-suwir sampai kecil. Selanjutnya digoreng dengan bumbu-bumbu. Kalau tidak ribet bisa kok Gansist nitip ke tukang bikin abon. Kalau di tempatku banyak yang penyedia bikin abon dadakan pas hari kurban kek gini. Biasanya hitungannya per kilo daging mentah. Kalau di daerah Gansist, biasanya upahnya berapa, ya?

3. Rendang



Cara yang ketiga yakni dibikin rendang. Rendang makanan yang berasal dari Sumatera ini pernah dinobatkan menjadi makanan terenak, Gansist pasti pernah dengar. Bikin rendang pun tidak terlalu ribet. Daging sapi direbus ditambah dengan bumbu-bumbu khas serta tambah dengan santan lalu dimasak sampai matang dan menyusut airnya dan berminyak. Rendang ini bisa tahan lama dan awet bila cara menyimpannya tepat.

Nah itu tadi beberapa cara agar daging awet dan tahan lama bisa dikonsumsi secara berulang-ulang. Mungkin Gansist tertarik untuk mencoba karena dapat jatah daging kurban yang cukup melimpah, silakan mempraktikkan.

Sekian dari aku, bila ada kurangnya silakan ditambahkan dan apabila ada kesalahan mohon dimaafkan dan bila ada kelebihan biar aku edit. Sekian dari aku, selamat memasak daging kurban.


Referensi dan ilustrasi: dendeng, abon , rendang


VitaArkana
VitaArkana memberi reputasi
3
1.3K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread12.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.