• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bahaya Fitnah Dalam Kehidupan Sehari-hari, Wajib Waspada Sebelum Menjadi Korban

masnukho
TS
masnukho 
Bahaya Fitnah Dalam Kehidupan Sehari-hari, Wajib Waspada Sebelum Menjadi Korban
Mengulas bahaya fitnah, sering dianggap biasa namun memunculkan banyak masalah dan kerugian


Fitnah, dalam kamus besar bahasa Indonesia memiliki arti sebagai sebuah perkataan bohong tanpa dasar atau fakta palsu yang dibuat-buat dan ditujukan kepada seseorang atau sekelompok orang dengan tujuan untuk mencemarkan nama baik, menurunkan wibawa, atau menghasut orang lain agar membenci seseorang atau sekelompok orang tertentu.

Tentu Agan Sista sendiri sudah paham tentang arti dan contoh fitnah, karena dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya kita sering melihat atau bahkan ada dari beberapa Agan Sista yang menjadi pelaku atas fitnah itu sendiri.

Menjadi korban fitnah tentu bukan sebuah hal yang mudah GanSis, sebab akan ada beberapa dampak yang dialami oleh korban bahkan untuk sesuatu yang mereka tidak pernah lakukan sama sekali.

Namun bahayanya, banyak orang yang berperan sebagai pelaku dan mereka melakukan fitnah atas dasar iri dan dengki terhadap orang lain, bahkan keirian mereka ini seringkali tidak berdasar karena memang korban tidak pernah sekalipun menyenggol pelaku fitnah sama sekali.

Lalu apa sih bahaya fitnah yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari yang perlu diwaspadai?
Berikut ini beberapa diantaranya GanSis.




1. Perpecahan dan Permusuhan

Bahaya fitnah yang pertama adalah bahaya perpecahan GanSis. Pelaku fitnah akan dengan sengaja menuduh seseorang dengan tuduhan tidak berdasar yang akhirnya akan membuat korban dimusuhi oleh orang-orang yang telah termakan fitnah.

Tentu Agan Sista sendiri harus benar-benar waspada terhadap orang yang suka membicarakan keburukan orang lain, karena itu belum tentu benar-benar keburukan dan bisa jadi adalah bentuk fitnah agar orang yang dijelekkan dinilai negatif.

2. Perkelahian

Akibat sebuah fitnahan seringkali juga menimbulkan perkelahian entah itu terhadap korban dengan pelaku atau korban dengan orang lain yang membicarakan keburukan si korban yang didapat dari si pelaku. Dapat dikatakan fitnah adalah penyakit GanSis, dapat menular dan berdampak dari satu orang ke orang yang lain.

3. Kerugian

Selain permusuhan dan perpecahan, fitnah juga dapat menimbulkan kerugian bagi korban GanSis. Saat korban difitnah dan dituduh atas sesuatu yang buruk dan itu nembuat banyak orang percaya dengan fitnah yang ada, maka korban akan rugi karena nama baiknya tercemar dan kemungkinan akan muncul kerugian yang lain.

4. Pembunuhan

Mungkin Agan Sista pernah tahu ada kasus fitnah yang mengakibatkan pembunuhan karena korban yang terlanjur emosi dengan fitnah yang dilakukan oleh pelaku atau fitnah keji yang disebarkan tanpa adanya fakta.

Dampak ini menjadi bahaya fitnah paling mengerikan karena akan menelan korban nyawa hanya karena ucapan yang tidak benar.



Itulah GanSis beberapa bahaya fitnah yang harus kalian ketahui dan waspadai. Di era saat ini banyak sekali orang-orang yang memang memiliki niat buruk untuk menjatuhkan orang lain meskipun antara pelaku dan korban tidak saling mengenal.

Ingat, setiap apa yang Agan Sista lakukan akan selalu ada balasan yang menjadi sebuah karma baik atau buruk. Maka berbuatlah baik jika kalian ingin mendapatkan balasan baik, dan teruslah berbuat jahat jika kalian ingin hancur berantakan.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
bitha
bitha memberi reputasi
15
4.8K
148
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.