sidgareAvatar border
TS
sidgare
Babarsari dan Riwayat Kerusuhan yang Pernah Terjadi
[ltr]Kerusuhan kembali terjadi di kawasan Babarsari, Sleman, Yogyakarta pada, Senin (4/7/2022). Kejadian ini bahkan menjadi trending topic di Twitter. [/ltr]

Beragam gambar dan video menunjukkan susana mencekam di sekitar lokasi kejadian. Beberapa kendaraan yang tengah terparkir tampak dibakar massa yang saat itu mengamuk. Video lain juga memperlihatkan kumpulan warga Papua dengan membawa senjata tajam.

Kejadian ini menambah riwayat panjang kerusuhan yang terjadi di Babarsari. Diketahui sejak dulu hingga sekarang lokasi ini kerap terjadi kerusuhan. Simak informasi riwayat kerusuhan di Babarsari  yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Kerusuhan Antar Mahasiswa (Tahun 2007)

Bentrok antar mahasiswa pernah terjadi di kawasan Babarsari pada Jumat (29/6/2007) siang. Bentrok melibatkan dua kelompok mahasiswa perguruan yang sama-sama berasal dari luar Provinsi.

Salah satu kelompok mahasiswa tiba-tiba menyerang sebuah tempat kos di kawasan Tambakbayan. Akibat dari kerusuhan itu dilaporkan tiga orang mengalami luka bacok. Dua orang di bagian kepala dan satu korban terluka dibagian dada.

[ltr]2. Kerusuhan Warga dengan Mahasiswa Asal Timor Leste (2012) [/ltr]

Kerusuhan kembali terjadi pada Selasa, (8/5/2012). Melibatkan warga sekitar Babarsari (BBC) dengan sekumpulan mahasiswa asal Timor Leste. Kronologi bermula saat mahasiswa tersebut enggan membayar parkir di depan sebuah warnet. Pulang ke asramanya dan kembali ke lokasi bersama rombongan dengan membawa parang. Mahasiswa tersebut membacok si tukang parkir yang merupakan warga kampung BBC.

Warga yang mengetahui kejadian itupun tidak terima. Kemudian melakukan sweeping ke asrama mahasiswa NTT. Namun tersangka tak dapat ditemukan di asramanya. Hingga pada pukul 1.00 dini hari, puluhan pemuda asal Timor menyerbu daerah Babarsari. Sejumlah rumah warga dilempari batu hingga menyebabkan kaca jendela pecah. Beberapa mobil dan motor milik warga pun juga turut dirusak.

Pada malam yang sama di lokasi sekitar kejadian. Terjadi pembacokan 2 orang pemuda pemudi di kawasan daerah Selokan Mataram. Dari kerusuhan itu, dilaporkan 2 orang tewas dan 1 luka-luka. Tak sampai di situ, sebuah ATM di depan Sekolah Tinggi YKPN turut dibobol dan dirusak.

3. Tawuran Kelompok Papua dan Ambon (2018)

Kerusuhan di Babarsari juga pernah terjadi pada 2018. Dua kelompok massa yang masing-masing berasal dari Papua dan Ambon. Terlibat tawuran pada Rabu, 12 September 2018.

Tawuran terjadi akibat keributan di sebuah kafe di Jalan Perumnas Seturan, Caturtunggal, Depok. Akibat dari keributan itu satu orang asaa papua terluka.

Sekelompok orang asal Papua turun ke jalan membawa senjata tajam, besi, dan juga kayu. Mereka berjalan mencari pelaku penusukan yang menyebabkan temannya terluka. Aksi itu dikawal oleh petugas kepolisian.

[ltr]Tak ingin terjadi kerusuhan yang semakin parah, kedua kelompok itu pun dimediasi. Dari hasil mediasi yang dilakukan kepolisian itu, mereka sepakat untuk berdamai. [/ltr]

4. Kisruh Ojol dengan Debt Collector (2020)

Kejadian bermula saat seorang driver ojol (LA) melihat rekannya yang ribut dengan Debt Collector (DC). Ia berusaha melerai dan meminta temannya untuk pergi terlebih dahulu.

DC lalu menelepon teman-temannya. Begitu sampai di lokasi mereka langsung memukuli LA. Imbas dari penganiayaan itu, puluhan driver ojol menggeruduk kantor para DC pada Rabu (4/3/2020). Tak mau kalah, sekelompok DC pun juga mendatangi Kantor Grab pada Kamis (6/3/2020). Kedua pihak yang berseteru akhirnya terlibat aksi saling lempar batu di lokasi tersebut.

5. Keributan di tempat Karaoke Babarsari (2022)

Keributan terjadi di salah satu tempat karaoke yang berada di Babarsari pada Sabtu (2/7/2022) dini hari. Atas kejadian tersebut lima orang mengalami luka-luka dan harus dilarikan ke rumah sakit. Tempat karaoke dimana terjadinya insiden itu juga mengalami sejumlah kerusakan. 

Kapolres Sleman AKBP Achmad Imam Rifai, membenarkan peristiwa itu. Ia mengatakan bahwa peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 03.00 WIB dini hari. Namun berdasarkan informasi yang diterimanya, sempat terjadi saling ejek dari dua pihak.


sumber






Diubah oleh sidgare 04-07-2022 20:15
nite.hime
nite.hime memberi reputasi
1
1.4K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.