paman.LarukuAvatar border
TS
paman.Laruku
3 Pengajar jadi Tersangka Pencabulan Santri, Kemenag Tak Cabut Izin Ponpes di Depok


Merdeka.com - Kemenag memastikan tak mencabut izin operasional pondok pesantren Istana Yatim Riyadul Jannah, Depok, Jawa Barat. Pondok pesantren tersebut tengah disorot menyusul terkuak kasus pencabulan dan pemerkosaan dilakukan tiga guru mengaji dan seorang santri pria senior di lembaga pendidikan tersebut.
Polisi telah menetapkan keempatnya sebagai tersangka. Namun Kemenag memastikan tak ada saksi diberikan kepada ketiga pengajar yang telah menyandang status tersangka tersebut maupun izin operasional pondok pesantren Istana Yatim Riyadul Jannah.

"Sanksi secara kelembagaan tentu tidak ada, karena pelakunya bukan orang yang tinggal di pesantren. Juga pesantrennya sudah berjalan dengan baik. Pembelajaran memenuhi standar yang ditetapkan oleh Kemenag," kata Kepala Subdit Pendidikan Pondok Pesantren Kemenag Basnang Said saat dihubungi merdeka.com, Senin (4/7).

Basnang mengatakan, tiga tersangka sudah tidak lagi mengajar sejak 2021 silam. Sementara izin operasional pesantren dilakukan sejak 2011 silam. Izin operasional itu rutin diperbaharui pengelola mengikuti Peraturan Menteri Agama sesuai Nomor 30 Tahun 2020.


"Pesantren ini memiliki izin operasional pesantren dari Kemenag RI. Pesantren tersebut telah melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kurikulum pesantren. 3 Orang yang diduga pelaku pencabulan tidak lagi mengajar dipesantren sejak 2021," kata Basnang.
Dia membantah bahwa Kemenag menepis kecolongan dan sembarang memberikan izin pondok pesantren hingga terjadi kasus pencabulan tersebut. Basnang menegaskan Kemenag selektif dalam memberikan izin operasional pondok pesantren.

Dia menambahkan bahwa menyerahkan pengusutan kasus pencabulan di Istana Yatim Riyadul Jannah tersebut kepada kepolisian.

"Kemenag dalam memberikan izin sangat selektif, harus memenuhi rukun pesantren dan ruh pesantren," tandasnya.


sumur

astagfirullah, padahal aib sudah ditutup sejak 2021 kenapa bisa terbongkar emoticon-Mad

.bindexee.
.bindexee. memberi reputasi
5
928
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.