Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Tiongkok Tuduh NATO Merusak Perdamaian Dunia
Tiongkok Tuduh NATO Merusak Perdamaian Dunia
Jumat, 8 Juli 2022 | 10:34 WIB

Tiongkok Tuduh NATO Merusak Perdamaian DuniaZhao Lijian (Foto: fmprc.gov.cn)
Beijing, Beritasatu.com- Tiongkok menuduh NATO telah merusak perdamaian dunia dengan menciptakan konflik dan mengobarkan perang. Seperti dilaporkan RT, Rabu (6/7/2022), Kementerian Luar Negeri Tiongkok menyebut Pakta Pertahanan Atlantik Utara itu melayani kepentingan egois Washington dengan mengorbankan warga sipil tak berdosa di seluruh dunia.
“Sejarah NATO adalah tentang menciptakan konflik dan mengobarkan perang, secara sewenang-wenang meluncurkan perang dan membunuh warga sipil tak berdosa, bahkan sampai hari ini,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Zhao Lijian kepada wartawan, Rabu.
Zhao membuat komentarnya satu minggu setelah NATO, untuk pertama kalinya, menetapkan Tiongkok sebagai prioritas strategis dan “tantangan” bagi kepentingan Barat.
“Fakta telah membuktikan bahwa bukan Tiongkok yang menimbulkan tantangan sistemik bagi NATO, dan sebaliknya NATO yang membawa tantangan sistemik yang membayangi bagi perdamaian dan keamanan dunia,” tambahnya.
"Secara substansial, Tiongkok membangun kekuatan militernya, termasuk senjata nuklir, menggertak tetangganya, mengancam Taiwan, memantau dan mengendalikan warganya sendiri melalui teknologi canggih, dan menyebarkan kebohongan dan disinformasi Rusia," kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg beberapa waktu lalu.
Ketegangan antara NATO dan Tiongkok telah meningkat sejak Rusia melancarkan serangan militernya terhadap Ukraina pada Februari. Beijing, yang telah menolak untuk bergabung dalam kampanye pimpinan AS untuk menghukum dan mengisolasi Rusia atas konflik tersebut, telah menyatakan bahwa NATO memprovokasi krisis tersebut.
Pada KTT NATO pekan lalu di Spanyol, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menuduh Tiongkok berusaha merusak tatanan internasional berbasis aturan. Pada Rabu, Zhao menanggapi tudingan itu dengan mengatakan apa yang disebut tatanan internasional berbasis aturan sebenarnya adalah aturan keluarga yang dibuat oleh segelintir negara untuk melayani kepentingan AS sendiri.
“AS mengamati aturan internasional hanya jika dianggap cocok dan telah berusaha melalui NATO untuk meningkatkan persaingan dengan China dan memicu konfrontasi kelompok,” tambahnya.
Bolak-balik terbaru antara Washington dan Beijing terjadi hanya beberapa hari sebelum Blinken dijadwalkan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi. Kedua kepala utusan dijadwalkan untuk berbicara pada hari Sabtu ketika para menteri luar negeri berkumpul di KTT G-20 di Indonesia.

https://www.beritasatu.com/news/9490...rdamaian-dunia
0
355
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.